200 Game Tercipta Di Ajang “Ayo Bikin Game di Rumah Aja”

in , ,
Ayo Bikin Game Di Rumah Aja
Ayo Bikin Game Di Rumah Aja | GGWP.id

Ajang yang digelar oleh Kominfo yakni “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” kini telah memasuki tahap pemilihan. “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” sendiri merupakan salah satu ajang sebagai sarana untuk mendukung kebijakan isolasi diri yang diterapkan pemerintah.

Ajang ini diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia, dan Clevio. Dalam ajang ini, para peserta diminta membuat game dengan tema “Mari Bersama Melawan COVID-19: Hidup Bersih, Sehat, dan Seru.”

Ajang ini dibagi ke dalam dua kategori, yakni Junior (untuk siswa SD, SMP, dan SMA/SMK) dan Mahasiswa/Umum. Ajang membuat game sudah selesai digelar dari tanggal 2 sampai 5 April 2020, saat ini telah terkumpul 200 karya lebih dari dua kategori tersebut.

Hadirkan 238 Karya Game

Ayo Bikin Game
Ayo Bikin Game | Kominfo

Tercatat ada 238 karya dari dua kategori, dengan rincian berupa 131 karya dari kategori umum, dan 107 karya dari kategori Junior. Semua karya yang lolos sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan.

JANGAN LEWATKAN •
10 Film Asyik Untuk Menemani Masa Karantina

Dimana game yang sudah lolos harus merepresentasikan tema yang diusung. Selain itu juga harus membawa pesan edukasi penanggulangan COVID-19 yang informatif dan dengan cara yang menyenangkan.

Meskipun kebijakan isolasi diri mengharuskan semua orang untuk tetap di rumah, namun ajang ini tetap tidak kehilangan antusiasme dari masyarakat. Selain diikuti oleh banyak peserta, ajang ini ternyata juga menarik minat banyak kalangan. Salah satu peserta bahkan ada yang masih berusia 7 tahun dan duduk di kelas 2 SD.

Diikuti Dari Berbagai Daerah Di Indonesia

Timeline Umum
Timeline Umum | Kominfo

Selain selain diikuti dari berbagai kalangan usia. Ajang ini juga diikuti oleh masyarakat dari berbagai belahan Indonesia. Domisili peserta mulai dari ujung barat Langsa di Banda Aceh hingga Malili di Luwu Timur. 

Dari sekian peserta yang ikut andil, ada juga seorang mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di kota Kitakyushu, Jepang, ikut serta membuat game untuk ajang ini. Setelah semua karya terkumpul, kini sayembara ini memasuki fase voting. 

JANGAN LEWATKAN •
Peluncuran Perdana Final Fantasy 7 di Asia Sumpah CHAOS BANGET!

Untuk melakukan voting, kalian dapat melakukannya dengan memberi like pada unggahan peserta yang menggunakan tagar #ayobikingame dan #dirumahaja. Nantinya akun Instagram resmi AGI dan Clevio juga akan secara rutin melakukan repost game buatan para peserta di Instagram Story selama masa voting berlangsung.

Nantinya, game dengan jumlah like terbanyak akan dinobatkan sebagai game terfavorit, dan akan diumumkan tanggal 13 April 2020 mendatang, bersamaan dengan pengumuman game terbaik pilihan para juri.

Kalian bisa berkunjung ke laman agi.or.id/ayobikingame, untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar ajang cipta game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja”. Pantau terus Dafunda Game untuk mendapatkan berita update tentang dunia game.