TeknoBerita TeknologiHardware

Sony Electronics Umumkan Kamera Alpha 7R V Terbaru, Gunakan Mesin BIONZ XR yang Canggih

Sony mengumumkan Alpha 7R V (model ILCE-7RM5) sebagai kamera seri R terbaru dalam jajaran ternamanya, kamera Alpha mirrorless dengan lensa yang dapat ditukar.

Alpha 7R V mengombinasikan sensor gambar resolusi tertinggi Sony dengan unit pemrosesan AI (artificial intelligence) baru yang didedikasikan untuk pengenalan gambar berbasis AI, pertama di kamera Alpha mana pun, serta mesin pemrosesan gambar BIONZ XR™ canggih, pertama di jajaran full-frame “R”. Kombinasi sensor resolusi tinggi dan prosesor ini memungkinkan terobosan baru dalam pengenalan subjek, serta pengambilan gambar untuk fotografi dan videografi.

“Pada umumnya, para pengguna kami menggunakan kamera untuk melakukan fotografi portrait, landscape dan wedding. Kini, minat dan kebutuhan para pelanggan untuk genre fotografi tersebut semakin berkembang, dimana mereka ingin bereksplorasi untuk mencoba hal-hal baru dengan melakukan fotografi menggunakan subjek yang semakin bervariasi, termasuk serangga, hewan, dan kegiatan olahraga. Untuk menjawab kebutuhan para pelanggan, Sony mengembangkan kamera pendahulu dari seri R, yaitu Alpha 7R IV, dan menghadirkan kamera terbaru, Alpha 7R V. Harapannya, kamera terbaru ini dapat menunjang kebutuhan para fotografer dan videografer dalam mencoba hal baru dengan pengalaman pencitraan beresolusi tinggi yang baru.”

ujar Koji Sekiguchi, selaku President Director PT Sony Indonesia

Alpha 7R V baru ini menawarkan gambar foto 61,0MP ditambah sistem stabilisasi gambar 8-step paling efektif yang pernah ditawarkan di semua kamera Alpha Sony, serta output film 8K yang disempurnakan, monitor multi-angle 4-axis baru, fungsi komunikasi berkecepatan tinggi, pengoperasian tingkat tinggi, dan integrasi alur kerja yang mulus.

Tampilan Sony Alpha 7r V
Tampilan depan Sony Alpha 7R V

Kamera terbaru dari Sony ini sangat ideal untuk para profesional yang membutuhkan alat pencitraan beresolusi tinggi kelas atas dan cocok digunakan oleh para fotografer portrait dan landscape baik profesional maupun enthusiast, serta fotografer wedding profesional.

Peningkatan AF Berdasarkan Unit Pemrosesan AI

Alpha 7R V memiliki Real-time Recognition AF, yang merupakan AF generasi berikutnya dengan akurasi canggih dan pengenalan subjek yang lebih luas berkat unit pemrosesan AI (artificial intelligence) baru dengan pembelajaran mendalam.

Pemrosesan AI canggih menggunakan informasi detail mengenai bentuk manusia dan estimasi pose untuk meningkatkan akurasi pengenalan secara dramatis melampaui sistem yang hanya mendeteksi wajah dan mata, serta memanfaatkan potensi sepenuhnya.

Real-time Recognition AF, menggunakan pengenalan subjek AI, telah dikembangkan untuk menyertakan beberapa jenis subjek, termasuk hewan, kendaraan dan serangga. Alpha 7R V juga mencakup pengambilan gambar kontinu hingga 10 fps dengan pelacakan AF/AE.

