Ubisoft Connect, Layanan Baru Ubisoft Untuk Lakukan Crossplay

in , , ,
Ubisoft Connect
Ubisoft Connect | Ubisoft

Istilah Crossplay saat ini sudah tidak asing lagi para pecinta game. Yap, istilah ini berarti bahwa kita dapat bermain bermain sebuah game bersama player lain walaupun berbeda platform dan generasi. Nah, Ubisoft sebagai salah satu perusahaan game terbesar saat ini memperkenalkan layanan Ubisoft Connect.

Layanan ini merupakan layanan khusus dari Ubisoft untuk para gamer yang bermain game-game dari Ubisoft, sehingga para gamer dapat bermain secara crossplay. Layanan crossplay ini merupakan hasil penggabungan antara Uplay dan Ubisoft Club.

Ubisoft Connect Hadirkan Fitur Crossplay Untuk Game Buatan Ubisoft

Sistem crossplay pertama kali ada pada tahun 1998, pada waktu itu konsol Dreamcast milik SEGA berhasil melakukan crossplay berkat modem tambahan yang terdapat dalam konsol tersebut. Berikutnya Sony juga berhasil melakukan crossplay pada tahun 2002 pada game-nya Final Fantasy XI. Para gamer PS2 dan PC dapat bermain dalam satu server yang sama.

JANGAN LEWATKAN •
Tencent Sikat Saham Milik Vivendi di Ubisoft

Sejak tahun 2016-2019, para developer game telah banyak mengadaptasi fitur crossplay pada beberapa game-nya. Nah, yang terbaru kini Ubisoft dengan Ubisoft Connect yang akan menghubungkan pemain berbeda platform dalam beberapa game buatan Ubisoft.

Layanan ini tidak hanya menyediakan fitur untuk crossplay, namun juga fitur lain seperti cross-progression/save. Layanan ini merupakan hasil dari peleburan Uplay dan Ubisoft Club.

Dalam laman resmi Uplay, Ubisoft mengatakan bahwa perubahan ini bukan merupakan penghapusan dari Uplay, namun lebih kepada evolusi dari layanan yang Uplay berikan. Nantinya pemain yang berlangganan layanan Ubisoft Connet akan mendapatkan banyak bonus seperti skin, item konsumsi, kostum dan lain-lain. Selain itu, pemain juga dapat membelinya menggunakan mata uang bernama Unit, yang akan pemain dapatkan jika sudah meraih level yang lebih tinggi dalam game.

Beberapa game baru dan yang terkategorikan sebagai live-service akan mendapatkan loyalty. Dan para pemain akan mendapatkan seribu hadiah untuk beberapa game lawas Ubisoft.

JANGAN LEWATKAN •
Kalahkan Ubisoft, CD Projekt Jadi Perusahaan Paling Berharga di Eropa!

Tidak Semua Game Masuk Dalam Layanan Ini

Ubisoft Connect
Ubisoft Connect | Ubisoft

Ternyata, tidak semua game dari Ubisoft yang mendapatkan layanan Ubisoft Connect. Hanya beberapa game seperti Assassin’s Creed Odyssey, For Honor, Ghost Recon Breakpoint, Hyper Scape, Steep, Tom Clancy’s Rainbow Six Siege, dan Tom Clancy’s The Division 2 yang akan mendapatkan support sistem dari layanan ini. Kalian dapat melihat daftar game Ubisoft yang support dengan Ubisoft Connect pada link beriku ini.

Bagi para player PC sepertinya untuk memahami layanan baru ini adalah hal yang mudah. Karena mereka sudah terbiasa dengan sistem Uplay namun bedanya hanyalah tantangan untuk lebih banyak dalam mendapatkan point. Namun, hal yang paling membedakan layanan baru ini dengan yang lama adalah adanya fitur Croosplay dan Croos-proggression/save yang akan tampil dengan UI baru dan tidak akan lagi menggunakan nama Uplay.

JANGAN LEWATKAN •
Pengupdatean Assassin’s Creed Odyssey Membawa Kisah Yunani yang Hilang!

Ubisoft Connect sendiri akan rilis pada 29 Oktober mendatang bersamaan dengan rilisnya Watch Dogs Legion. Fitur ini akan dapat kalian download pada Android, iOS, dan PC. Sedangkan untuk player konsol akan mendapatkan bersama game-nya.