GameTips

Panduan Pemula untuk Melarikan Diri dari Tarkov

Escape from Tarkov mungkin memiliki beberapa kemiripan, tetapi tujuan dalam game ini adalah menjarah item Tarkov sebanyak yang Anda butuhkan, bertahan hidup, dan mendapatkan ekstraksi.

EFT bukanlah game FPS pada umumnya. Ini bukan battle royale seperti PUBG atau Apex Legends. Meskipun memiliki ‘tim’, ini bukan penembak tim seperti Valorant atau Overwatch. Meskipun ini adalah game multipemain, ini bukan MMORPG seperti Destiny 2. Escape from Tarkov mungkin memiliki beberapa kemiripan, tetapi tujuan dalam game ini adalah menjarah item Tarkov sebanyak yang Anda butuhkan, bertahan hidup, dan mendapatkan ekstraksi.

Oke, kedengarannya agak sederhana, tetapi mekanisme dan realisme gim ini membuatnya lebih sulit dari yang Anda kira. Ditambah lagi, Anda bermain dengan ratusan pemain lain dan AI untuk boot. Satu hal yang pasti, EFT akan memberi Anda pengalaman yang sangat berbeda dari game penembak lainnya.

Pemula, Catatlah!

Karena realismenya, game ini menghukum pemain dengan keras jika melakukan kesalahan. Tidak memakai baju besi? Kamu akan mati dalam hitungan detik dalam sebuah pertempuran. Jika mereka memiliki bidikan yang buruk, kamu mungkin masih dapat membalikkan keadaan, tetapi jangan mengandalkannya.

Tidak membawa senjata? Ya, Anda bisa menjarahnya, tetapi Anda tidak akan bisa membela diri. Paling tidak, bawalah pistol. Satu tembakan di kepala dapat membunuh sebagian besar musuh jika mereka tidak memiliki penutup wajah atau pelindung.

Mekanisme yang paling menghukum adalah kamu akan kehilangan semua item yang kamu jarah saat mati. Senjata, baju besi, dan benda-benda yang kamu ambil akan hilang. Kamu dapat menyimpan beberapa item, asalkan masih muat di gudangmu. Namun, pada versi awal hanya memiliki slot 2×2, yang berarti hanya ada beberapa item yang dapat Anda simpan. Nantinya, Anda dapat meningkatkannya menjadi 3×3, yang masih kecil, tetapi setidaknya memberikan lebih banyak ruang untuk memuat lebih banyak barang.

Selain itu, ada juga mekanisme hidrasi dan kekenyangan karakter. Mekanik ini tidak sepenuhnya tersembunyi, tetapi Anda dapat dengan mudah melupakannya di tengah panasnya pertempuran dan berusaha menghindari musuh. Banyak pemilik akun Tarkov baru cenderung menyerah pada mekanisme ini, terutama di awal-awal. Menyisakan beberapa slot untuk membawa minuman atau camilan akan membantu menjaga avatar tetap hidup.

Jalankan Penggerebekan Scav terlebih dahulu

Ini adalah hal pertama yang direkomendasikan oleh para veteran untuk para pemula. Pertama, ini adalah serangan berisiko rendah, dan Anda tidak akan rugi banyak dan mendapat banyak keuntungan. Masih ada risiko, tetapi Anda tidak mempertaruhkan jarahan Anda. Dalam mode ini, kamu akan diberikan peralatan penting dan muncul sebagai Scav dalam serangan yang sedang berlangsung.

Sebagai Scav, AI tidak akan menyerang Anda kecuali Anda menyerang mereka. Para pemain juga berbahaya, tetapi tetaplah menjauh dari mereka. Tujuan Anda dalam misi ini adalah memasok perlengkapan dan jarahan kepada karakter faksi Anda. Beberapa titik ekstraksi unik untuk Scavs, jadi ingatlah karakter mana yang Anda mainkan. Lari ini tersedia setiap 20 menit atau lebih. Mereka sangat bagus untuk istirahat mengisi ulang pasokan dari serangan yang lebih intens dengan karakter faksi.

Memilih Fraksi

Tidak ada keterampilan atau mekanisme yang berhubungan dengan gameplay dalam memilih salah satu faksi. Memilih salah satunya tidak akan memberi Anda keuntungan lebih dari yang lain. Perbedaannya hanya bersifat kosmetik, karena satu kelompok akan berbicara (dalam game) dalam bahasa Rusia (BEAR) dan yang lainnya dalam bahasa Inggris (USEC).