Selain teknologi AI canggih, Alpha 7R V juga memiliki peningkatan pada banyak fitur yang disukai dari kamera lainnya dalam seri Alpha Sony yang kini disertakan di seri 7R Sony untuk pertama kalinya:

  • Pelacakan Real-time tangguh
  • Sistem AF yang lebih cepat dan tepat pada area yang luas
  • Pengambilan gambar senyap dan bebas getaran hingga 7 fps
  • Secara kontinu mengambil gambar hingga 583 gambar compressed RAW pada kecepatan tinggi

Alpha 7R V juga dilengkapi dengan fitur-fitur fokus yang mendukung resolusi tinggi, termasuk full-time DMF (direct manual focus), dan focus bracketing, kemampuan yang sangat diminati untuk memungkinkan gambar focus stacked.

Resolusi Besar di Alpha 7R V

Alpha 7R V didesain untuk memberikan detail yang luar biasa berkat mesin pemrosesan gambar BIONZ XR™ terbaru dan sensor gambar Exmor R™ CMOS back-illuminated full-frame 35mm dengan sekitar 61,0 megapiksel efektif.

Mesin pemrosesan gambar BIONZ XR terbaru memastikan bahwa potensi resolusi sensor kamera dimanfaatkan sepenuhnya untuk menghasilkan resolusi tertinggi pada sensitivitas rendah dalam seri Alpha sejauh ini. Hal ini memungkinkan pengaturan sensitivitas dari ISO 100 hingga ISO 32000 untuk foto maupun video, serta rentang dinamis luas dengan 15 stops[2] untuk foto.

Seluruh sistem stabilisasi gambar dari Alpha 7R V telah diperbarui dengan unit stabilisasi gambar presisi tinggi, sensor gyro canggih dan algoritma stabilisasi gambar yang telah dioptimalkan untuk foto dan video. Selain efek kompensasi 8-step untuk foto, algoritma stabilisasi baru memberikan deteksi dan kontrol yang tepat hingga ke level piksel tunggal, memanfaatkan potensi resolusi 61,0 megapiksel dari sensor sepenuhnya untuk menonjolkan detail subjek yang paling halus.

Kamera terbaru dari Sony ini juga menawarkan Pixel Shift Multi Shooting yang telah ditingkatkan yang memanfaatkan kontrol sistem stabilisasi gambar internal yang presisi, mengambil beberapa gambar pixel-shifted yang kemudian dikomposisikan dengan menggunakan komputer untuk mencapai resolusi luar biasa dalam satu gambar.

Dengan menggunakan aplikasi komputer Imaging Edge Desktop™ Ver.3.5 versi terbaru, pergerakan kecil pada pixel-level, seperti pergeseran posisi subjek atau dedaunan pada pohon, secara otomatis terdeteksi dan dikoreksi sehingga pengomposisian yang sempurna dapat dicapai. Komposit 16 gambar dengan sekitar 240,8 juta piksel (19.008 x 12.672 piksel) dapat dihasilkan dari data yang setara dengan sekitar 963,2 juta piksel.

Alpha 7R V juga mendukung kontrol flash eksternal yang tepat dan serbaguna untuk fleksibilitas kreatif tambahan. Lebih lagi, ketika berada dalam kondisi pencahayaan yang menantang, Alpha 7R V secara efektif menekan flickering dari cahaya buatan untuk foto dan video.

Fitur tambahan yang menawarkan fleksibilitas untuk fotografi still, termasuk:

  • Penambahan kompresi gambar Lossless RAW serta ukuran dan kualitas gambar RAW yang dapat dipilih
  • Fokus dan pencahayaan bracketing sangat diperluas
  • Pengaturan Creative Look untuk foto dan video dalam kamera
  • Gambar HEIF berkualitas tinggi dengan efisiensi kompresi tinggi
  • Rentang kecerahan luas untuk tampilan layar besar

Kemampuan Video

Selain kemampuan fotografi still yang luar biasa, Alpha 7R V menawarkan kemampuan video canggih. Kamera terbaru Sony ini menghadirkan video 8K 24/25p, video 4K oversampled dari 6,2K tanpa binning, codec MPEG-H HEVC/H.265 efisiensi tinggi, perekaman intra, perekaman 10-bit 4:2:2, dan masih banyak lagi untuk kualitas gambar yang tinggi dan pengeditan fleksibel.

