30 Game PS1 Terkeren dan Memorable Sepanjang Masa

in ,
Game PS1 Terkeren dan Memorable
Spyro the Dragon | WallpaperAccess

Berikut adalah 30 game PS1 (Playstation 1) terkeren dan memorable sepanjang masa.

Dari semua console game yang ada, gak dipungkiri adalah console hit milik Sony, Playstation 1 aka PS1 yang begitu dikenang hingga detik ini.

Dan tidak mengherankan. Selain karena tampilan grafif 3-D nya yang kala itu bombastis, hampir seluruh rilisan game PS1, keren-keren nan memorable banget.

Bahkan kini di tahun 2021 pun, dijamin kita-kita yang dulunya pernah memainkan PS1, masih ingat lumayan banyak game-game yang dirilis di console sejuta umat ini.

Namun dari sekian banyak rilisan game-game kerennya tersebut, berikut yang menurut gue adalah 30 game PS1 terkeren dan memorabole sepanjang masa.

30. Fuuun Gokuu Ninden (1996)

Game PS1 terkeren dan memorable sepanjang masa yang pertama kita bahas adalah game buatan developer bernama Aicom ini.

Fuuun Gokuu Ninden pada dasarnya adalah game “kera sakti” Sun Go Kong beserta gurunya dan kedua sahabatnya itu. Yap benar sekali guys. Seperti seri Journey to the West aka Kera Sakti yang dulu ditayangkan di Indosiar.

Secara storyline, kurang lebih sama (walau ya ada beberapa modifikasi). Tapi yang membuat game ini keren adalah tampilan grafis 2-D kartuniknya yang sangat colorful dan, kseluruhan gameplay nya yang asyik banget.

29. Harvest Moon: Back to Nature (1999)

Ya, ya silahkan kalian mem-boo atau timpukin gue dengan dual shock PS1 kalian itu. Tapi mau diapakan? Bagi gue Harvest Moon: Back to Nature bukan game untuk gue.

JANGAN LEWATKAN •
10 Alasan Kenapa Playstation 1 Masih Terus Dikenang Hingga Kini

Tapi di saat yang sama, gue akuin, game ini emang asyik dan keren. Karena kita bisa merasakan bagaimana harus bekerja keras untuk mencari nafkah sehari-hari walau, hanya melalui aktivitas bertani.

Belum lagi di game ini kita bisa bebas memilih sosok wanita yang ingin kita nikahi nanti. Intinya game ini adalah versi bertani dari The Sims.

28. Striker 1945 II (1998)

Sekuel dari Striker 1945 (1996) ini jauh lebih asyik dan adiktif. Dengan tampilan dan gameplay yang lebih luwes serta, power-up yang lebih bervariatif, dijamin nagih banget main game  tembak-tembakan pesawat ini.

27. Legend of Legaia (1998)

Gue adalah salah satu yang gak suka dengan genre role-playing game (RPG). Tapi, terdapat beberapa pengecualian. Dan salah satu pengecualian itu adalah Legend of Legaia ini.

Selain memiliki storyline bak film atau komik fantasi hit, keseluruhan gameplay Legend of Legaia juga seru dan engaging dari awal hingga akhir.

26. Brave Fencer Musashi (1998)

Terlepas grafis 3-D nya yang terlalu kartunik, namun secara gameplay dan storyline, Brave Fencer Musashi asyik dan keren banget.

Dan kerennya juga, game ini gak 100% RPG. Jadi bagi yang gak suka game RPG, masih bisa banget untuk menikmati game-nya ini.

25. Pepsiman (1999)

Jauh sebelum game mobile hit Temple Run atau sejenisnya, adalah game keluaran rival Coca-Cola inilah yang memperkenalkan konsep endless runner-nya.

Memainkan sosok pria berbaju warna dasar Pepsi: Putih dan Biru, kita dituntut harus terus lari, lari, dan lari hingga mencapai garis akhir level-nya. Dan semakin meningkat level-nya, semakin ribet dan sulit saja rintangan yang kita hadapi.

24. Dragon Ball GT: Final Bout (1997)

Selain karena tampilan grafis 3-D kartuniknya yang super unyu, Final Bout memiliki sistem gameplay fighting yang super simpel.

Bahkan, untuk mengeluarkan jurus andalan seperti Kameha-meha nya pun, sangatlah mudah untuk diaplikasikan. Oh ya seperti biasa, jangan lupakan juga dengan storyline nya yang membuat kita serasa menyaksikan film atau seri orisinilnya.

23. Marvel Super Heroes (1997)

Sama hal-nya seperti Striker 1945, game fighting superhero Marvel ini, awalnya dirilis melalui format arcade atau mesin ding-dong.

JANGAN LEWATKAN •
Game Spyro Baru Sedang Dikembangkan?

Dirilis di arcade di tahun 1995, Marvel Super Heroes terbukti super hit. Maka gak heran jika kemudian game ini dirilis juga di PS1 2 tahun kemudian. Dan kerennya, baik main di arcade maupun PS1, keasyikan dan kekerenan experience mainnya, sama serunya.

22. Bishi Bashi Special 2 (1999)

Kayaknya bagi kita yang pernah main PS1, gak bakalan heran kenapa game ini termasuk game PS1 terkeren dan memorable sepanjang masa.

Game keluaran developer legendaris Konami ini, pada dasarnya ya kumpulan mini game yang dari umum hingga yang aneh-aneh. Bisa dimainkan secara individual tapi, lebih asyik dimainkan beramai-ramai.

Pokoknya kalau main game ini, siap-siap saja suara kita bakalan habis karena selalu teriak seru nan gila-gilaan sendiri tiada henti.

21. ESPN Extreme Games (1995)

Game olahraga jalanan campur-campur ini, merupakan salah satu game launching PS1. Di game ini kita bisa memilih untuk berspeda, roller blade, skateboard.

Nah nantnya kita akan berlomba menuju garis finish namun dengan bermain “kotor”. Maksudnya, kita bisa menjegal atau “jorokin” peserta lain hingga terjatuh atau terluka.

Konsep inilah yang alhasil membuat game ini kala itu nge-hit dan begitu diingat hingga detik ini.

20. Final Fantasy 8 (1999)

Memang secara gameplay dan semua-semuanya, adalah Final Fantasy 7 (1997). Tapi secara grafis dan improvement semua-semuanya, ya game ke-8 ini yang paling keren.

Lebih luwes dan lebih terlihat indah baik di kedua mata maupun kedua tangan kita ketika memainkannya.

19. Street Fighter Alpha 3 (1998)

Sub-seri Street Fighter, Street Fighter Alpha, pertama kali diperkenalkan di tahun 1995. Dan memang, sub seri ini sukses ketika diluncurkan.

Namun tetap saja adalah seri ketiganya yang paling terbaik. Selain roster karakter yang lebih banyak, adalah Alpha 3 yang pertama kali memperkenalkan tiga gaya tarung berbeda bagi masing-masing karakter petarungnya

Yang alhasil, tidak hanya memberikan experience main yang lebih asyik, namun juga kian menyegarkan franchise game tarung legendaris ini.

18. WWF Smackdown! 2: Know Your Role (2000)

Balik ketika program gulat hiburan WWF (sekarang WWE), Smackdown! lagi booming-booming nya, maka begitu juga adaptasi video game-nya.

Game WWF Smackdown! pertama yang juga dirilis di tahun 2000, gak dipungkiri sukses merombak seluruh sistem game pro-wrestling. Tapi adalah game keduanya inilah yang kian memantapkan.

JANGAN LEWATKAN •
Nostalgia! 5 Game Perusak Stik yang Populer di Masanya!

Jauh lebih rapih dari segala aspek, dan juga lebih beragam mode-mode game-nya. Jujur karena gue kala itu (well, sampai sekarang juga) lagi gila-gilanya sama program Smackdown, alhasil gue setiap hari berjam-jam memainkan game-nya ini juga.

17. Megaman X4 (1997)

Seri Megaman X gak dipungkiri adalah seri franchise Megaman yang paling asyik. Cuma jalan, tembak musuh di hadapan sampai menuju stage akhir.

Well memang semua game Megaman dari dulu seperti ini. Tapi adalah seri X yang entah mengapa jauh lebih simpel dan fun banget.

Sei Mega Man X sudah ada semenjak awal 1994. Namun tetap saja adalah seri keempatnya inilah yang terlihat dan terasa jauh lebih sempurna.

Sehingga, tak heran jika game ini lantas gue nobatkan sebagai game PS1 terkeren dan memorable sepanjang masa.

16. Bloody Roar 2: Bringer of the New Age (1999)

Sama hal-nya seperti Tekken ke Tekken 2 atau Virtua Fighter ke Virtua Fighter 2, maka hal yang sama juga bisa dikatakan terhadap game fighting animalistik ini.

Bloody Roar 2 baik secara grafis maupun gameplay, jauh lebih indah dan luwes. Animasi transformasi karakternya menjadi binatang pun jauh lebih simpel. Oh ya, jangan lupa juga dengan tombol kombinasi special move yang juga jauh lebih gampang dioperasikan.

15. World Cup 98 (1998)

Bagi gue pribadi, gak ada event piala dunia sepak bola (World Cup) yang paling hype selain perhelatan tahun 1998.

Kalau kita masih ingat banget, kala itu mulai dari maskot hingga lagu temanya, hit banget. Sehingga, gak heran jika adapatsi video game-nya inipun juga hit banget ketik dirilis.