Mereka yang memilih USEC mungkin akan lebih mudah di Lighthouse dan peta lainnya dengan Rogues. Karena Rogues adalah mantan anggota USEC, mereka tidak akan terlalu agresif terhadap siapa pun yang memilih faksi ini. Sedangkan untuk BEARS, mereka mendapatkan keuntungan yang luar biasa jika diberi misi untuk ‘mengalahkan anggota faksi lain’. Sebagian besar pemain cenderung memilih USEC, jadi ada banyak target jika Anda memilih faksi ini. Jika tidak, itu tidak terlalu penting.

Atasi Ketakutan pada Gigi

Ketakutan akan perlengkapan adalah ketika Anda kurang melengkapi diri Anda untuk ‘menyimpan’ senjata dan baju besi terbaik dan menjaganya tetap aman di tempat penyimpanan. Pertanyaannya adalah, kapan Anda akan menggunakannya? Gim ini secara berkala menghapus semuanya (kemajuan, item, mata uang, hubungan pedagang, apa saja).

Apa tujuan dari hal-hal yang tidak akan Anda gunakan? Apakah Anda akan menyimpannya sampai terhapus? Ada dua kemungkinan. Pertama, Anda menyimpan perlengkapan terbaik Anda hingga wipe. Selamat, Anda baru saja menyia-nyiakannya tanpa digunakan. Kedua, kamu menggunakannya untuk mendapatkan senjata dan baju besi yang lebih baik. Kemudian kamu menggunakan perlengkapan tersebut untuk mendapatkan lebih banyak upgrade dan meningkatkan permainanmu.

Bukankah hasil yang kedua terdengar jauh lebih baik? Tentu saja, kehilangan peralatan bisa membuat frustasi, tetapi seperti yang mereka katakan, ‘tidak ada risiko, tidak ada imbalan’. Jika Anda tidak mengambil risiko, Anda tidak akan mendapatkan apa-apa. Anda akan terjebak dalam siklus di mana Anda tidak merasa mengalami kemajuan karena Anda terus mati. Anda terus mati karena Anda tidak memiliki perlengkapan, dan Anda tidak memiliki perlengkapan karena Anda selalu kehilangan item.

Hentikan siklus ini dan gunakan perlengkapan terbaik Anda untuk menjalankan faksi. Selain itu, kamu selalu dapat memastikan barang-barangmu. Ketika kamu mati dan tidak ada yang mengambil propertimu, kamu bisa mendapatkannya kembali dengan harga tertentu dan sedikit menunggu. Ini adalah lapisan perlindungan lain.

Ketahui Peta Anda, atau Miliki Peta Terdekat

Mengetahui ke mana Anda harus pergi dan merencanakan jalur adalah keterampilan yang diperlukan. Anda dapat mengambil jarahan dan mengekstraknya dalam beberapa menit jika berjalan tanpa hambatan. Tentu saja, dengan pemain lain yang berlomba mendahului Anda, Anda mungkin tiba di lokasi yang sudah dibersihkan karena Anda telah menempuh perjalanan jauh.

Dalam game ini, Anda harus memiliki beberapa jalur dan tempat penjarahan potensial yang harus Anda kunjungi. Dengan cara ini, Anda harus memiliki setidaknya beberapa jarahan untuk dibawa pulang, terlepas dari apakah pemain lain telah melewatinya. Mungkin sulit untuk menghafal peta, jadi kamu bisa memiliki perangkat seluler, tablet, atau layar kedua yang dapat kamu lihat saat bermain.

Gunakan Mode Offline

Ini adalah cara terbaik untuk membiasakan diri Anda dengan peta dan beberapa mekanisme permainan. Jalankan melalui lokasi-lokasi, dan periksa tempat istirahat di mana Anda dapat bersembunyi untuk memulihkan diri. Biasakan diri untuk memodifikasi senjata dan mencobanya. Anda juga dapat melihat di mana titik-titik jarahan. Atur waktu kalian untuk sampai di sana dan lihat jalur tercepat dan terpendek. Terakhir, ini adalah cara kalian membiasakan diri dengan lokasi titik ekstraksi dan cara menggunakannya.

