Pihak Apple memberikan imbauan kepada pengguna iPhone dan iPad untuk segera memperbarui ke iOS versi 9.3.5 terbaru saat ini juga. Karena pada iOS versi 9.3.5 terbaru ini sudah dilengkapi tingkat keamanan lebih serius.

Belakangan ini, terungkap ada celah berbahaya terdapat pada iOS 9 versi sebelum nya. Celah tersebut diungkapkan meliputi pengeksekusian kode dengan leluasa, akses ke kernel momori, dan dapat diakses ke hak-hak khusus dari kernel.

Jika dikombinasikan ketiga celah tersebut, kemungkian besar penjahat cyber akan melakukan jailbreak yang dapat merugikan untuk pengoperasian perangkat iOS, sebagaimana yang kami lansir dari The Verge.

Setelah penjajalan pada jailbreak, penjahat cyber dengan mudah menanamkan program jahat, kemudian membuka pesan yang terenkripsi. Dengan begitu penjahat dapat mendeteksi pergerakan smartphone, dan mengakses microphone perangkat secara diam-diam.

JANGAN LEWATKAN
Apple: Bocorkan Video iPhone 6 dan iPhone 7 Bergandengan

Kesalahan atau celah ini, ditemukan oleh firma Citizen Lab dan Lookout. Mereka langsung melaporkan ke Apple, sehingga pabrikan yang disebut Cupertino itu segera untuk memperbaiki ke versi 9.3.5.

Update Segera iOS 9 ke iOS Versi 9.3.5 Jika Tidak Mau Disusupi

Perangkat iOS

saat ini untuk pengembangan sistem operasi iOS 10 diketahui sedang dilakukan uji coba. Nah pertanyaan sekarang, apakah celah pada iOS 9 akan kebawa pada iOS 10 melalui uji coba tersebut ?

Langsung dari juru bicara Apple mengungkapkan, selama pengujian versi beta yang di intstall ke versi terbaru iOS 10, maka celah yang ada pada iOS 9 tidak akan terbawa ke iOS barunya itu. “Celah keamanan sudah diperbaiki pada iOS terbaru”, katanya.

JANGAN LEWATKAN
Bukan Apple, Ini dia Orang Pertama Yang Jual lagu di Internet!

Jadi bagi Kamu yang belum memperbarui iOS ke versi 9.3.5, sebaiknya luangkan waktu sebentar untuk melakukan update ke iOS baru dengan cara masuk ke “Settings” lalu pilih “Update” atau bisa buka tautan ini. Ingat, jangan sampai Kamu disusupi oleh orang lain di iOS 9. Bagaimana dengan Kamu pengguna iPhone, sudah upgrade belum ?

 

Sumber: The Verge

BAGIKAN
Muhammad Hanif
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...