Luncurkan Fitur Baru, Facebook Gaming Buka Peluang Besar Untuk Terjun Ke Dunia Esports

in ,
Facebook Gaming Luncurkan Fitur Baru
Facebook Gaming Luncurkan Fitur Baru | Facebook Gaming

Sebagai salah satu platform gaming populer saat ini, Facebook Gaming diketahui baru saja menghadirkan fitur terbaru didalamnya. Diketahui jika fitur tersebut diberi nama “Tournament”, fitur untuk memudahkan para gamer untuk membuat turnamen e-sports via online.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat turnamen Esports. Mulai dari proses registrasi, seeding, pengaturan bracket, hingga penghitungan skor. Melalui fitur Tournaments, para pengguna juga bisa mengikuti kompetisi yang diadakan oleh pengguna lain.

Bisa Digunakan Untuk Semua Ajang Turnamen

Facebook Gaming
Tournaments | Facebook Gaming

Berdasarkan informasi yang didapat, fitur Tournaments ini terintegrasi langsung ke Facebook Gaming. Jadi, para pengguna bisa mengadakan turnamen dan langsung menyiarkan jalannya pertandingan ke platform streaming game tersebut.

Facebook menambahkan bahwa fitur ini dapat digunakan untuk semua jenis turnamen, mulai dari kasual ataupun skala professional. Fitur ini juga dapat dinikmati oleh semua orang dan bisa dihubungkan dengan link live streaming sang pembuat.

Sejauh ini, fitur tersebut baru mendukung tiga format yang berbeda, yaitu Single Elimination, Double Elimination, dan Round Robin. Ketiganya dapat digunakan untuk menggelar turnamen yang diikuti oleh individu atau tim.

Fitur Tournaments milik Facebook Gaming ini diluncurkan dalam rangka kerjasama mereka dengan WHO. Hal ini dilakukan  untuk mendukung #PlayApartTogether yang merupakan kampanye promosi Social Distancing dengan memanfaatkan turnamen.

Cara Menggunakan Fitur Tournaments Facebok Gaming

Cara Daftar Tournaments
Cara Daftar Tournaments | Facebook Gaming

Bagi mereka yang ingin menggunakan fitur baru milik Facebook Gaming ini, Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan oleh organizer atau penyelenggara. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya.

  • Log-in ke Facebook.
  • Cari halaman “Gaming Video” dan pilih tab “Tournament”.
  • Klik “Create Tournament” lalu pilih “Add Tournament”.
  • Isi semua kolom sesuai dengan apa yang diminta mulai dari game, jadwal, dan format yang akan digunakan.
  • Setelah itu, tambahkan turnamen uang ingin digelar beserta rinciannya.
  • Terakhir, klik “Create Tournament Event” untuk menyelesaikannya.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini persaingan antara platform streaming game semakin memanas. Meskipun Twitch masih menjadi platform streaming game nomor satu, Facebook Gaming mengalami pertumbuhan yang sangat pesat pada tahun lalu.

Dengan adanya fitur baru miliki Facebook Gaming ini, tentunya hal ini menjadi peluang bagus bagi beberapa player yang ingin terjun ke dunia Esports. Menurut kalian apakah fitur ini bermanfaat ? skuy bagikan tanggapan kalian dengan Dafunda Game di kolom komentar di bawah ini ya!!