Beberapa di antaranya sensitif terhadap waktu, yang lain membutuhkan kunci atau item, dan beberapa lainnya memungkinkan ekstraksi tanpa persyaratan. Mereka juga memiliki status terbuka dan tertutup. Dengan mengetahui semua itu, Anda bisa melihat sekilas apakah Anda bisa menggunakan titik tersebut.

Anda juga dapat menggunakannya untuk berlatih melawan AI. Pada game offline, Anda dapat menyesuaikannya sehingga Anda dapat mengetahui tindakan balasan dan strategi. Baik untuk melarikan diri atau bertarung, mode offline dapat membantu. Anda tidak akan mendapatkan barang melalui mode ini, tetapi Anda tidak akan kehilangan apa pun. Pengalaman dan pengetahuan yang Anda dapatkan akan sangat penting. Jangan abaikan mode ini, karena sangat cocok untuk latihan dan pengenalan.

Masalah Persediaan

Tentu saja, Anda bisa masuk dengan tas penuh dengan persediaan medis, amunisi, dan senjata tambahan, tetapi di mana Anda akan meletakkan jarahan yang Anda dapatkan? Sebaiknya Anda menyeimbangkan antara membawa semua yang Anda butuhkan dan menyisakan ruang untuk lebih banyak barang.

Simpanan Anda juga dapat ‘diperluas’ dengan menggunakan kasing. Simpanan awal memiliki ukuran 10×28 (permainan dasar, tidak ada ekspansi), yang berarti 280 ruang dalam satu kotak. Katakanlah Anda menggunakan kotak amunisi. Dibutuhkan 4 slot dan dapat menampung hingga 49 tumpukan peluru. Alih-alih memiliki 49 tumpukan dalam simpanan Anda (49/280), itu hanya membutuhkan 4 (4/280), sehingga Anda memiliki banyak ruang untuk hal-hal lain.

Menambahkan Obat ke Bilah Tombol Cepat

Dalam game yang bergerak cepat ini, membuka inventaris tidak akan menjeda waktu untuk pemain lain. Kamu tidak dapat mengambil ransel untuk mencari obat-obatan di tengah pertempuran. Senjata secara otomatis ditambahkan ke bilah pintasan ini, jadi kamu harus menambahkan sendiri obat-obatannya. Akan lebih mudah untuk mengeluarkan beberapa pil ketika Anda tidak perlu membuka menu inventaris.

Menyelesaikan Misi dengan Dealer (alias Pedagang)

Ada delapan dalam permainan ini:

  • Pelapor
  • Terapis
  • Pagar
  • Pemain ski
  • Penjaga perdamaian
  • Mekanik
  • Tukang lap
  • Jaeger

Masing-masing memiliki spesialisasi. Seorang terapis akan dengan senang hati menerima pasokan medis, sementara Penjaga Perdamaian akan senang jika Anda menjual senjata USEC kepada mereka. Prapor akan lebih memilih senjata Rusia (BEAR).

Jika Anda menukar jarahan dengan rubel, mereka akan membeli barang yang mereka sukai dengan harga yang lebih tinggi daripada jika Anda menjualnya ke dealer lain. Melakukan quest untuk mereka akan meningkatkan Level Loyalitas mereka, yang dapat meningkatkan stok mereka atau memberi kalian perlengkapan yang berguna. Ini juga dapat memberi Anda tujuan selain ‘menjarah dan keluar’.

Berdamai dengan Kematian

Setiap pemain, bahkan yang terbaik sekalipun, pasti pernah mati setidaknya sekali dalam permainan. Entah oleh AI, bos, atau pemain lain, tidak masalah. Jangan berharap untuk mendapatkan rasio bunuh-ke-kematian yang sempurna. Ketahuilah bahwa Anda akan terbunuh cepat atau lambat. Anda tidak boleh terlalu terikat pada item Anda karena Anda bisa kehilangannya kapan saja. Kehilangan adalah bagian dari permainan, dan hal baiknya adalah kamu bisa mendapatkannya kembali.

Nikmati Permainannya!

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah bersenang-senang! Ini adalah pengalaman yang sama sekali berbeda dari penembak lainnya. Cedera mempengaruhi kecepatan gerakan dan bidikan. Anda perlu minum dan makan secara berkala. Mekanismenya lebih sulit bagi pemain dibandingkan game lain, sehingga lebih menantang.

Bersenang-senanglah di Escape from Tarkov!

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.