Ramah Lingkungan, Gaya Hidup yang Lagi Tren Ini Patut Ditiru

in , ,
Sedotan 20180807 150812

Menyelamatkan lingkungan dari kerusakan bisa dimulai dengan mengubah kebiasaan sehari-hari. Belakangan ini, gaya hidup ramah lingkungan mulai banyak digemari masyarakat.

Ingatkah kalian dengan peristiwa penemuan bangkai ikan paus penuh sampah di Wakatobi, Sulawesi Tenggara tahun lalu? Pada tubuhnya ditemukan 5,9 kg sampah plastik. Peristiwa ini menyadarkan banyak orang bahwa sampah bukan hanya mencemari daratan, tetapi juga mengancam keselamatan ekosistem laut.

Perkara sampah memang menjadi masalah di banyak negara. Apalagi untuk urusan sampah plastik, yang sulit terurai oleh mikroorganisme. Sampah plastik baru bisa terurai ratusan hingga ribuan tahun. Ngeri ya kalau sampah plastik di bumi makin menggunung?

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di Indonesia terdapat 65,8 juta ton total sampah di tahun 2017. Sementara pada tahun 2018, terdapat sebanyak 65,752 juta ton sampah. Banyak sekali ya?

Nah, kalau kalian tergerak untuk menyelamatkan lingkungan lewat gaya hidup, ada baiknya meniru beberapa cara yang sedang trend berikut ini.

4 Trend Gaya Hidup yang Ramah Lingkungan

Pakai sedotan stainless steel

Memakai sedotan stainless steel adalah hal yang lagi tren lho! Jadi, kalian bisa bawa ke mana-mana sedotan sendiri agar bisa mengurangi penggunaan sedotan plastik. Tentunya, sedotan stainless steel punya keunggulan yaitu dapat dipakai berkali-kali.

Bahan untuk membuat sedotan stainless steel adalah besi yang tidak mudah berkarat meski sering dipakai. Ingat ya, makin sering dipakai makin sering pula untuk membersihkan sedotan ini.

Memakai barang preloved

Sadar gak sih kalau memakai kembali barang-barang bekas itu dapat mengurangi sampah? Nah, beberapa tahun terakhir jual beli barang preloved atau barang bekas layak pakai sedang trend di Indonesia.

Kalau dulu jual beli barang bekas yang ramai cuma seputar kendaraan bekas, kini orang-orang tidak gengsi untuk menjual dan membeli barang-barang pribadi preloved seperti pakaian dan aksesoris. Biasanya, barang preloved adalah barang-barang branded yang baru dipakai sesekali dan dijual dengan harga miring.

Kamu bisa berburu barang-barang preloved di aplikasi yang fokus pada jual beli barang preloved seperti Carousell.

Bawa kantong belanja sendiri

Agar ramah lingkungan, kalian bisa balik lagi ke kebiasaan emak-emak zaman dahulu yaitu bawa kantong belanja sendiri dari rumah. Kebiasaan yang satu ini juga mulai jadi trend di era sekarang. Tujuannya agar mengurangi penggunaan kantong plastik.

Kalian yang biasa belanja ke pasar pasti tau deh, banyak sekali kantong plastik yang kamu bawa pulang ke rumah setelah berbelanja. Mulai dari yang berukuran kecil sampai yang besar. Sebagian pasti di buang karena sudah kotor.

Kalau kalian memiliki tekad mencintai bumi, bawalah sendiri kantong belanja. Siapkan tas khusus yang bisa kalian bawa setiap kali belanja.

Membawa Tumbler setiap bepergian

Kalian pasti sering melihat teman-teman yang membawa tumbler alias botol minum ke mana-mana. Tidak ada salahnya jika ingin meniru. Selain untuk menyimpan air putih untuk kebutuhan harian, kalian juga bisa gunakan tumbler saat jajan minuman di luar. Dengan begitu, kalian turut melakukan upaya untuk mengurangi sampah.

Eits, ada lho kedai kopi yang kerap memberikan diskon bagi para pembeli yang bawa tumbler sendiri. Jadi bisa sekalian menghemat kan?


Itulah beberapa gaya hidup yang lagi hits di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak ada salahnya jika kita sama-sama menjaga bumi kita dengan memulai dengan hidup ramah lingkungan. Bagaimana pendapat kalian ? Jangan lupa berikan komentar kalian di bawah ini ya !

Ayo mulai berdiksusi