Gearbox Hapus Denuvo dari Game Borderlands 3

in ,
Borderlands 3
Borderlands 3 | Steam

Seperti yang kita ketahui, setiap pembuatan game terbaru pasti akan ada teknologi anti tamper dalam game tersebut. Hal ini untuk mencegah para cracker merusak game tersebut dan menjaga game tetap aman. Namun tidak selamanya teknologi anti tamper dapat menahan serangan dari para cracker, seperti Denuvo contohnya. Karena hal tersebut membuat gearbox menghapus Denuvo dari game Borderland 3.

Denuvo memang kita kenal sebagai teknologi anti tampar yang sering gagal menjaga gamenya tetap aman. Namun bukan berarti Denuvo tidak berguna, teknologi ini tepat menjaga game, hanya saja tidak dalam waktu lama.

Setidaknya pengembang sudah mendapatkan keamanan dari teknologi tersebut untuk beberapa waktu. Namun sayangnya ada efek samping dari penggunaan teknologi ini.

Gearbox Hapus Denuvo Karena Masalah Pengoptimalan Game

denuvo Borderlands dibajak
Borderlands 3 | Epic Games Store

Meski sangat membantu menjaga game dari kebobolan, ada efek samping yang hadir dari pemakaian Denuvo. Hal tersebut yaitu game tidak lebih optimal jika menggunakan teknologi ini. Efek ini sudah menjadi rahasia publik, dan setiap game yang sebelumnya pernah menggunakan akan memikirkan kedepannya tentang kerja sama mereka.

JANGAN LEWATKAN •
HOT: CPY Berhasil Bobol Watch Dogs 2

Sebelumnya juga ada game lainnya yang mengambil langkah ini, game tersebut antaranya yaitu Devil May Cry, Resident Evil 3 Remake dan lainnya. Sudah banyak game yang menghapus teknologi Denuvo dari game mereka dan kini Borderlands 3 ikut masuk dalam daftar tersebut. Jika kita lihat dari sisi pengoptimalan, memang hal ini langkah yang tetap, karena game akan lebih optimal tanpa teknologi ini.

Apakah Menggunakan Denuvo Dalam Game Masih Worth It?

Marvel's Avengers anti-tamper denuvo
Denuvo | HappyGamer

Dengan banyaknya developer yang sudah memutuskan untuk menghapus Denuvo dari game, timbul pertanyaan apakah teknologi ini masih Worth It? Kalau menurut kami, teknologi ini masih worth it untuk game-game baru yang akan rilis. Hal tersebut tentunya untuk menjaga game dari kebobolan para cracker, sehingga game tetap aman, meski pun dalam waktu dekat juga akan bobol.

Meski hanya dapat menjaga game dalam waktu yang singkat, hal tersebut tetap dapat berpengaruh dalam hal penjualan. Seperti yang dikabarkan bahwa Pada Agustus 2020, Take-Two menyatakan bahwa game tersebut telah melampaui target 10 juta penjualan.

JANGAN LEWATKAN •
Persona 5 Strikes Akan Menggunakan Teknologi Anti-Tamper Denuvo

Game sudah terjual 10,5 juta unit pada semua platform. Borderlands 3 juga memiliki peluncuran yang sukses, dengan pemain bersamaan dua kali lebih tinggi dari puncak sepanjang masa Borderlands 2.