10 Alasan Kenapa Playstation 1 Masih Terus Dikenang Hingga Kini

in ,
console Playstation 1 Dikenang
Playstation 1 | IDN Times

Ini dia 10 alasan utaama mengapa console Playstation 1, masih terus dikenang oleh kita semua hingga detik ini.

Walau Nintendo (NES), Sega Mega Drive / Genesis, dan Playstation 2 adalah console-console yang membuat kangen. Tapi bagi gue pribadi dan beberapa di luar sana, gak ada yang console yang lebih bikin kangen daripada Playstation 1 (PSX).

Console ini gak dipungkiri, masih terus dikenang banget hingga sekarang. Kenapa demikian? Berikut adalah 10 alasan utamanya

10. Musik Opening Console

Sebenarnya secara teknis, Sega sudah memperkenalkan konsep musik atau jingle pembuka game-nya. Namun kala itu musik pembuka ini baru menyala di beberapa game saja (termasuk seluruh game Sonic the Hedgehog).

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mendapatkan Semua Power Berry di Harvest Moon PS1!

Namun semua itu berubah total ketika console Playstation 1 dirilis. Tidak lagi terbatas pada game tertentu saja. Namun musik opening diperdengarkan di awal ketika menyalakan console-nya.

Lengkap dengan logo Sony Computer Entertainment yang terlihat colorful itu, Benar-benar membuat kita cukup “panas” sebelum bermain dan juga, membuat console PS1 masih terus dikenang oleh kita semua hingga detik ini.

9. Harga CD Game Murah Banget

PS1 dikenang
Benar-benar seperti membeli kerpuk | Bukalapak

Beruntunglah kita-kita yang tinggal di Indonesia. Karena di negara lain, harga CD PS1 kala itu lumayan pricey. Kalau dirupiahkan kala itu, 1 game PS1 (ambil contoh kurs tahun 1997), berharga sekitar Rp. 75.000 – Rp. 150.000.

Dan di era krisis moneter  Indonesia tahun-tahun ini, harga ini sangatlah mahal untuk sebuah CD game. Nah gokilnya di Indonesia harga segitu, dibanting abis seperti harga beli satu setel baju kaos atau kalau sekarang beli Somay abang-abang.

Kala itu harga 1 CD PS1 bisa cuma Rp. 10-25 ribu. Bahkan memasuki dekade 2000an, harganya bisa sampai 1 CD nya Cuma 3 ribu perak saja.

JANGAN LEWATKAN •
Begini Tampilan Adegan Ikonik The Witcher 3 Jika Gunakan Grafis PS1

Tentunya ya ini adalah CD yang sudah dibajak (pirate). Tapi kerennya, kualitasnya gak ada bedanya sama CD yang berharga lebih mahal tersebut. Alhasil, banyak dari kita yang kala itu ketika beli, langsung “borong” hingga mungkin 10 game sekali beli.

8. Collectible

PS1 dikenang
CD PS1 | Bukalapak

Alhasil dengan harganya yang murah dan bisa beli banyak tersebut, tak ayal jika kala itu banyak dari kita yang langsung bisa mengkoleksi banyak game-nya.

Kala itu, memiliki CD (atau kalau orang kita bilang, “kaset”) PS1 berjumlah sampai 100 keping bukan hal yang aneh. Bahkan yang ada, apabila kita masih memiliki koleksi kurang dari segitu, kita terpacu untuk mencapai jumlah tersebut.

7. Tempat Rental

PS1 dikenang
Rentl PS1 | Dunia Games

Ya walau atribut ini baru ngetop akhir 1999 dan awal 2000an. Namun atribut ini jugalah yang menjadi salah satu alasan utama kenapa Playstation 1 masih terus dikenang hingga detik ini.

JANGAN LEWATKAN •
4 Aksesoris PS1 Legendaris Yang Dulu Mungkin Pernah Kita Gunakan Juga

Perlu kamu ingat bahkan hingga awal 2000-2001, masih banyak remaja atau bocah  yang belum memiliki Playstation 1. Terlepas, di tahun-tahun ini, harganya sudah sedikit lebih murah.

Sehingga, gak heran, jika kala itu banyak banget gamer yang main PS1 di tempat rental.

Dan yap walau main sendiri di rumah lebih nyaman. Tapi gak ada yang mengalahkan keseruan main PS1 di tempat rental dengan diirngin banyak riuh dan berbagai macam kata-kata “indah” yang keluar dari mulut itu.

