Berita GameGameMobile

Apakah Bermain Free Fire Membatalkan Puasa?

Apakah Bermain Free Fire Membatalkan Puasa tengah banyak dipertanyakan oleh para pemain Free Fire saat ini. Pasalnya, saat ini kita sudah memasuki bulan Ramadhan, dimana kita dituntut untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Selama menjalankan ibadah puasa, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan.

Contohnya seperti harus menahan hawa nafsu makan dan minum, menahan amarah, dan masih banyak lagi. Belakangan ini banyak orang yang bertanya mengenai bagaimana hukum bermain game online seperti Free Fire. Apakah bersifat membatalkan juga atau tidak.

Apalagi beberapa waktu sebelumnya juga disinggung bahwa game Free Fire adalah game yang haram untuk dimainkan. Sehingga, banyak orang yang bingung terkait hukum bermain game saat puasa. Nah, untuk itu, Dafunda Game akan membahas tersebut dalam artikel kali ini.

Apakah Bermain Free Fire (FF) Membatalkan Puasa?

Apakah Bermain Free Fire Membatalkan Puasa 2
Free Fire | Garena

Melansir dari GGWP, terkait hukum bermain Free Fire saat puasa sama persis dengan game online lainnya. Mengutip pernyataan dari Mahbub Maafi dari PBNU mengatakan bahwa sebuah game dapat dikatakan makruh atau haram apabila game tersebut membawa dampak negatif.

Selected for you
200+ Nama FF Keren Old yang Belum Dipakai Tahun 2023

Pendapat dari Mahbub Maafi tersebut didasarkan pada kitab al-Figh al-Manhaj. Ia mengambil referensi permainan catur dalam hal ini, dimana menurutnya catur memiliki manfaatr untuk mengasah pikiran. Tapi, apabila dimainkan secara berlebihan hingga sampai lupa waktu, permainan catur hukumnya bisa bersifat makruh atau haram.

Beliau juga berpendapat lebih jauh, bahwa dalam kitab Fiqhu al-Lahwi wa al-Tarwihii disebutkan bahwa apabila ada game yang memiliki konten seksualitas, menampilkan aurat tubuh wanita, dan romantisme sudah jelas bahwa game tersebut haram untuk dimainkan saat bulan puasa.

Baca Juga :

Kesimpulan

Apakah Bermain Free Fire Membatalkan Puasa 1
Free Fire | Garena

Terus, apakah bermain Free Fire membatalkan puasa? Dari apa yang disampaikan oleh Mahbub Maafi dapat diambil kesimpulan bahwa bermain Free Fire di bulan puasa boleh-boleh saja. Asalkan saat kita bermain tidak boleh berlebihan, sehingga melalaikan kewajiban seperti bekerja dan beribadah.

Mengingat bermain game acapkali membuat pelakunya menjadi pemalas dan turun etos kerjanya, maka kami cenderung untuk memakruhkan bermain game saat menjalankan ibadah puasa

Ucap Mahbub Maafi

Lebih lanjut, menurut beliau lebih baik saat berpuasa kita mengindari game online utamanya yang memiliki konten negatif di dalamnya seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

Yang paling aman adalah semestinya kita menghindari bermain game saat menjalankan ibadah puasa. Apalagi game yang mengandung konten negatif

Tutup Mahbub Maafi

Akhir Kata

Jadi seperti itulah pembahasan mengenai apakah bermain Free Fire membatalkan puasa atau tidak. Kami menyarankan agar kalian tidak berlebihan saat bermain game online saat berpuasa. Jangan lupa untuk menjalankan kewajiban beribadah di bulan yang penuh berkah ini.

Selected for you
Free Fire 3volution, Download dan Mainkan Sekarang Juga

Gimana pendapat kalian mengenai hal ini? Jangan lupa komentar di bawah ya. Kunjungi terus Dafunda Game agar kalian tidak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar Tips Free Fire dari kami.

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications