Huawei Masih Tetap Andalkan Android, Kecuali Sudah Terdesak

in ,
Sistem Operasi Milik Huawei

Walaupun sudah memiliki sistem operasi sendiri bernama Harmony OS, Huawei kini masih tetap berharap banyak dari Android. Mereka tetap memastikan tidak akan menggunakan Harmony kecuali di dalam keadaan yang mendesak.

Seperti itulah yang diungkapkan Vincent Yang, selaku Senior Vice President Huawei. “Kami tetap mempertahankan satu standar, satu ekosistem.” Cetusnya dalam sebuahh acara di New York, seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Cnet.

Artinya, Harmony hingga saat ini masih dicadangkan. Jika memang benar pemerintah Amerika Serikat melarang secara permanen pengguna Android oleh Huawei, maka barulah Huawei mengandalkan sistem operasi sendiri, Harmony.

Kabarnya Huawei juga baru mendapat perpanjangan lisensi dari AS selama 90 hari. Jadi dalam jangka waktu tersebut, mereka masih diizinkan untuk menggunakan komponen teknologi dari Amerika Serikat.

Salah satu smartphone terbaru milik Huawei, Mate 30 tentu masih akan menggunakan sistem operasi Android. Jika di detik terakhir dipastikan Huawei dilarang menggunakan Android, maka mereka sudah siap beralih ke Harmony.

Namun hingga saat ini, Huawei belum ada rencana untuk memperkenalkan ponsel dengan menggunakan sistem operasi Harmony kecuali mereka sudah didesak untuk meninggalkan Android.

Hal itu tentu wajar. Walaupun memiliki berbagai kelebihan, Harmony bisa dibilang belum ada dukungan aplikasi sama sekali. Dan itu adalah hal yang sangat kursial untuk menarik minat konsumen.