6. Turnamen, Turnamen Everywhere

PS1 dikenang
Tekken 3 | APKPure

Jauh sebelum turnamen-turnamen e-sports sekarang ini. Adalah turnamen console duluan yang dulu hype banget.

Dan gak dipungkiri, awal kepopuleran turnamen game console ini, ya awalnya karena kemunculan PS1. Dulu sering banget diadakan turnamen dari beberapa game hit PS1. Walau yang paling sering adalah turnamen game tarung Playstation super hit, Tekken.

5. Memory Card

Images850x0
Memory Card | Olx

Ya, ya. Memang lebih enak dan praktis console moderen saat ini. Menyimpan (save) permainan langsung di hard disk console-nya. Dan juga hal ini sudah terasa biasa.

JANGAN LEWATKAN •
Rindu Game Jadul? Ini 5 Emulator Terbaik yang Bisa Membuatmu Bernostalgia!

Tapi di dekade 90an, fitur menyimpan progress permainan kita, merupakan hal yang baru bahkan revolusioner. Sehingga memiliki sebuah kartu penyimpanan game atau memory card, kala itu bagaikan seperti Thanos yang memiliki Infinite Gauntlet-nya.

Bahkan kita juga bisa sedikit “curang” dengan meng-kopi progress game teman kita yang mungkin sudah lebih jauh level-nya dari kita. Alias kalau dulu dibilangnya, tukeran memory card.

Oh ya, dulu juga apabila memiliki kapasitas memory card yang lebih dari 15 blok game saja, rasanya ya sama juga. Seperti hidup kita terasa komplit banget.

4. Game Shark

playstation 1 dikenang
Gameshark | Wikipedia / Gameshark

Nah 1 lagi nih atribut yang sukses membuat kita terus mengenang PS1 hingga kini. Game Shark pada intinya adalah perangkat add on yang dipasang di bagian belakang PS1.

Fungsinya, adalah untuk mengaktifkan kode-kode / algoritma cheat yang tidak bisa atau tidak disediakan apabila kita mencoba memasukkannya secara manual.

JANGAN LEWATKAN •
5 Gadis Harvest Moon Back to Nature yang Bisa Kamu Nikahi!

Pokoknya apabila memiliki ini, kita bisa mengaktifkan cheat agar karakter tidak mati-mati, atau peluru yang gak habis-habis. Curang memang. Tapi rasanya seperti dewa sakti.

3. Seru-Seruan Bareng Saudara / Teman

playstation 1 dikenang
Pasti ada kan? | Kwikku

Memang sih semua console game memang lebih seru mainnya kalau dilakukan bareng teman atau saudara.

Tapi bagi gue keseruan main game console bareng, gak ada yang bisa ngalahin keseruan dari Playstation 1. Pokoknya jauh lebih seru, intens dan bahkan emosional.

Alhasil, gak heran jika atribut ini menjadi salah satu alasan mengapa Playstation 1maish terus dikenang hingga kini.

2. Tampilan Grafis Yang Revolusioner

Kalau dibandingkan dengan teknologi sekarang, ya tentunya jauh banget lah tampilan grafis Playstation 1. Tapi kalau kita ingat dan kenang lagi, ya hal inilah yang mmbuat kita kangen banget denga Playstation 1.

Grafis kotak-kotak Playstation 1 32-bit itu, benar-benar revolusioner pada zamannya. Apalagi setiap bagian Full Motion Video (FMV) nya itu. WOW, benar-benar canggih pada zamannya.

JANGAN LEWATKAN •
Ranking Ulang Trilogi Tekken di Playstation 1

Gue masih ingat banget, gue sampai beli Final Fantasy VIII (1999) dan Silent Hill (1999) cuma karena tampilan FMV nya yang benar-benar terlihat halus dan foto realistis banget.

1. Game nya Yang Keren dan Fun

Dan inilah alasan nomor wahid mengapa dari semua console game, adalah console PS1 yang masih terus dikenang hingga kini.

Dan rasanya, kamu setuju bukan dengan poin ini? Banyak banget game-game nya dari berbagai genre, yang sangat keren dan fun banget. Dan unsur kedua tersebutlah yang kini sudah mulai sering menghilang.

Padahal ya namanya saja main game, MAIN. Yang namanya main, ya musti fun bukan? Selain itu juga, game-game PS1 juga jauh lebih memorable hingga detik ini.

Nah itulah tadi 10 alasan utama kenapa console Playstation1 masih dikenang hingga detik ini. Bagaimana nih pendapatmu dengan pembahasan ini?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.