AndroidGameiOSMobileTips

Apa Hukum Main FF Dalam Islam? Begini Penjelasannya!

Apa hukum main FF dalam islam? Buat kalian yang ingin tahu penjelasannya, sebaiknya kalian simak artikel ini sampai habis, ya!

Apa hukum main FF dalam islam sekarang menjadi pertanyaan yang begitu viral di kalangan para pemain Free Fire. Ya, di bulan Ramadhan ini, banyak anak-anak dan remaja yang menghabiskan waktunya untuk bermain Free Fire. Nah, maka dari itu, muncullah pertanyaan tersebut.

Terkait pertanyaan di atas, sebenarnya game Free Fire sempat menjadi kontroversi dalam beberapa tahun belakangan ini. Beberapa pihak menganggap bahwa game Free Fire melanggar prinsip-prinsip Islam dan seharusnya dihindari.

Apakah benar-benar tidak diperbolehkan bermain game FF di Indonesia? Untuk mengetahui kebenarannya, kita perlu mencari informasi yang valid melalui pembahasan lengkap dalam artikel ini.

Nah, pada pembahasan kali ini, Dafunda Game akan membahas mengenai apa hukum bermain FF dalam islam. Untuk kalian yang ingin mengetahuinya, sebaiknya kalian simak artikel ini sampai habis, ya!

BACA JUGA :

Apa Hukum Main FF Dalam Islam?

Apa-hukum-main-ff-dalam-islam
Free Fire | Garena

Apakah bermain game Free Fire dianggap haram? Banyak berita dan rumor yang menyebutkan bahwa game ini diharamkan karena beberapa alasan. Salah satu alasannya adalah karena game Free Fire dikaitkan dengan kasus terorisme yang terjadi di Christchurch, Selandia Baru pada tahun 2019.

Sebuah video pendek tentang seorang anak kecil yang berdoa dengan gerakan push up ala permainan FF menjadi sangat populer. Banyak pihak yang bereaksi terhadap kejadian tersebut dan menyalahkan game Free Fire sebagai penyebabnya.

Dengan demikian, MPU atau Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh telah menyatakan bahwa permainan FF adalah haram untuk dimainkan dan keputusan ini diumumkan pada tanggal 17-19 Juni 2019 dan berlaku di wilayah Aceh. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa game mobile Free Fire dinyatakan haram di Aceh.

Kabar mengenai larangan bermain game Free Fire semakin tersebar luas setelah dua lembaga pemerintahan mengeluarkan pernyataan yang sama. Agar lebih memahami, berikut adalah penjelasan mengenai kedua lembaga tersebut:

Lembaga Majelis Ulama Indonesia (MUI) sedang merencanakan untuk mengeluarkan fatwa yang menyatakan bahwa game mobile Free Fire adalah haram. Namun, banyak yang menolak karena tidak ada riset yang menjadi dasar untuk pendapat tersebut.

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh memiliki pandangan yang berbeda dengan MUI. Mereka telah mengeluarkan fatwa resmi yang menyatakan bahwa permainan mobile Free Fire dianggap haram dan berlaku di daerah Aceh sejak 19 Juni 2019.

Apa Penyebab Game FF Dianggap Haram?

Apa-hukum-main-ff-dalam-islam-1
Free Fire | Garena

MPU Aceh sendiri menjelaskan hukum main FF dalam islam dengan beberapa alasannya. Alasan-alasan itulah yang kemudian yang membuat game mobile Free Fire dianggap haram untuk dimainkan. Berita ini menyebar dengan cepat karena beberapa faktor yang diyakini sebagai penyebabnya. :

1. Terdapat Adegan Kekerasan

Pertama, game Free Fire memiliki adegan kekerasan seperti pertempuran saling menembak yang bertentangan dengan ajaran agama Islam.

Game Free Fire adalah permainan yang didesain untuk menekankan pada pembunuhan lawan agar dapat bertahan hidup dan meraih kemenangan.

Kekhawatiran muncul mengenai kemungkinan anak-anak meniru adegan kekerasan yang ada dalam game Free Fire karena banyaknya tindakan kekerasan di dalamnya.

Banyak anak kecil yang bermain game FF menggunakan kata-kata kasar dan kotor yang seharusnya tidak mereka ucapkan.

Setelah memahami apakah game FF dinyatakan haram atau tidak berdasarkan informasi sebelumnya, penting untuk diketahui bahwa ada beberapa peristiwa lain yang juga dianggap sebagai alasan mengapa Free Fire dianggap haram untuk dimainkan di Indonesia.

Ada keraguan mengenai legalitas Game FF yang dipertanyakan oleh berbagai lembaga, terutama Kominfo. Hal ini disebabkan oleh rumor yang beredar bahwa game Free Fire belum terdaftar di PSE Kominfo sebelumnya.

2. Menghasilkan Ketergantungan pada Bermain Game FF yang Berakibat Generasi Muda Enggan Belajar

Dampak dari kecanduan bermain game FF adalah meningkatnya kekhawatiran terhadap generasi muda yang kemungkinan menjadi enggan untuk belajar.

Selanjutnya, terdapat video yang viral di media sosial mengenai gaya push up emotikon di Free Fire yang dilakukan oleh seorang anak kecil saat sedang sholat. Kejadian ini menjadi salah satu alasan utama mengapa Free Fire akan diblokir.

Pernyataan terakhir terkait dengan peristiwa terorisme di Christchurch, Selandia Baru. Sebagai tanggapan, MPU Aceh mengeluarkan fatwa yang menyatakan bahwa bermain game Free Fire adalah haram.

Apa Hukum Main FF Dalam Islam Dari MPU Aceh Membuat Game FF Haram Untuk Dimainkan?

Apa-hukum-main-ff-dalam-islam-2
Free Fire | Garena

Nah, yang jadi pertanyaan, apakah keputusan game FF haram dari MPU Aceh ini membuat game FF tak boleh dimainkan? Perlu diketahui, keputusan MPU Aceh ini sifatnya hanya berlaku untuk wilayah Provinsi Aceh saja. Sedangkan, di luar provinsi tersebut, Free Fire dapat dengan bebas dimainkan.

Namun, keputusan dari MPU Aceh yang menyebut game FF haram ini masih terus diperdebatkan hingga sekarang. Sebenarnya, jika game Free Fire kita mainkan secara sehat tanpa berlebihan, game ini cukup bagus sebagai hiburan.

Apalagi jika berbakat, para pemain pun bisa mengikuti turnamen-turnamen tingkat nasional yang justru akan membuat kegiatan bermain game FF ini positif untuk dilakukan. Pesannya adalah, jangan berlebihan dalam bermain game FF di bulan Ramadhan ini. Tetaplah ingat waktu dan pastikan jaga sholat kalian, ya!

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai Apa Hukum Main FF Dalam Islam. Gimana pendapat kamu mengenai artikel ini? Jangan lupa komentar di bawah ya. Kunjungi terus Dafunda Game agar kamu tidak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar Tips Free Fire dari kami.

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.
Enable Notifications OK No thanks