GameGame List

10 Game Batman Yang Paling Seru dan Badass Sepanjang Masa

Berikut adalah 10 game Batman yang paling seru dan badass sepanjang masa. Terlepas kita suka banget dengan komik, film, maupun adaptasi animasinya. Namun tak memungkiri hal yang lebih asyik adalah ketika kita “menjadi” Batman melalui video game.

Ya siapa sih yang dari dulu gak pernah mengkhayal untuk beraksi sebagai si pahlawan Gotham ini? Dan sekali lagi untungnya media video game eksis. Sehingga, kitapun bisa mewujudkan fantasi fiksi sedari kecil tersebut.

game batman seru badass
Batman | Warner Bros

Nah semenjak perilisan Batman pada tahun 1986 di Amstrad CPC, kini sudah ada 20 lebih variasi game Batman. Beberapa berkualitas keren namun, beberapa yang lain juga berkualitas sangat mengecewakan.

Dan dari sekian banyak game-nya tersebut, berikut adalah 10 game Batman yang paling seru dan badass sepanjang masa. Ingat daftar ini bersifat SUBYEKTIF!

10. Batman: Rise of Sin Tzu (2003)

Game Batman yang paling seru dan badass sepanjang masa yang pertama adalah Batman: Rise of Sin Tzu. Game ini rilis melalui Xbox, PS2, GameCube, dan Game Boy Advance.

Batman: Rise of Sin Tzu pada dasarnya adalah game yang plotnya merupakan kelanjutan dari seri TV animasi Batman hit, The New Batman Adventures (1997-1999).

Namun uniknya walau merupakan kontinuitas seri tersebut, game ini justru menampilkan villain orisinil. Atau villain yang memang diciptakan untuk game-nya yaitu, Sin Tzu. Dikisahkan kalau Sin Tzu dalam game ini memiliki misi spesifik.

Yaitu, ia ingin mencari dan melawan individu yang sangat kuat. Tentunya dengan misinya ini, iapun otomatis bertemu dan melawan Batman. Game ini ber-genre Beat em’ up yang tak ayal merupakan salah satu genre game yang sangat fun.

Selain bisa main sendiri, kita juga bisa bermain bersama 3 teman kita yang lain. Spesifiknya ketiga teman kita yang lain tersebut bisa menggunakan Nightwing, Robin (Tim Drake), dan Batgirl. Selain fun, Batman: Rise of Sin Tzu juga memiliki level yang lumayan menantang.

Selected for you
Bukan Ketakutan, Simbol Batman Robert Pattinson Lambangkan Rasa Sakit

9. Batman Returns (1993)

Game Batman yang paling seru dan badass sepanjang masa selanjutnya adalah game yang diadaptasi dari film berjudul sama yang rilis pada tahun 1992 ini. Game ini merupakan versi Super Nintendo (SNES).

Selain ber-genre Beat em’ up, juga plot dari game ini benar-benar mengikuti (baca: copy-paste) alur plot filmnya. Hal ini ditambah lagi dengan tampilan grafis 16-Bit yang hingga kini masih terlihat oke saja atau gak kuno-kuno banget.

8. Batman: The Video Game (1990)

Kalau kita pikir game ini rilis di console Nintendo Entertaiment System (NES) yang berformat 8-Bit. Namun gokilnya dengan segala keterbatasan console-nya ini, game ini terlihat sangat keren baik secara grafis maupun gameplay hingga detik ini.

Game petualangannya sangat adiktif. Pokoknya kalau kamu dulu suka main game klasik NES seperti Ninja Gaiden, pastinya bakalan suka banget sih dengan game yang diadaptasi dari film Batman (1989) ini.

7. The Adventures of Batman and Robin (1994)

Tak memungkiri kalau seri Batman: The Animated Series pada tahun 1993-1994 merupakan salah satu seri animasi yang paling hit di televisi.

Alhasil gak heran jika kemudian seri ini memiliki beberapa adaptasi video game-nya. Namun dari semua, adalah adaptasi game ini yang paling hit hingga detik ini. Secara kualitas mungkin memang masih ada 1-2 kekurangannya.

Namun gak memungkiri sekali lagi kalau game ini merupakan ekstensi oke dan mengasyikan bagi seluruh fans Batman: The Animated Series.

6. Batman Begins (2005)

Nah gue yakin kalau game Batman inilah yang banyak dari kita telah mainkan. Pasalnya game ini kala itu rilis 1 hari sebelum filmnya.

Selected for you
GOKIL! Jumlah Penonton DC Fandome Naik Tiga Kali Lipat Dari Tahun 2020

Selain itu game ini kala itu juga rilis di console sejuta umat Playstation 2 (PS2). Namun selain 2 faktor yang sudah sangat jelas tersebut, faktor lain yang membuat game ini keren adalah keseluruhan gameplay-nya.

