IntermezzoTeknoTutorial Tekno

Tutorial Convert File Foto AVIF ke JPEG Secara Online

Berikut adalah tutorial convert file foto AVIF ke JPEG atau JPG secara online. Langsung meluncur dan simak baik-baik ya!

Berikut adalah tutorial convert file foto AVIF ke JPEG atau JPG secara online. Apabila kamu perhatikan. Rata-rata format file foto di media-media online saat ini sudah banyak menggunakan format AVIF. Gampangnya ketika kita menyimpan foto/gambar berformat AVIF, maka tampilan thumbnail-nya adalah ikon dokumen browser kita (semisal Mozilla Firefox).

Nah media saat ini menggunakan format ini agar bisa lebih mengentengkan halaman artikel di situs mereka. Karena seperti kita ketahui, ukuran foto walau kita sudah perkecil atau kompres sekalipun, apabila terlalu banyak, akan memberatkan situs.

Jadi sekali lagi sudah banyak situs yang mulai menampilkan foto-foto artikel mereka dengan format file AVIF ini. Situs media berita film top, ScreenRant adalah salah satu yang telah menerapkannya.

Belum Banyak Aplikasi Converter AVIF Offline

tutorial convert foto AVIF JPEG
Halaman home situs convert.io | convert.io

Walau memang tujuannya bagus. Namun gak memungkiri penerapan format file AVIF ini merepotkan kita-kita yang pekerja media online atau blogger. Karena memang belum banyak aplikasi atau program converter file foto dari AVIF ke JPEG/JPG.

Akan tetapi untungnya terdapat 1 situs converter GRATIS yang memang khusus untuk mengkonversikan foto file AVIF ke JPG, JPEG, PNG, dan format-format file foto lainnya. Dan situs tersebut adalah convertio.io.

Pokoknya tinggal masuk, pilih, drag, dan convert deh. Nah bagi kamu yang memang dari kemarin memang kesusahan terus untuk meng-convert foto AVIF ke JPEG-nya. Udah deh sekarang masuk ke situsnya, dan langsung saja ikuti tutorial convert file foto AVIF ke JPEG berikut ini.

Tutorial Convert File Foto AVIF ke JPEG atau JPG Secara Online

  • Download dulu file foto berformat AVIF-nya (lihat gambar penyerta untuk lebih jelasnya).
tutorial convert foto AVIF JPEG
Contoh file foto yang berformat AVIF dan di-download dengan browser Mozilla Firefox
  • Buka situs convertio.io
  • Nah kamu lalu bisa memasukkan foto AVIF yang akan kita convert dengan meng-klik perintah “Choose Files.” Tapi apabila kesulitan atau biar lebih gampangnya, lebih baik kamu drag-drop saja file fotonya ke halaman tulisan “choose files” tersebut.
tutorial convert foto AVIF JPEG
  • Apabila sudah nanti kamu melihat  kotak “to” yang berstatus titik-titik.
tutorial convert foto AVIF JPEG
  • Nah klik tanda panah bawah titik-titiknya, lalu kamu pilih mau dikonversikan ke format file foto apa foto AVIF kita tersebut. Katakanlah ke JPEG, maka klik “JPEG.”
tutorial convert foto AVIF JPEG
  • Kalau sudah klik perintah “Convert” dengan lambang anak panah pada bagian kanan bawahnya.
Screenshot 8 2
  • Setelah klik, tunggu hingga proses converting-nya selesai. Kalau sudah nantinya statusnya akan bertuliskan “Finished.”
Screenshot 9 1
  • Lalu setelahnya klik kotak perintah “download.”
Screenshot 10 1
Screenshot 11 1
  • Nantinya hasil convert-nya akan otomatis masuk ke lokasi penyimpanan file download dari browser kita. Contoh: Misalkan apabila biasanya setiap file download dari browser Mozilla Firefox kita tersimpan di “My Documents” maka hasil convert fotonya akan masuk ke “My Documents.
Screenshot 12 1
Tampilan hasil save convert ke tempat penyimpanan default browser Mozilla Firefox

Nah apabila ingin menghemat waktu, maka rubah saja lokasi penyimpanan download file dari browser kamu ke Desktop atau layar muka PC kita. Oke deh guys. Itulah tadi tutorial convert file foto AVIF ke JPEG atau JPG secara online. Semoga bermanfaat ya!

Leave Comment

Related Posts

No Content Available
Enable Notifications OK No thanks