Ini juga mencakup pengenalan subjek yang telah dikembangkan untuk keandalan pelacakan real-time yang belum pernah terjadi sebelumnya, breathing compensation dan kemampuan untuk menggunakan metadata kamera untuk pasca-pemrosesan dan stabilisasi gambar internal yang canggih.

Sebagai tambahan dari stabilisasi gambar mode Aktif internal untuk perekaman yang lebih mulus saat bepergian, Alpha 7R V kompatibel dengan lensa tertentu yang menyertakan stabilisasi gambar built-in untuk framing yang lebih stabil dan rekaman yang halus.

Pengoperasian dan Keandalan

Alpha 7R V menggabungkan keandalan yang luar biasa untuk kebutuhan profesional baik dalam foto maupun video dengan faktor bentuk yang ringkas dan ringan.

Alpha 7R V memiliki monitor LCDmulti-angle 4-axis baru yang memadukan kegunaan monitor tilting konvensional dengan fleksibilitas vari-angle yang dapat dibuka ke samping, dan viewfinder elektronik dengan 9,44 juta titik. Alpha 7R V juga dilengkapi dengan dua slot media yang kompatibel dengan CFexpress Type A/SDXC dan sistem menu baru dengan kontrol sentuh, serta berbagai fungsi yang dapat disesuaikan.

Alpha 7R V juga memungkinkan para profesional untuk mengoptimalkan alur kerja mereka dengan konektivitas yang diperbarui untuk dukungan yang lebih baik.

Data dapat ditransfer dengan kecepatan tinggi melalui Wi-Fi (802,11ac) 2×2 MIMO atau koneksi kabel SuperSpeed USB 10Gbps melalui port USB-C®. Selain memungkinkan pengambilan gambar jarak jauh yang efisien serta transfer file foto dan film, fitur streaming USB baru mendukung UVC/UAC, sehingga memungkinkan streaming langsung dari kamera, bahkan dalam resolusi 4K (QFHD) dan dengan audio.

Berdasarkan masukan dari para profesional, Alpha 7R V memiliki disipasi panas yang lebih baik untuk waktu perekaman yang lebih lama, desain tahan debu dan kelembapan yang ditingkatkan, sasis magnesium alloy yang tahan lama, dan penyempurnaan lainnya untuk keandalan maksimum di lingkungan kerja yang menantang.

Dirancang untuk Profesional

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengurangi jejak lingkungan dari produk ini pada setiap tahap siklus hidupnya: dari pengembangan produk melalui supply chain, produksi, dan pengemasan.

Sony berupaya untuk menginspirasi melalui penggunaan energi dan sumber daya yang paling efisien. Plastik yang dapat didaur ulang, termasuk SORPLAS™ digunakan untuk sebagian dari bodi kamera ini. Selain itu, produksi dilakukan di fasilitas yang menggunakan energi terbarukan.

Sony berupaya untuk menggunakan bahan kemasan bebas plastik yang memberikan perlindungan cukup terhadap guncangan dan benturan. Bahan non-pintal berbasis tanaman digunakan untuk kemasan produk. Semua pertimbangan ini dilakukan untuk membantu meminimalkan dampak lingkungan.

Harga & Ketersediaan Alpha 7R V

Alpha 7R V akan tersedia di Indonesia mulai bulan Desember 2022 dengan harga Rp59.999.000. Pembelian secara pre-order dapat dilakukan mulai tanggal 15 November – 4 Desember 2022.

Dengan melakukan pembelian dalam periode pre-order, para pelanggan akan mendapatkan kartu memori CEA-G160T senilai Rp6.399.000 secara gratis.

Selain itu, Sony juga menghadirkan special promotion untuk pembelian bundling dengan lensa, seperti potongan harga sebesar Rp1.000.000 untuk SEL35F14GM dan SEL50F12GM, serta potongan harga sebesar Rp1.400.000 untuk SEL1635GM dan SEL100400GM.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment