Advokasi Muslim Amerika Serikat Desak Sony, Valve Dan Microsoft Larang Perilisan Game Six Days In Fallujah!

in , ,
Kontroversi Six Days In Fallujah
Kontroversi Six Days In Fallujah | Highwire Games

Kontroversi Six Days In Fallujah hingga sampai saat ini tampaknya masih terus bergulir dan terus semakin besar saja. Setelah sebelumnya batal rilis oleh Konami pada tahun 2010 silam karena memang tuai berbagai kontroversi. Namun, 10 tahun kemudian game satu ini kembali muncul ke permukaan melalui Highwire Games.

Bagi kalian yang ketinggalan informasi, Six Days in Fallujah sendiri adalah game FPS yang mengangkat kisah nyata tentang perang kedua di kota Fallujah, Irak.

Game ini merujuk pda gencatan senjata antara Amerika Serikat, Inggris, dan Irak dengan militan dari kelompok Al-Qaeda. Terdapat sekitar 2000 orang menjadi korban dalam perang tersebut.

Kontroversi Six Days in Fallujah

Saat ini, Highwire Games akan mengambil peran untuk meracik game ini setelah sempat batal rilis oleh Konami pada tahun 2010 silam. Game satu ini sendiri rencananya akan rilis pada tahun ini juga. Terlepas dari itu semua, ternyata tidak berbeda dengan Konami, perilisan game Six Days in Fallujah besutan Highwire Games juga tuai kontroversi.

JANGAN LEWATKAN •
Spesifkasi PC Memainkan Game Spellbreak, Game Battle Royale Dengan Nuansa Sihir Yang Memukau!

Council on American-Islamic Relations (CAIR), badan hak dan advokasi Muslim Amerika Serikat meminta Sony, Microsoft dan Valve untuk menolak distribusi dari game tersebut. Pihak CAIR ini menganggap mengagungkan kekerasan terhadap kaum Muslim dan juga perang yang terjadi di Iraq tersebut. 

Grup Advokasi Muslim menganggap bahwa game tersebut adalah simulator pembunuhan orang Arab. Selain itu, mereka menganggap bahwa seharusnya video gameh arus berhenti merendahkan kaum Muslim. 

Game Six Days in Fallujah hanya berfungsi untuk mengagungkan kekerasan yang merenggut ratusan nyawa masyarakat Irak, membenarkan perang Irak, dan memperkuat sentimen anti-Muslim.

JANGAN LEWATKAN •
7 Daftar Game Keren Yang Siap Rilis Pada Mei 2021

Tanggapan Highwire Games

Kontroversi Six Days Iin Fallujah
Kontroversi Six Days Iin Fallujah | Highwire Games

Selaku pengembang dari game ini, Highwire Games mengatakan bahwa game yang mereka garap ialah game yang serius dalam menceritakan tragedi yang terjadi selama perang Fallujah.

Namun banyak orang yang menganggap game tersebut sebagai game yang lagi-lagi pro-Amerika dan menggambarkan mereka sebagai pahlawan dalam cerita.

Berdasarkan informasi yang ada, sebenarnya game ini sudah dikembangkan sejak 2016 silam, hanya saja baru terealisasikan pada tahun ini. Untuk jadwal rilis dari game ini, belum ada informasi lebih lanjut kapan Six Days in Fallujah akan resmi rilis.

Bagaimana pandangan kalian mengenai kontroversi Six Days in Fallujah ini? Jangan sungkan untuk berbagi opini bersama kami melalui kolom komentar dibawah ya. Oh ya, agar kalian tidak ketinggalan informasi dan konten menarik lainnya dari kami, pastikan kalian kunjungi terus Dafunda Game ya!