7 Rekomendasi Antivirus Terbaik Untuk PC dan Laptop

in ,
Antivirus Terbaik Untuk Pc

Antivirus sudah menjadi salah satu software yang paling penting dalam sebuah perangkat. Fungsi utama antivirus adalah untuk menjaga keamanan pada sebuah komputer/laptop. Lalu apa saja antivirus terbaik yang bisa kamu gunakan untuk laptop atau PC? Nah kali ini Dafunda Tekno ingin bagikan beberapa rekomendasi antivirus terbaik untuk PC dan laptop. Yuk simak terus ulasan berikut ini.

Antivirus adalah software yang sangat membantu untuk melindungi komputer dari serangan virus yang tentu dapat terserang kapan saja. Bisa saja datang saat sedang membuka email, download atau berbagi file lewat flashdisk dan hingga perangkat lainnya.

Rekomendasi Antivirus Terbaik Untuk PC atau Laptop

Menggunakan antivirus sudah menjadi kewajiban bagi pengguna PC atau laptop. Nah beberapa rekomendasi antivirus terbaik untuk PC atau laptop ini dapat kamu unduh secara gratis dan memiliki fitur yang tidak kalah bagus dari versi premium.

Berikut daftar rekomendasi antivirus terbaik untuk PC dan laptop seperti yang Dafunda Tekno kutip dari beberapa sumber.

1. Antivirus AVG

Rekomendasi antivirus terbaik untuk PC atau laptop pertama adalah AVG. Antivirus ini sudah resmi diakuisisi oleh Avast Software di tahun 2016. AVG sudah lama menjadi sebagai software antivirus yang dapat diandalkan.

AVG memiliki fitur web protection yang dapat melindungi aktivitas saat browsing. Selain itu AVG secara real-time security update yang lebih aman. Antivirus gratis ini sudah dapat di download di sini.

Kelebihan Antivirus AVGKekurangan Antivirus AVG
Cepat mendeteksi soal kesalahan di keamananSering salah mengidentifikasi file exe sebagai virus
Tidak dapat langsung menghapus file/virus yang terdeteksiAVG hanya bisa melakukan karantina virus
Punya fitur scan terhadap keamanan tautan di situs atau website

2. Smadav

Rekomendasi antivirus terbaik untuk PC atau laptop selanjutnya adalah Smadav. Sotfware antivirus ini termasuk ke dalam aplikasi antivirus gratis terbaik yang sudah didirkan oleh developer asal Indonesia.

Antivirus Smadav sudah dapat mengatasi segala virus yang berada secara lokal. Antivirus ini begitu ringan dan juga ampuh dalam hal mencegah virus di komputer yang cukup mengganggu.

Kelebihan Antivirus SmadavKekurangan Antivirus Smadav
Lebih efektif mendeteksi dan membasmi virusBelum bisa melakukan deteksi virus asing, hanya virus lokal Indonesia saja
Bisa membersihkan perlindungan cukup baik terhadap koneksi eksternal seperti flashdisk, memori dan perangkat jenis lainnya.

3. Comodo

Antivirus yang cocok digunakan untuk pengguna laptop sistem operasi Windows. Comodo ini dapat melindungi PC dan laptop kamu dari serangan malware dengan cara scanning.

Antivirus ini juga sudah mengusung phising protection hingga malicious URL blocking. Antivirus ini sangat cocok bagi yang tidak ingin laptopnya terserang virus dan malware.

Kelebihan Antivirus Comodo Kekurangan Antivirus Comodo
Antivirus ringan dan gratisFitur belum begitu lengkap
Direkomendasikan bagi pengguna Windows

4. Sophos Home

Sophos Home adalah salah satu antivirus yang dapat melindungi laptop dan PC. Antivirus ini bisa melindungi perangkat dari serangan malware. Sophos Home ini juga dapat memblokir situs yang mengandung malware saat menjelajah di browser.

Antivirus ini cocok untuk perangkat komputer berbasis Windows dan Mac OS yang bisa melindungi 10 perangkat sekaligus.

Kelebihan Antivirus Sophos Home Kekurangan Antivirus Sophos Home
Dapat memblokir URL yang berbahayaFitur sulit dipahami, sehingga tidak cocok bagi pemula
Mampu menangani ransomware, keylogger dan virus berbahaya lainnya.

5. 360 Total Security

Rekomendasi antivirus terbaik untuk PC dan laptop selanjutnya adalah 360 Total Security. Antivirus ini sudah memiliki yang lengkap dan termasuk ke dalam antivirus ringan dan terbaik.

Beberapa fitur pada antivirus ini seperti Web Protection, Auto-scanning of Files, hingga fitur lain yang menjamin laptop atau PC kamu semakin aman.

Kelebihan Antivirus 360 Security
Memiliki fitur yang lengkap
Mampu scan file otomatis setelah dipindahkan

6. Avast Free Antivirus

Rekomendasi antivirus terbaik untuk PC dan laptop selanjutnya adalah Avast. Ini merupakan salah satu antivirus yang ringan dan handal untuk tingkat perlindungan keamanan yang baik.

Avast ada dua versi gratis dan berbayar. Bagi yang menggunakan avast versi gratis tidak usah khawatir, karena kemampuannya dinilai sudah cukup bagus juga.

Beberapa fitur di Avast diantaranya seperti CyberCapture yang berguna untuk membersihkan dari ancaman. Lalu ada WiFi Inspector yang dapat mengamankan jaringan WiFi kamu.

Avast juga sudah tersedia Smart Scan yang berguna untuk mendeteksi ancaman dari virus dan Game Mode yang dapat mengatur notifikasi dan Behaviour Shield sebagai pengontrol aplikasi.

Avats sudah dapat dijalankan pada segala sistem operasi Windows seperti Windows Xp, Vista, Windows 7, 8 dan Windows 10.

Kelebihan Antivirus Avast Kekurangan Antivirus Avast
Fitur keamanan sudah bekerja secara real time dan scanning lengkapSering muncul pop-up dan berbagai iklan promosi dari Avast
Tersedia fitur password manager untuk keamanan akunSering memberikan rekomendasi update perangkat lunak yang lain yang tidak ada kaitan dengan Avast

7. Avira Free Securtiy Suite

Rekomendasi antivirus terbaik untuk PC dan laptop terakhir adalah Avira Free Security Suite. Antivirus ini terbilang paling ampuh dan juga ringan, cocok untuk PC yang memiliki spek rendah.

Nah untuk versi gratisnya antivirus ini sudah menawarkan berbagai macam kelebihan yang layak untuk dipertimbangkan. Avira ini juga sudah dapat melakukan proteksi PC atau laptop dari serangan virus, adware, spyware hingga program back door dan perangkat lunak lainnya.

Kelebihan Antivirus AviraKekurangan Antivirus Avira
Mampu melindungi PC dan lapatop dari virus atau malware berbahayaVersi gratis hanya bisa bisa dipakai secara personal
Dapat mengidentifikasi virus secara otomatisProses instalasi membutuhakan waktu yang lama dan fiturl keamanan secara real time cukup mengganggu.

Itulah 7 rekomendasi antivirus terbaik untuk laptop dan PC yang dapat kamu gunakan demi menjaga keamanan komputer kamu dari serangan malware atau virus. Nah jika kamu punya rekomendasi antivirus terbaik lainnya untuk PC atau laptop, yuk share melalui kolom komentar di bawah ini.

Ayo mulai berdiksusi