Pasalnya Batman Begins adalah game Batman pertama yang mengedepankan aspek menyelinap diam-diam alias stealth. Yang mana, aspek ini belum pernah menjadi highlight utama dalam game-game Batman sebelumnya.

Pokoknya ketika main game ini kita serasa seperti sedang main Hitman atau Splinter Cell. Sudah begitu kualitas grafisnya juga termasuk luar biasa untuk ukuran game rilisan PS2, GameCube, dan Xbox kala itu.

Kesuksesan yang didapatkan, alhasil membuat Batman Begins menjadi inspirasi/template awal bagi seri Batman Arkham mendatang. Ya intinya kalau bukan karena game ini, game Arkham gak akan pernah ada apalagi sesukses seperti sekarang ini.

5. Batman: The Telltale Series (2016)

Memang, beberapa fans gak begitu suka dengan game ini, tapi beberapa menyukainya. Hal ini karena seperti The Walking Dead milik Telltale, melalui game ini kita bisa menyelam lebih dalam terhadap plot cerita yang game ini suguhkan.

Secara gameplay, well mungkin gak keren-keren amat. Alias ya kalau kamu sudah pernah memainkan The Walking Dead milik Telltale, ya gameplay-nya seperti itu. Gak ada nilai lebihnya lagi.

Tapi bagi kita yang fanboy Batman dan lebih peduli dengan ceritanya, maka game ini merupakan koleksi yang wajib dan keren banget.

4. Batman: Arkham Knight (2015)

Game Batman yang paling seru dan badass sepanjang masa selanjutnya adalah seri ke-4 dari franchise Batman: Arkham ini.

Kalau saja gameplay ketika menggunakan Batmobile-nya gak repetitif nan membosankan, sudah pasti Arkham Knight akan menempati posisi yang lebih tinggi. Namun terlepas demikian, secara keseluruhan mungkin inilah game Batman: Arkham yang paling sempurna tampilan grafisnya.

Ya wajar juga sih. Pasalnya Arkham Knight rilis di console berteknologi mumpuni seperti: PS4, PC, dan Xbox One.

3. Batman: Arkham Origins (2013)

Memang banyak yang kecewa dengan game ini ketika rilis. Pasalnya banyak yang menganggap game-nya sangat monoton alias gak sedinamis seperti 2 game sebelumnya.

Selected for you
Matt Reeves Ungkap Kapan Batman Mulai Produksi

Namun jujur kalau gue sih suka banget sama Arkham Origins. Selain berlatar/mengisahkan prekuel atau kisah origin Bruce Wayne menjadi Batman. Juga, misi sampingan (side mission) Arkham Origins sangatlah dinamis dan gak membosankan.

Selain itu jumlah side mission-nya lumayan banyak. Jadi walaupun kita sudah menamatkan misi utamanya, kita masih bisa memainkan lagi dan lagi game-nya. Pokoknya sampai seluruh achievement-nya 100% deh.

2. Batman: Arkham Asylum (2009)

Ya inilah game yang memulai seluruh seri Arkham. Ketika rilis, Batman: Arkham Asylum memang sangat mencengangkan kita semua.

Selain memiliki plot alas komik dan adaptasi film/seri Batman, juga untuk kali pertamanya, inilah game Batman yang berfokus pada aspek detektif dari seorang Batman. Karena ya seperti kita ketahui, Batman bukan sekedar pahlawan (hero) saja. Lebih dari itu ia adalah seorang detektif mumpuni.

Bahkan musuh bebuyutan Batman Ra’s al Ghul  saja, selalu mengakui kalau Batman adalah salah satu detektif terbaik di dunia ini. Dan sekali lagi, dimulai dari Arkham Asylum ini aspek tersebut sukses terinterpretasikan dengan sangat gokil banget.

1. Batman: Arkham City (2011)

Nah inilah game Batman yang paling seru dan badass sepanjang masa hingga detik ini. Dan rasanya kita semua setuju banget bukan?

Selain memiliki storyline yang jauh lebih kompleks dan personal antara Batman (Kevin Conroy) dengan Joker (Mark Hamill), keseluruhan sekuel Arkham Asylum ini memiliki vibe layakanya trilogi The Dark Knight Christopher Nolan.

Juga dimulai dari sekuel ini, side mission game ini juga sangat gokil dan asyik banget. Dengan seluruh penyataan ini, maka gak heran sekali lagi jika Arkham City, hingga kini masih dianggap sebagai game Batman terbaik yang pernah ada.

Itulah tadi 10 game Batman yang paling seru dan badass sepanjang masa. Dari 10 ini, game Batman manakah yang merupakan favoritmu?

Related Posts

Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications