Kenapa Bumi Itu Bentuknya Bulat, Bukan Kotak atau Segitiga ? Ini Alasannya !

in
Kenapa Bumi Bulat

Kenapa Bumi itu bulat, kenapa enggak kotak ? Ini bisa dikatakan seperti pertanyaan yang sangat bodoh. Tapi justru masih banyak diantara kita menerima dengan mentah-mentah saja fakta bahwa Bumi itu bulat kenapa tidak harus kotak atau segitiga ?

Hal yang menyebabkan kenapa Bumi itu bulat, pendeknya adalah karena gravitasi, karena setiap yang mempunyai masa di dunia ini tentu pasti ada gravitasi. Termasuk mobil, pohon dan orang.

Kenapa Bumi Itu Bentuknya Bulat, Bukan Kotak atau Segitiga ?

Kenapa Bumi Bulat

Dalam hukum gravitasi, masa akan menarik masa yang lainnya. Kenapa sebabnya Bumi mengorbit matahari dan bulan mengorbit Bumi ? simpelnya karena masa yang saling menarik.

Kenapa Bumi Bulat

Ketika Bumi pertama terbentuk pada 4,5 miliar tahun yang lalu material debu dan gas saling menarik untuk membentuk Bumi yang kemudian membentuk Bumi sebagai planet yang solid, tapi kenapa bentuknya lingkaran, kenapa tidak kotak saja atau segitiga ?

JANGAN LEWATKAN •
Penganut Bumi Datar, Buktikan Dunia Itu Tidak Bulat

Karena lingkaran merupakan bentuk yang efisien bagi setiap material untuk saling menarik. Sedangkan dengan kotak tentu memiliki sudut-sudut yang sulit dijangkau oleh gravitasi. Maka secara natural bentuk Bumi pasti membentuk bulat, bukan kotak.

Kenapa Bumi Bulat

Tetapi kenapa bentuk dari mobil, pohon dan orang bentuknya tidak bulat, padahal mereka juga memiliki gravitasi ? jawaban tepatnya adalah karena gravitasi mereka tidak sebesar Bumi. Jadi sangat mungkin bagi mereka untuk dapat membentuk sudut-sudut lancip seperti bentuk kotak.

begitu juga dengan bentuk Asteroid yang jarang memiliki berbentuk bulat, karena tarikan material gravitasi mereka tidak sebesar dengan Bumi. Oleh sebab itu bentuk bulat itu pun menjadi salah satu syarat bahwa objek langit itu dapat disebut sebuah planet atau tidak.

Kenapa Bumi Bulat

Tapi setelah Kamu membaca artikel ini, tidak semua objek yang berbentuk bulat memiliki gravitasi yang kuat. Perlu dilihat perspektifnya, jadi jangan disangka bola basket dan bakso memiliki tarikan gravitasi yang kuat, hanya karena bentuk mereka bulat.

JANGAN LEWATKAN •
Demi Membuktikan Bumi Itu Bulat, Ilmuwan Ini Rela Bersepeda Hingga 138 Kilometer

Sudah tahu bukan kenapa Bumi itu bulat, bukan kotak saja atau segitiga ? sesuatu yang sudah ada didunia ini tentu ada filosofinya, jadi sekarang buanglah rasa untuk menerima begitu saja tanpa mengetahui asal usulnya. Ingat yang mentah-mentah itu tidak enak kawan.

Jika Kamu berkenan untuk meninggalkan jejak, atau ingin berbagi ilmu pengetahuan lainnya, silakan berkomentar di bawah ini, Kami akan menanggapi secepatnya. Jangan lupa dibagikan ya ? terima kasih 😀