Namun bukan semata karena hype-nya saja sih guys. World Cup 98 keluaran EA Sports ini memang pada dasarnya, adalah game sepak bola EA yang smooth dan asyik banget.

Gak kaku, realistis, dan memiliki tampilan atmosfir yang realistis seperti menyaksikan babak piala dunia di televisi kala itu.

14. Rival Schools: United by Fate (1998)

Game fighting keluaran Capcom ini, pada dasarnya adalah versi game dari tawuran sekolah.

Masing-masing karakter dari masing-masing sekolah saling bertarung satu sama lain untuk mengungkapkan dalang dibalik penculikan beberapa murid dan staf sekolah yang ada di kota Aoharu.

JANGAN LEWATKAN •
7 Game PS1 Yang Perlu Dapatkan Remake di PS5

Game ini memiliki feel Street Fighter dan game-game tarung milik SNK. Atau dengan kata lain, hanya memiliki dua tombol perintah pukul dan dua tombol perintah tendang.

Walau Rival Schools sekali lagi seperti game-game berantem kebanyakan, tapi tetap saja terasa asyik dimainkan berulang-ulang kali.

13. Syphon Filter 2 (2000)

Ketika game pertamanya dirilis di tahun 1999, game stealth-action ini langsung hit. Karena Syphon Filter menampilkan game konspirasi mata-mata yang realistis.

Mau itu storyline, misi, tampilan senjata, bahkan flack jacket (jaket anti peluru) nya pun benar-benar terlihat seperti di dunia nyata. Nah kesempurnaan tersebut kian dimantapkan di sekuelnya.

Selain tampilan grafis dan feel gameplay yang lebih oke, di game keduanya ini kita akhirnya bisa memainkan Lian selain tentunya, si karakter utama, Gabe Logan.

12. Popstar Maker (2001)

Gue yakin pasti cuma sedikit dari kita yang tahu bahkan, memainkan game musik ini. Popstar Maker diproduksi oleh Teque Interactive dan kala itu, memang hanya dirilis di Eropa saja atau yang berformat PAL.

Pada dasarnya di game ini kita menjadi manajer sekaligus produser grup pop yang beranggotakan pria dan wanita (seperti grup Steps atau Vengaboys di dekade 90an).

Nah kita nantinya harus membeli dan me-mix lagu, lalu mengatur jadwal latihan, konser, dan bahkan perilisan album dan single-nya. Memang bukan game yang sempurna. Tapi bagi kita yang suka musik banget, Popstar Maker dijamin bikin ketagihan.

11. Dino Crisis 2 (2000)

Game ini pada dasarnya, Resident Evil tapi musuhnya adalah dinosaurus. Dengan konsep tersebut plus, karakter utama Regina yang eye-catchy, gak heran game pertamanya kala itu langsung sukses.

Walau demikian, adalah sekuelnya ini yang justru jauh lebih sukses. Mulai dari tampilan grafis (terutama dinosaurus-nya) hingga controller-nya yang jauh lebih luwes, Dino Crisis 2 tak dipungkiri jauh lebih asyik dimainkan.

10. Tekken 3 (1998)

Beberapa bulan sebelumnya gue pernah mengatakan kalau gue jauh lebih suka Tekken 2 daripada Tekken 3.

Tapi di saat yang sama, gue akuin untuk game Tekken PS1 paling keren dan memorable sepanjang masa, ya tetap Tekken 3.

Selain aspek grafis dan gameplay yang kian luwes dan berkembang, Tekken 3 juga memiliki ragam karakter dan mode. Tentunya salah satu mode yang paling asyik di game ini adalah mode main bola voli unik, Tekken Ball.

9. Twisted Metal 2 (1996)

Ketika Twisted Metal pertama dirilis di tahun 1995, game ini langsung hit. Hal ini karena konsep permainannya yang super simpel. Pilih kendaraan karakter, lalu tembak mobil lawan kita.

JANGAN LEWATKAN •
5 Gadis Harvest Moon Back to Nature yang Bisa Kamu Nikahi!

Nah sekuelnya ini pada dasarnya masih memiliki konsep serupa. Tapi kini, lebih banyak menampilkan varian level, musuh, dan senjatanya sehingga membuat game-nya kian asyuk untuk dimainkan berjam-jam.

8. Silent Hill (1999)

Di kala game horor kala itu masih didominasi oleh: Resident Evil dan Clock Tower, tanpa angin dan tanpa hujan, Konami langsung mengeluarkan Silent Hill.

Dan Bisa dikatakan beruntung banget sih Konami mengeluarkan game ini. Karena Silent Hill langsung meroket di pasaran.

