Selama beberapa tahun, iOS di anggap lebih mulus dan nyaman digunakan ketimbang Android. akan tetapi anggapan tersebut telah berubah. Mengapa? Karena berdasarkan data dan hasil riset menunjukkan Android lebih stabil ketimbang iOS.

Data ini Dafunda Tekno dapatkan dari perusahaan data keamanan global, Blanco Technology Group. Baru-baru ini perusahaan tersebut merilis laporan peforma dan kesehatan perangkat mobile. Laporan ini berisi informasi kegagalan perangkat karena sistem operasi, aplikasi, dan masalah umum yang sering terjadi.

Selama Kuartal kedua Tahun 2016, iOS mengalami Kegagalan sistem sangat tinggi

iOS Smartphone

Benar, selama kuartal kedua tahun 2016 sistem operasi dari Apple itu mengalami tingkat kegagalan 58% . Angka tersebut meningkat dua kali lipat di bandingkan dengan Q1 2016. Penyebab utama kenaikan ini adalah iPhone 6, produk terbaru dari Apple. Smartphone High-end itu menyumbang 29% dari total kegagalan Sistem iOS di tahun ini. di ikuti dengan iPhone 6s dengan tingkat kegagalan 23%.

JANGAN LEWATKAN
Inilah 6 Aplikasi Video player untuk Memaksimalkan VR Di Android

Android vs iOS Stable

Data yang sama menunjukkan Android Menjadi lebih Stabil dari Tahun ketahun

Sementara Sistem operasi dari Google, Android mengalami penurunan dari 44% di kuartal pertama menjadi 35% di Q2 2016. Dimana vendor Samsung, LeTV, Lenovo, dan Motorola menyumbang Tingkat kegagalan paling tinggi di bandingkan merek lainnya.

Samsung berada di posisi pertama dengan Tingkat kegagalan 26%. LeTV dan Lenovo berada di posisi kedua, sedangkan motorola menduduki peringkat ketiga dengan tingkat kegagalan 11%.

Berdasarkan laporan ini, Penyebab utama kesalahan pada OS dikarenakan aplikasi yang tidak mendukung. 65% rasio faktor aplikasi ini membuat iPhone 6s, iPhone 6, dan produk apple lainnya sering mengalami error. Lalu 11% disebabkan oleh WiFi, 4% nya lagi disebabkan oleh Headset dan Jaringan seluller.

JANGAN LEWATKAN
Penemu Ponsel Mengatakan iPhone 6s Membosankan!

Masalah utama pada Android dari Sektor Kamera dan Pengisian Baterai

Inilah masalah yang paling sering terjadi di Android, kedua fitur ini masing-masing menyumbang 10% dari total kesalahan yang sering terjadi. Di ikuti dengan masalah Touchscreen 7%, Dan aksesori 5%.

Dari tadi Dafunda Tekno memaparkan aplikasi sebagai faktor utama kesalahan pada Smartphone iOS maupun Android. Lalu aplikasi mana saja dengan tingkat Error paling tinggi dan harus di tinjau ulang? jawabannya adalah Snapchat (17%), Instagram (9%), dan aplikasi sosial media lainnya. Selain itu Layanan Google punya persentase kegagalan yang relatif rendah (5%).

Itulah data yang dapat Dafunda Tekno kutip dari PhoneArena. Bagaimana pendapat kalian? apakah Android sudah lebih Stabil dari iOS? bagikan pendapat kamu melalui kolom komentar.

JANGAN LEWATKAN
Bocoran Smartphone Android Dari Nokia Mulai Beredar di Dunia Maya
BAGIKAN
Kautsar Juhari
Penulis di Dafunda #Otaku, Kamu bisa bertanya Apa saja yang berhubungan dengan Anime, Manga, Light Novel, Live-Action dan Juga hal lain seputar Kehidupan Otaku.