AndroidGameiOSMobileTips

5 Tips Bermain Football Manager 2022 Untuk Pemula

Kita tentu mengakui popularitas PES (yang kini menjadi eFootball) dan FIFA sebagai dua franchise game sepakbola terbaik di dunia. Namun, mungkin kita tidak menyadari jika ada franchise game yang lahir lebih dulu sebelum keduanya, yaitu Football Manager dari SEGA.

Kini, Football Manager (FM) menjadi nama besar dalam game sepakbola, khususnya untuk genre simulasi. Banyak para pelatih atau manajer sepakbola asli menggunakan game ini sebagai acuan mereka dalam membeli pemain baru.

FM sejak dulu konsisten merilis game mereka dalam berbagai platform. Jika kalian tidak bisa memainkan FM di PC, maka kalian bisa mencoba versi mobile nya di Android maupun iOS.

Untuk kalian yang masih awam dan pemula dalam game FM, disini kami akan memberikan tips-tips menarik sebelum kalian memainkannya lebih jauh. Penasaran? Simak pembahasannya berikut ini.

Tips Football Manager 2022

1. Pahami Segala Peran Pemain Dan Taktik

Mencoba Taktik Gegenpressing Fmm Vibe 1
Mencoba Taktik Gegenpressing | FMM Vibe

Hal paling mendasar, kalian harus mengetahui tim yang kalian mainkan cocok untuk skema seperti apa. Bisa dari komposisi pemain, maupun saran dari asisten pelatih. Tidak mungkin kalian memainkan skema (contoh 4-2-3-1) jika tidak ada pemain kalian yang bisa bermain dalam formasi yang dibutuhkan.

Baca juga:  Penjelasan Peran Playmaker Dalam Game Football Manager

Selain itu, dalam edisi terbaru kalian semakin mendapat kemudahan. Berbagai istilah skema permainan seperti Tiki Taka, Catenaccio, atau Gegenpress hadir untuk memudahkan pemain membuat formasi impian mereka.

2. Sering Ajak Bicara Para Pemain

tips football manager 2022
Selalu Ajak Bicara Pemain | SEGA

Pada versi mobile atau PC, game FM menuntut kalian untuk menjaga komunikasi dengan para pemain. Terdapat moral yang terus mengalami fluktuasi setiap minggunya. Agar moral pemain kalian tidak buruk, maka kalian harus terus berkomunikasi.

Kalian mendapat beberapa pilihan. Seperti mengomentari performa mereka di pertandingan sebelumnya, hingga perkembangan latihan yang mereka buat. Kalian bisa memberi pujian atau kritikan tergantung bagaimana situasi sang pemain.

3. Perhatikan Jadwal Pertandingan

Perhatikan Jadwal Pertandingan Sega
Perhatikan Jadwal Pertandingan | SEGA

Hal penting lainnya adalah selalu melihat jadwal pertandingan tim kalian. Untuk beberapa negara seperti Inggris, mereka punya 3 kompetisi utama (Premier League, FA Cup, dan Carabao Cup). Ketiganya bisa bermain dengan jarak waktu yang dekat apalagi Boxing Day di bulan Desember.

Baca juga:  Zuramaru Love Live! Sunshine dinobatkan Menjadi Maskot Baru dari SEGA

Untuk menjaga kebugaran pemain, maka kalian harus benar-benar melihat jadwal pertandingan tim kalian. Pada titik ini, kalian terpaksa membuat keputusan sulit untuk memprioritasikan pertandingan mana. Belum lagi jika tim kalian mengikuti kompetisi Eropa seperti Champions League atau Europa League.

4. Terus Rotasi Pemain

Terus Rotasi Pemain Ega
Terus Rotasi Pemain | SEGA

Melanjutkan poin sebelumnya, jangan sampai kalian lupa untuk melakukan rotasi pemain. Hal ini pun berkaitan dengan kebugaran pemain kalian. Tentunya kalian tidak menginginkan salah satu dari mereka menjadi starter dengan kondisi yang tidak fit.

Selain itu, hal ini juga perlu kalian lakukan untuk menghindari badai cedera. Kalian bisa memainkan skuad cadangan, pelapis, hingga pemain-pemain junior di beberapa pertandingan. Hal tersebut tentu bertujuan untuk memberi mereka menit bermain dan juga menjaga moral mereka.

5. Perhatikan Transfer dan Wage Budget

Perhatikan Budget Transfer
Perhatikan Budget Transfer | SEGA

Kadang kita terlalu asik mengincar pemain idaman, hingga membuat finansial klub tidak stabil (bahkan menuju kebangkrutan). Maka dari itu, game FM baik PC atau Mobile memiliki Transfer Budget dan Wage Budget yang membuat pemain juga harus pintar-pintar mengatur finansial klub.

Baca juga:  Game Fighting Klasik, Streets of Rage Mendapatkan Adaptasi Film Live-Action

Misal di klub seperti Arsenal, kalian hanya diberi transfer budget kurang dari 50 juta di tahun pertama menjadi manager. Kalian bisa meminta tambahan transfer budget. Namun resikonya, target kalian menjadi lebih berat. Misalnya seperti diminta menjuarai Liga dan pencapaian lainnya.


Itulah beberapa tips yang harus kalian perhatikan sebelum mulai memainkan game Football Manager 2022 dari SEGA. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Jika iya, selamat mencoba, ya dan buat tim kalian menjadi tim yang tidak terkalahkan.

Related Posts

Leave Comment