Sebentar Lagi Layanan Dompet Digital WhatsApp Bakal Hadir di Indonesia

in ,
Kegunaan Fitur Whatsapp Payment

Salah satu aplikasi chatting paling populer saat ini, WhatsApp kabarnya akan menyediakan layanan pembayaran secara digital ke Indonesia.

Kabar tersebut langsung disampaikan oleh perusahaan instant messenger yang berada di bawah naungan Facebook. Mereka sedang melakukan pendekatan dengan beberapa perusahaan pembayaran digital di Tanah Air.

Jika memang benar seperti kabar yang direncanakan tersebut, maka Indonesia adalah negara kedua yang akan merasakan layanan ‘dompet digital’ ini setelah sebelumnya diperkenalkan di India sejak 2018. Namun, harus ditunda oleh pemerintah karena masalah regulasi.

Implementasi layanan pembayaran digital WhatsApp di Indonsia berbeda dengan yang di India. Karena kesulitan saat regulasi terkait lisensi dompet digital.

Sepertinya pembayaran peer-to-peer secara langsung, WhatsApp disebutkan akan menggandeng penyedia layanan dompet digital lokal Indonesia.

Beberapa perusahaan yang menyediakan dompet digital di Indonesia yang didekati oleh WhatsApp seperti GoPay milik GoJek, Ovo milik Lippo Grup dan Dana.

JANGAN LEWATKAN •
WhatsApp Error, Notifikasi dan Last Seen Tidak Berfungsi dengan Baik

Kesepakatan antara beberapa perusahaan tersebut akan selesai dalam beberapa waktu dekat, seperti yang dilaporkan oleh sumber yang tidak ingin disebutkan namanya oleh Routers tersebut.

Ternyata tidak berasal dari perusahaan swasta saja, WhatsApp juga menyambangi salah satu perusahaan BUMN, yaitu Mandiri untuk pengadaan pembayaran digital.

Kabar di atas diperkuat juga oleh pernyataan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengatakan layanan pembayaran digital WhatsApp ini akan diperluas ke beberapa negara lainnya.

Fitur pembayaran uang digital di WhatsApp ini sangat berguna untuk memudahkan pengguna WhatsApp untuk mentransfer uang ke sesama pengguna.

Mekanisme yang digunakan WhatsApp Payment ini adalah menggunakan sistem Unified Payment Interface (UPI). Di mana antarmuka dari layanan ini menyediakan fasilitas transaksi lintas bank di India, dan beberapa diantaranya State Bank of India, ICICI Bank, HDFC Bank, dan Axis Bank.

JANGAN LEWATKAN •
Musnahkan Perusuh, Whatsapp Sediakan Fitur Dimana Admin Grup Bisa Batasi Anggota Yang Bisa Kirim Pesan

Nantinya pengguna yang ingin mengirim uang cukup menekan ikon attachment yang juga adalah tombol yang diklik saat mengirim kontak, media dan lainnya.