India Blokir PUBG Karena Mengancam Keamanan Negara

in ,
India Blokir PUBG Mobile
India Blokir PUBG Mobile | Medium

India blokir PUBG MOBILE dan ratusan aplikasi China lainnya. India mengambil langkah ini meskipun konflik masih panas dengan China.

Sebelumnya pejabat Senior India memberi tahu bahwa China telah mengirim pasukan ke wilayah Himalaya. Pejabat tersebut menambahkan juga bahwa pengiriman pasukan tersebut sebagai upaya serangan dari China.

Alasan India Melakukan Pemblokiran

Alasan India Blokir Pubg Mobile
Alasan India Blokir Pubg Mobile | Part Of Ex

Kementerian teknologi India mengatakan, Mereka menganggap aplikasi buatan China dapat mengancam kedaulatan dan integritas Negara. Jadi alasan itulah yang membuat India memblokir PUBG MOBILE dan ratusan aplikasi China lainnya.

“Aplikasi dari China mengumpulkan data pribadi dan dapat secara diam-diam membagikan data pribadi dari pengguna sehingga masalah ini sangat berbahaya dan mengancam keamanan negara” kata Kementerian Teknologi India, yang dikutip dari Reuters, Rabu, 2 September 2020.

Sampai saat ini India telah memblokir total 224 aplikasi asal China. Sebelumnya India telah berhasil memblokir aplikasi PUBG Lite, WeChat, Weiyun, dan Baidu. Pelarangan aplikasi – aplikasi tersebut juga karena alasan yang sama yaitu keamanan.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Install dan Main Fall Guys di Android 100% Work

Pihak Tencent Terpukul Berat

Tencet Terpukul Berat
Tencet Terpukul Berat | Sensor Tower

Pihak Tencent adalah pihak yang terpukul berat akibat pemblokiran. Data dari SensorTower menyatakan bahwa India merupakan negara dengan nomor satu pengunduh terbanyak PUBG MOBILE dengan 175 unduhan, atau 24 persen dari total. Angka tersebut menggambarkan betapa favoritnya game battle royale tersebut.

Pihak Tencent belum dapat mengomentari terkait masalah pemblokiran ini. Dengan India memblokir PUBG MOBILE akan membuat semakin renggangnya hubungan dengan China.

Pada Juni 2020 lalu terjadi bentrokan antara tentara India dan Cina yang menewaskan 20 tentara India. Sejak saat itu hubungan antara Beijing dan New Delhi memanas. Perusahaan China seperti Alibaba mengalami dampak yang serius.

Akibat peristiwa ini, Alibaba harus menunda proyek investasinya pada bidang teknologi . Dengan India memblokir PUBG MOBILE membuat Lingkungan bisnis antara kedua negara sepertinya akan sulit untuk berkembang ke depannya.

JANGAN LEWATKAN •
Tencent Siap Habiskan 15 Juta Dolar untuk Mengembangkan eSports Fortnite

Pelarangan Karena Bersifat Kekerasan

Dilarang Bermain Karena Konten Kekerasan
Dilarang Bermain Karena Konten Kekerasan | Evening Standard

Pada Maret 2019 India sebenarnya sudah melarang warganya untuk bermain game battle royale PUBG MOBILE. Namun saat itu masih bersifat larangan saja, belum sampai pada tahap pemblokiran. Karena ada konten yang kurang baik membuat India harus mengambil langkah ini.

Pemerintah India juga menambahkan bahwa game ini dapat membuat anak-anak menjadi seorang psikopat. Hingga akhirnya pada awal September 2020, India melakukan blokir terhadap ratusan aplikasi dari China termasuk juga PUBG MOBILE.