Beginilah Cara Astronot Pulang ke Bumi?

in ,
Cara Astronot Kembali Ke Bumi

Menuju ke luar angkasa sudah menjadi kompetesi antar negara untuk unjuk gigi. Jadi tidak heran jika mereka terus mengirimkan astronot ke luar angkasa. Namun pernahkah kamu berpikir bagaimana cara astronot kembali ke Bumi?

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari European Space Agency (ESA). Cara astronot kembali ke Bumi adalah dengan menggunakan kapsul ruang angkasa.

Kapsul yang digunakan astronot untuk kembali ke Bumi itu memiliki tiga bagian, yaitu orbital modul, descent modul, dan instrument compartment. Orbital dan instrument ini akan terbakar di lapisan atmosfer. Jadi astronot kembali ke Bumi hanya dengan descent modul.

Cara Astronot Kembali ke Bumi

Modul tersebut akan melindungi para astronot dari benturan dan juga panas saat kapsul kembali dengan kecepatan tinggi. Kecepatan tersebut akan menurun dengan drastis.

Nah pada ketinggian 8,5 km dari atas permukaan tanah, parasut besar yang ada di dalam kapsul akan terbuka. Inilah dimana dimana tubuh mulai merasakan kembali daya tarik bumi alias gravitasi.

Lalu kapsul akan turun dengan kecepatannya ke permukaan tanah. Kemudian ada roket pendorong yang akan menghantam tanah. Setelah itu barulah tim penyelamat akan segera menemukan astronot yang sudah keluar dari kapsul tersebut.