Ponsel yang RAM 2 GB Wajib Pakai OS Android Go?

in ,
Android Go
Android Go | newzz.in

Bertepatan di ajang tahunan Google I/O 2017 lalu, Google sudah resmi merilis sistem operasi (OS) Android versi ringan, yaitu Android Go. OS tersebut dibuat khusus untuk smartphone kelas bawah (entry-level) dengan kapasitas RAM 1 GB atau di bawahnya.

Setelah diluncurkan, raksasa mesin pencari Google sebenarnya tidak pernah memaksa para vendor smartphone. Supaya membuat smartphone dengan spesifikasi menggunakan Android Go. Tetapi untuk kuartal keempat (Q4) akhir 2020 nanti. Bisa jadi rencana yang tersebut bakal berubah.

Menurut dokumen yang berjudul ‘Android 11 Go Edition Device Configuration Guide” yang diambil dari situs XDADevelopers. Google kabarnya bakal mengharuskan seluruh ponsel baru yang dibekali RAM 2GB atau di bawahnya untuk menggunakan OS Android Go.

Google Ingin Menetapkan Ponsel RAM 2 GB Untuk Menggunakan Android Go?

Artinya apabila vendor smartphone sebuah ponsel dengan kapasitas RAM 2GB sekitar Q4 2020, maka perangkat tersebut harus menggunakan OS Android Go. Baik itu versi Android 10 atau Android 11.

JANGAN LEWATKAN •
Ini Dia Google Glass Versi Baru Dengan Janji Lebih Aman dari Pelanggaran Privasi

Peraturan tersebut sendiri sebenarnya ada hubungannya dengan langkah Google yang kini sudah memperbarui informasi dari Android Go. Informasi tersebut berasal dari situs resminya sekitar tahun lalu.

Di dalam situs resmi Android terlihat jelas jika Android Go bakal dibuat khusus untuk smartphone yang berbekal RAM kurang dari 2 GB. Bukan 1 GB seperti di awal peluncurannya.

Lalu bagaimana kabar dengan smartphone yang berkapasitas RAM 2Gb yang sudah beredar di pasaran sebelum Q4 2020?

Menurut dokumen di atas yang sudah Dafunda Tekno katakan, smartphone yang sudah beredar tidak ada dampaknya. Sehingga masih bisa menjalankan OS Android versi reguler, sekalipun kapasitas RAM 2 GB.

Peraturan Baru Google Ini Masih Sebatas Rumor

Selain itu, dokumen tersebut juga menjelaskan jika ponsel RAM 512 MB sudah dipastikan tidak bisa lagi menjalankan Android 11 Go Edition. Pasalnya ponsel dengan spesifikasi tersebut tidak lagi memenuhi syarat untuk menjalankan segala layanan Google Mobile Service (GMS).

JANGAN LEWATKAN •
Ternyata inilah yang di pikirkan Google tentang Indonesia

Namun pihak Google sampai saat ini belum memberikan informasi resmi soal dokumen Android 11 Go Edition yang ditemukan oleh XDADevelopers ini.

Ngomong-ngomong dokumen tersebut dipublikasikan pada 24 April lalu. Ada kemungkinan pula perusahaan berasal dari Mountain View, California, Amerika Serikat tersebut telah melakukan resvisi. Dimana tidak menerapkan peraturan yang dimuat dalam laporan tersebut.