Tidak hanya dikarenakan tampilan grafis 3-D nya yang fantastis dan gameplay yang mengasyikan, namun juga dikarenakan atmosfir horornya yang sukses mengganggu otak, mata, dan juga psikologis kita.

7. Crash Team Racing (CTR) (1999)

Kala itu, banyak gamer dan fans yang skeptis banget kalau game ini bakalan sukses. Karena sosok sekaligus franchise Crash Bandicoot memang lebih dikenal sebagai franchise platforming-adventure.

Belum lagi kala itu game ini dianggap usaha untuk “ngopi” hit Nintendo 64, Mario Kart 64 (1996). Tapi kesemua ini berhasil dipatahkan ketika CTR akhirnya dirilis.

Walau memang secara konsep mengikuti Mario Kart 64 dan game-game balap sejenis, namun CTR sukses berada di jalurnya sendiri. Tidak hanya karakter dan variasi senjatanya yang unik, namun juga dikarenakan storyline-nya yang sangat fun dan engaging.

6. Resident Evil 3: Nemesis (1999)

Terlepas banyak dari kamu yang menganggap Resident Evil 2 (1998) sebagai game Resident Evil PS1 terkeren dan memorable sepanjang masa, gue justru sebaliknya.

Spesifiknya vagi gue, Resident Evil 3: Nemesis lah yang pantas lebih pantas memegang tahta tersebut. Selain lebis luwes dan enak, adalah sosok si villain utama, Nemesis, yang sukses menjadi villain RE terbaik dan terseram sepanjang masa.

5. Gran Turismo 2 (1999)

Selain dikarenakan perkembangan di aspek grafis, Gran Turismo 2 juga lebih banyak memiliki lap yang jauh lebih menantang (Laguna Seca I will never forget you!) dan jumlah mobil yang bisa kita jual, beli, dan gunakan.

Belum lagi, kumpulan soundtrack-nya juga asyik-asyik nan lebih memacu adrenalin kita ketika sedang melakukan balap mobil virtual-nya.

JANGAN LEWATKAN •
Konami Menolak Sebut Metal Gear Survive Sebagai Game Cari Duit

4. Spyro the Dragon (1998)

Walau memiliki 2 sekuel: Spyro 2: Ripto’s Rage! (1999) dan Spyro: Year of the Dragon (2000) yang tentunya jauh lebih berkembang, bagi gue tetap game orisinilnya yang paling the best.

Kenapa? Spyro the Dragon masih jauh lebih simpel semuanya. Misinya, grafis 3-D nya yang masih terlihat “tebal”, pokoknya semuanya masih simpel banget. Alhasil membuat experience selama bermain juga jauh lebih santai dan gampang saja.

3. Medal of Honor: Underground (2000)

Medal of Honor (1999) gak dipungkiri sukses merevolusi game bertemakan perang dunia 2 (World War 2) dengan konsep storyline dan gameplay layaknya film-film PD2 seperti, Saving Private Ryan (1998).

Dan keduan aspek tersebut kian menjadi keren melalui sekuelnya ini. Selain itu Underground juga memiliki feel yang lebih tegang di sepanjang misi-misinya.

2. Crash Bandicoot: Warped (1998)

Pada dasarnya dua game Crash Bandicoot sebelumnya juga sama asyik dan serunya. Tapi memang adalah game ketiganya ini yang jauh lebih enteng, colorful, dan variatif.

Dan tentunya, Warped juga memiliki nilai main ulang (replay value) yang sangat tinggi. Pokoknya semua level-nya mau kita main-mainkan ulang hingga 10 kali pun, gak akan bosan sama sekali.

1. Metal Gear Solid (1998)

Dan inilah game PS1 terkeren dan memorable sepanjang masa nomor wahid versi gue. Bahkan mungkin, versi beberapa dari kalian juga. Dan gak salah banget jika game action-stealth ini menjadi juara console PS1.

Realistis. Ya itulah 1 kata yang bisa merangkum kekerenan game si Solid Snake (David Hayter) ini. Gameplay game ini benar-benar revolusi di eranya. Bayangkan saja, ada tidak dulu game yang ketika melawan bos-nya, mengharuskan kita mencabut kabel controller kita secara nyata?

Aspek realistis lain juga tentunya pada bagian stealth-nya itu. Bersembunyi di dalam kotak / box yang gak sesuai dengan sikon level, langsung ketahuan oleh musuh. Dan juga tentunya aspek-aspek realita lainnya yang gak kalah kerennya.

Intinya dikarenakan semua itu, alhasil gak salah jika Metal Gear Solid gue nobatkan sebagai game PS1 terkeren dan memorable sepanjang masa.

Bagaimana guys? Setujukah dengan daftar ini? Dan dari 30 game yang ada di daftar, game PS1 manakah yang kalian anggap keren banget?