GameGame ListPC & ConsolePlaystation

5 Fakta Game Resident Evil 2 PS1 Yang Tidak Kalian Tahu

Seri Resident Evil 2 semakin memperkuat tonggak kesuksesan franchise besutan Shinji Mikami bersama Capcom. Rilis pada Januari tahun 1998, sekuel pertama tersebut tergolong sangat sukses dari segi angka penjualan. Bahkan melampaui raihan game pertamanya dahulu.

Game yang kini sudah berusia 24 tahun (tidak menghitung versi remake tahun 2019) menyimpan sejumlah fakta menarik. Mungkin saja, kalian-kalian entah itu penggemar Resident Evil atau bukan sama sekali belum tahu mengenai fakta-fakta berikut.

Dalam artikel berikut, kami telah merangkum lima fakta menarik seputar game Resident Evil 2 versi PS1. Jadi tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita mulai kupas satu persatu sekarang juga.

Langsung Capcom Kerjakan Segera Setelah Rilisnya Resident Evil Pertama

Gamespot Capcom
Capcom langsung gercep bikin Resident Evil 2 | Gamespot

Pada tahun 90’an, survival horror menjadi salah satu genre game yang punya pasar cukup menjanjikan. Tentu saja SIlent Hill dari Konami lah yang membuat Capcom kepikiran untuk bikin game serupa juga. Dan… jadilah seri Resident Evil pertama yang rilis tahun 1996 silam.

Untuk mengerjakan sekuelnya, Capcom (terutama Shinji Mikami dan Hideki Kamiya) rasanya sangat yakin jika franchise ini nantinya akan sangat berkembang. Tidak butuh waktu lama, seri kedua ini pun langsung gercep mereka kerjakan sebulan pasca rilisnya seri Resident Evil pertama.

Versi Final Bukan Versi Awal Yang Capcom Kerjakan

Claire Redfield Capcom
Sudah dikembangkan lama, proyek Resident Evil 2 harus kembali dikerjakan ulang | Capcom

Meski sebetulnya Capcom sudah mengerjakan seri kedua ini sejak tahun 1996. Nyatanya, versi final yang rilis di tahun 1998 bukanlah versi yang mereka kerjakan sejak proses development awal. Loh, kok bisa?

Jadi, terdapat perbedaan pendapat antara Hideki Kamiya dan Shinji Mikami yang sama-sama mengerjakan game Resident Evil 2 ini. Mikami mengatakan jika ia sangat tidak puas dengan versi yang telah mereka kerjakan itu.

Dan karena Mikami memegang posisi Produser, maka akhirnya ia memutuskan untuk mengerjakan ulang Resident Evil 2 sekitar pertengahan menuju akhir tahun 1997 silam.

Hampir Tidak Ada Sisa Versi Awal di Versi Final

Capcom Resident Evil 2
Versi Final hampir tidak menggunakan asset dari versi awal | Bloody Disgusting

Karena terjadi perselisihan yang menyebabkan pengerjaan Resident Evil 2 harus dimulai lagi dari nol. Beberapa asset yang ada dalam versi pertama hampir sama sekali tidak mereka gunakan di versi finalnya.

asset-asset tersebut termasuk ide cerita, konsep character, latar tempat, termasuk varian-varian B.O.W yang ada. Meski begitu, ide-ide awal tersebut mereka godok ulang yang menjadikan konsep-konsep baru untuk hadir di versi final nya nanti.

Tidak Ada Claire Redfield Dan Ada Wong

Polygon Resident Evil 2
Claire dan Ada tidak ada di versi awal Resident Evil 2 | Polygon

Dalam versi finalnya, kita pasti tahu jika Claire Redfield dan Ada Wong menjadi salah satu playable character yang ada dalam sekuel pertama Resident Evil itu. Namun dalam versi awal, justru sebenarnya mereka berdua ini tidak pernah eksis. Bahkan sama sekali tidak ada dalam rencana dan pikiran orang-orang Capcom.

Claire dan Ada Wong sendiri adalah pengembangan ide dari karakter Elza Walker dan Linda yang ada di versi awalnya. Tidak hanya keduanya, sejumlah karakter yang ada di versi final juga tidak ada dalam versi sebelumnya. Seperti Sherry Birkin, Robert Kendo, dan Marvin Branagh.

5 Juta Keping Sudah Berhasil Capcom Jual Untuk Semua Versinya

Amazon Resident Evil 2
CD Resident Evil 2 | Amazon

Dengan biaya promosi yang mencapai 5 juta dollar, Capcom sepertinya tidak mengambil keputusan yang salah. Dengan biaya sebesar itu, mereka berhasil menjual 2 juta keping di masa-masa game tersebut baru rilis. Angka tersebut akhirnya melonjak menjadi 4,96 juta keping selama PS1 masih digemari gamer di masanya.

Saat era controller DualShock hadir, Capcom juga merilis versi Resident Evil 2 yang khusus untuk versi tersebut. Yang total penjualannya mencapai 810.000 keping. Jadi jika kita bulatkan, setidaknya game ini sudah terjual lebih dari 5 juta keping untuk semua versinya.


Yap, itulah tadi sejumlah fakta menarik game Resident Evil 2 PS1 yang mungkin belum kamu ketahui. Gimana nih tanggapan kalian?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap
and choose
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Safari
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.