TeknoApps & OSIntermezzo

5 Alasan Kenapa Gmail Kini Menjadi Layanan E-Mail Yang Sangat Populer

Inilah 5 alasan kenapa Gmail, kini menjadi layanan E-Mail yang sangat populer daripada layanan serupa lainnya.

Sudah merupakan fakta umum bahwasanya kebanyakan orang di seluruh dunia saat ini menggunakan Gmail sebagai situs layanan E-Mail-nya. Sudah sedikit yang menggunakan provider seperti: Yahoo, Hotmail, dan sebagainya.

Masih Banyak Yang Nyaman Menggunakan Situs Layanan E-Mail Lain

alasan kenapa gmail populer
Tampilan YahooMail sekitar tahun 2010an awal | FrenchWeb

Padahal nih ketika layanan E-Mail milik Google ini diluncurkan pada tanggal 1 April, 2004 silam, hanya sedikit orang yang menggubrisnya atau langsung memanfaatkannya.

Hal ini karena berdasarkan pengamatan gue kala itu, masih banyak orang yang lebih nyaman menggunakan situs layanan e-mail yang telah gue sebutkan sebelumnya. Gue saja masih nyaman menggunakan Yahoo Mail hingga awal 2010an silam.

Namun seiring berjalannya waktu. Gue dan banyak orang secara perlahan tapi pasti, langsung “hijrah” ke Gmail. Dan kini pada tahun 2022, sekali lagi hampir sebagaimana besar populasi di dunia ini menggunakan Gmail sebagai default e-mail-nya.

Melihat transisi yang fenomenal ini, tak ayal kitapun terkadang bertanya sendiri. “Kenapa Gmail kini menjadi layanan E-Mail yang sangat populer?” Well, untuk mengetahui jawabannya nih langsung simak saja 5 alasan utamanya berikut ini.

1. Mudah Dalam Segala Hal

alasan kenapa gmail populer
Gmail | The Keyword

Alasan kenapa Gmail, kini menjadi layanan E-Mail yang sangat populer yang pertama adalah jauh lebih mudah dalam berbagai hal.

Maksudnya disini, tidak hanya dalam membuat akun e-mail-nya saja. Namun dalam menggunakannya (termasuk melakukan pengaturan ini dan itunya) sangatlah mudah. Saking mudahnya, bahkan kita-kita yang merasa gaptek pun juga bisa melakukannya.

2. Integrasi Yang Mudah Dengan Banyak Situs

alasan kenapa gmail populer
Gmail | Computer Tips Free

Alasan kenapa Gmail, kini menjadi layanan E-Mail yang sangat populer selanjutnya adalah integrasi akunnya yang sangat mudah dan “kaya-raya.” Tentunya yang gue maksud disinia adalah integrasi ke akun-akun yang kita buat di sebuah situs dengan menggunakan alamat Gmail milik kita.

Entah itu YouTube, Blogger, bahkan Facebook, pokoknya begitu kita ingin membuat, kita langsung bisa membuat dan juga mengintegrasikannya dengan mudah. Bahkan seperti YouTube, pokoknya begitu kita log-in ke akun Gmail, secara otomatis, kita langsung masuk ke akun YT kita.

Lebih jauhnya lagi, kini hampir semua situs yang ada langsung secara default memberikan opsi untuk membuat akunnya dengan hanya perintah log in dengan akun Gmail/Google kita. Nah fitur keren seperti inilah yang tidak dimiliki oleh rival provider E-Mail lainnya.

3. Custom Wallpaper

a
Gmal/Marvin Stewart

Gue sih gak tahu sih apakah rival seperti Yahoo Mail juga sudah memiliki fitur ini. Namun yang jelas, ketika memikirkan atau mempertanyakan poin ini, maka pikiran kita akan otomatis ke Gmail.

Ya salah satu aspek super simpel namun memiliki manfaat signifikan ke pengguna adalah aspek custom wallpaper. Jadi seperti kita tahu tampilan latar (background) asli akun Gmail adalah putih polos.

Ya sebenarnya sih gak ada masalah dengan tampilan default background ini. Tapi gak memungkiri sama sekali kalau tampilan ini terlihat dan terasa datar dan membosankan. Bahkan bagi kita yang memiliki masalah kesehatan di kedua mata, tampilannya bikin silau banget.

Nah mungkin menyadari akan hal tersebut. Lantas Google berinisiatif untuk menyediakan fitur untuk bisa mengganti background halaman e-mail kita. Dan kerennya dari fitur ini, adalah kita sesuai nama dan sifatnya, custom, kita benar-benar BEBAS untuk gonta-ganti background-nya.

Mau mengganti dengan pilihan warna atau foto wallpaper yang telah Google sediakan? Bisa. Mau menggantinya dengan foto milik pribadi yang kita simpan dalam PC/laptop/HP kita? Apalagi guys!

4. Ringan

Gmail Tips
Gmail | Wired

Bagi kamu yang dulunya atau hingga kini juga aktif dengan akun provider E-Mail lainnya, coba deh sekarang kamu lakukan uji coba yang sangat simpel ini.

Pertama kamu buka akun Gmail (masuk ke dalam E-Mail). Sudah? Nah sekarang di tab baru web browser milikmu, buka dan masuk juga kea kun e-mail dari provider lain tersebut (katakanlah Yahoo Mail).

Nah keika melihat dan menunggu loading halaman e-mail dari Yahoo tersebut coba kamu perhatikan benar-benar. Pastinya waktu loading dari gmail akan jauh lebih  cepat daripada Yahoo Mail.

Hal ini karena memang standar (default) tampilan halaman beranda (home) Gmail sangatlah minimalis. Fitur-fitur menunya pun juga sangat standar. Intinya, ya sesuai judul poinnya ini: Ringan nan enteng.

5. Keamanan Tingkat Tinggi

Gmail Security Blog@2x
Gmail | Shift

Nah inilah alasan yang paling utama kenapa Gmail, kini menjadi layanan E-Mail yang sangat populer. Ya seperti yang juga terlansir dari Mighty Gadget, Gmail mungkin adalah layanan e-mail yang memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi.

Memang, bukan berarti situs layanan e-mail lain memiliki tingat security yang rendah atau “abal-abal.” Tapi apabila kita bandingkan lagi dengan yang dimiliki oleh Gmail, tentunya situs-situs tersebut masih kalah jauh.

Things You Should And Shouldnt Do With Security Gmail Huong 1
Gmail | Google Sites

Hal ini karena (dan tentunya bagi kalian yang pengguna Gmail pastinya juga sudah tahu) Gmail menerapkan 2-langkah (2-steps) verifikasi. Jadi agar bisa masuk (log-in) kea kun Gmail, tidaklah hanya sekedar memasukkan username dan password seperti pada umumnya.

Setelah kita memasukkan username dan password, kita harus mem-verifikasikannya lagi melalui smartphone kita. Atau bagi yang tidak memiliki smartphone, verifikasi bisa dilakukan via metode SMS jadul.

Sekali lagi dengan metode 2-langkah verifikasi ini, maka bisa kita jamin 98% kalau akun Gmail kita akan aman banget. Cuma sekitar 2% peluang bagi Gmail kita untuk bisa diretas (hacked).

Dengan fakta ini, sekali lagi gak heran jika kini banyak dari kita yang beralih dan bahkan masih betah menggunakan Gmail sebagai provider E-Mail kita. Oke deh guys, semoga pembahasannya bermanfaat ya!

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment