Rindu Game Jadul? Ini 5 Emulator Terbaik yang Bisa Membuatmu Bernostalgia!

in
6cf4c2d3e6d63adc7187514cd417eb47 Flat Illustration Vector Illustrations

Apa kamu kangen dengan game jadul? Kangen ingin mengenang keseruan bermain game pada jaman dulu? Atau ingin memperkenalkan game yang kamu mainkan pada jaman dulu ke generasi saat ini? Sekarang game jadul yang dulu sering kita mainkan memang sudah tidak lagi diproduksi, beberapa game jadul sudah mulai langka untuk kita lihat kembali. Namun seiring berkembangnya jaman, orang-orang mulai menciptakan sebuah emulator yang dapat memainkan game jadul tersebut. Dengan emulator ini akan mengobati rasa kangen bermain game pada  jaman dulu.

1. My Boy!

Dengan emulator ini kamu bisa memainkan game-game dari konsol Game Boy Advance atau GBA yang mana pada konsol ini banyak sekali game ikonik pada masanya seperti Final fantasy, Harvest Moon, Pokemon, Zelda dan lain-lain.

Emulator ini dapat dimainkan dengan sangat lancar di android dengan begitu kita dapat memainkannya di mana pun dan kapan pun. Ada dua versi untuk emulator ini, versi gratis dan berbayar, sayangnya pada versi gratis ini ada beberapa fitur yang dibatasi, dan untuk mendapatkan keseluruhan fiturnya kamu bisa menggunakan versi berbayar dengan harga (Rp 68.000 di Playstore saat artikel ini ditulis).


2. ePXSe

Siapa yang tidak kenal dengan konsol legendaris yang satu ini? Konsol yang paling populer pada masanya ini merupakan konsol generasi pertama dari Playstation yaitu Playstation One atau biasanya orang menyebutnya PS1. Konsol terbaik pada masanya ini menyimpan berbagai macam kenangan, bagi kalian yang lahir tahun 90an pasti akan sangat kangen dengan masa di mana kalian bermain game pada PS1 ini bersama teman-teman kalian. Beberapa game yang terkenal seperti CTR, Harvest Moon, Final Fantasy, Digimon dan lain lain.

Menurut penulis emulator yang paling cocok untuk memainkan game konsol ini adalah ePSXe karena emulator ini fiturnya sangat lengkap, mudah dan dapat memainkan gamenya dengan sangat stabil dan lancar, emulator ini dapat di mainkan di PC maupun android namun untuk memainkannya pada versi android kamu harus membayarnya dengan harga (Rp 49.404 di Playstore saat artikel ini dibuat).


3. PCSX2

Adik dari Playstation One ini merupakan generasi kedua dari Playstation yang sering kita jumpai pada tempat rental jaman dulu dan pasti kalian masih ingat game yang paling sering dimainkan di rental, ya benar itu adalah game GTA San Andreas dan PES yang merupakan game sejuta umat pada masanya. Konsol yang cukup membuat kita sering lupa waktu dan pasti sangat memorable ini tidak cepat membuat kita merasa bosan untuk memainkannya.

Sekarang kita sudah bisa kembali ke jaman di mana konsol ini berjaya pada masanya dengan menggunakan emulator PCSX2. Menurut pengalaman penulis, emulator ini masih yang paling stabil untuk memaikan game konsol PS2 dan masih selalu update untuk membuat emulator ini semakin lancar, emulator ini hanya dapat dimainkan di PC, untuk android penulis belum menemukan emulator yang cocok untuk memainkan game konsol PS2 ini.


4. Dolphin

Emulator Dolphin adalah emulator yang bisa menjalankan game Nintendo Wii dan Gamecube di PC maupun Android. Namun penulis menyarankan agar lebih memainkan emulator ini di PC karena pada versi android masih belum stabil dan masih ngelag.

Nintendo Wii merupakan konsol yang menggunakan kontroler seperti remote, Nintendo memang selalu mengeluarkan konsol yang unik-unik dan pada emulatornya kita dapat menggunakan kontroler tersebut dengan menggunakan mouse dan keyboard. Emulator ini memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan dan yang paling penting emulator ini bisa kalian mainkan secara gratis.


5. PPSSPP

PSP adalah konsol portable keluaran dari Sony yang memang sudah tidak asing lagi, selain game yang bisa dibawa kemana-mana ini juga memiliki grafik yang hampir mirip dengan generasi kedua dari Playstation. Banyak sekali game yang memiliki grafik dan kualitas yang bagus seperti Final Fantasy VII Crisis Core, Kingdom Hearts Birth By Sleep, Tekken 6, Need For Speed dan masih banyak lagi.

Dengan grafik yang setara dengan PS2 ini bisa kamu mainkan di PC maupun Android dengan sangat lancar, ini merupakan emulator yang paling populer di android sekarang, karena dapat memainkan game dengan grafik yang ciamik. Emulator ini memiliki dua versi yaitu versi biasa atau gratis dan versi yang gold atau berbayar di PC maupun di android.


Itu dia 5 emulator terbaik yang dapat membuatmu bernostalgia, kami harap dengan adanya emulator ini bisa mengobati rasa kekangenan kalian untuk bisa mengingatkan kembali pada saat memainkan game jadul itu.

Editor: @muhammadfurqan
0/5 (0 Reviews)

Ayo mulai berdiksusi