Inilah 5 Akuisisi Termahal Dalam Industri Game

in ,
5 Akuisisi Termahal Dalam Industri Game
5 Akuisisi Termahal Dalam Industri Game

Akuisisi perusahaan saat ini merupakan istilah yang sudah umum banyak kita dengar. Dalam industri apapun kegiatan pengakuisisian perusahaan adalah hal besar dalam sebuah industri. Industri game merupakan salah satu industri yang sangat berpotensi menghasilkan banyak keuntungan. Bahkan, ada beberapa akuisisi termahal yang pernah terjadi dalam industri game.

Nilainya dari setiap akuisi ini sudah di atas USD 1 Miliar. Tentunya dengan angka tersebut menegaskan bahwa industri game adalah satu industri terbesar selain teknologi, entertainment, dan industri lainnya.

Nah, kali ini Dafunda Game telah merangkum 5 akuisisi termahal dalam sejarah industri game. Mau tahu apa aja? Sebaiknya kalian harus simak artikel ini sampai habis.

5 Akuisisi Termahal Dalam Industri Game

1. Akuisisi Facebook atas Oculus VR

Oculus Vr 1
Oculus VR | oculus.com

Pada tahun 2014 lalu industri game pernah heboh karena akuisisi Facebook atas Okulus VR. Nah, pada tahun tersebut Facebook membeli Okulus VR dengan harga USD 2 Miliar yang menjadikan akusisi tersebut salah satu yang termahal hingga saat ini.

Pembayaran Facebook terhadap Oculus ini menggunakan dua cara. Pertama, menggunakan pembayaran secara cash sebesar USD 400 juta dan kedua melalui saham sebanyak 23,1 juta lembar saham Facebook.

2. Akuisisi Microsoft Atas Mojang

Mojang 1
Mojang | mojang.com

Mojang merupakan developer dari game Minecraft yang saat ini terus populer. Microsoft membeli Mojang pada tahun 2014 dengan biaya USD 2,5 Miliar. Angka yang sangat fantastis bagi sebuah developer kecil pada tahun tersebut. Sehingga pembelian termasuk dalam salah satu akuisisi termahal dalam sejarah industri game.

JANGAN LEWATKAN •
Jangan Lewatkan, Ini Dia Game Gratis dari Xbox yang Mungkin Tidak Kamu Dapatkan Lagi!

Pembelian yang Microsoft lakukan ini tidak sia-sia. Terbukti dengan kepopuleran Minecraft yang saat ini terus meningkat. Selain itu, jumlah pemain dari Minecraft merupakan salah satu yang terbanyak sampai saat ini.

3. Akuisisi Activision Blizzad Atas King

King 1
King | king.com

Selanjutnya pada urutan ke 3 untuk akuisisi termahal industri game datang dari Activison Blizzard atas King. Akuisisi ini berlangsung pada tahun 2015 yang lalu dengan harga USD 5,9 Milliar. Dana yang sangat besar untuk akuisisi sebuah developer game mobile.

Bagi kalian yang belum tahu terhadap King, mereka ini adalah developer dari beberapa game mobile yang terkenal. Contohnya seperti Candy Crush Saga dan Crash Bandycoot: On The Run. Bahkan, tahun 2014 game-nya Candy Crush Saga memiliki jumlah pemain aktif bulanan mencapai 150 juta orang.

4. Akuisi Microsoft Atas ZeniMax Media

Zenimax Media
Zenimax Media | Zenimax.com

Yang terbaru dan mungkin sudah banyak kalian dengar, yaitu akuisisi Microsoft atas ZeniMax Media. Microsoft membeli ZeniMax Media yang merupakan induk beberapa studio game seperti Bethesda Softwork dan Tango Games dengan harga USD 7,5 Milliar. Sehingga menjadikan akuisisi termahal dalam industri berikutnya setelah Activision atas king.

JANGAN LEWATKAN •
Facebook Gaming Akan Resmi di Indonesia, Main Game Dibayar 100 Juta

Dengan akuisisi ini, Microsoft berhak mendapatkan beberapa game unggulan dari ZeniMax Media, seperti The Elder Scroll Series, The Evil Within Series, Fallout, Doom, dan lain-lain. Tidak hanya itu, game-game tersebut akan menambah daftar game yang akan terdapat dalam Xbox Game Pass.

5. Akuisisi Tencent Atas Supercell 

Supercell
Supercell | supercell.com

Akuisisi termahal dalam industri game yang terakhir datang dari Tencent atas Supercell. Akuisi ini terjadi pada tahun 2016 lalu, Tencent membeli developer game Clash of Clans ini dengan uang sebesar USD 8,6 Milliar, membuatnya menjadi akuisisi termahal.

Supercell sendiri dulunya sangat untung besar ketika game Clash of Clans masih menjadi raja dalam game mobile. Hingga saat ini mereka telah membuat banyak game lainnya seperti Clash Royale dan Brawl Stars.

Nah, itulah 5 akuisisi termahal yang pernah terjadi dalam industri game. Menurutmu apakah akan ada akuisisi termahal lainnya yang akan menjadi rekor baru?