AndroidGameGame ListMobile

Penjelasan Posisi Dan Peran Striker Dalam Game Football Manager 2022

Dari 11 pemain yang bermain di sebuah tim sepakbola, para pelatih membaginya ke dalam beberapa posisi atau formasi. Yaitu kiper, bek, gelandang, dan striker. Untuk peran striker sendiri, ternyata dalam game simulasi Football Manager 2022 punya banyak jenis role yang mempengaruhi gaya bermain mereka, loh.

Nah. Setelah di waktu sebelumnya kita membahas peran mulai dari bek, gelandang, dan playmaker. Kini kita bakalan berfokus mengenai penjelasan posisi dan peran striker dalam game Football Manager. Khususnya untuk edisi terbarunya. Penasaran? Simak penjelasan ini lebih lanjut, ya.

BACA JUGA:

Apa Itu Striker?

Talk Sport Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo, salah satu striker terbaik dunia saat ini meski hampir berusia 40 tahun | TalkSPORT

Pemain yang mengisi lini depan ini sebetulnya memiliki dua istilah. Yaitu Forward dan Striker. Di Indonesia sendiri orang-orang lebih familiar dengan sebutan penyerang atau striker. Sebagai posisi pemain sepak bola yang paling sering mencetak gol, pemain depan, penyerang atau forward biasanya paling sering menuai pujian dan penghargaan.

Tapi, reputasi ini membuat mereka sering jadi target tackling dari pemain bertahan lawan dan mereka biasanya harus gesit menghadapi tantangan tersebut. Meskipun tugas mereka terpusat di mencetak gol tanpa ada kewajiban membantu pertahanan, meski terdapat beberapa striker yang juga mendapat tugas untuk melakukan pressing atau bertahan. Tentunya tergantung dari instruksi pelatih yang diberikan.

Role Striker Dalam Game Football Manager

Fm Blog Football Manager 2022 Karim Benzema
Statistik dan Role Karim Benzema, Deep Lyingg Forward di game Football Manager 2022 | FM Blog

Sejatinya, istilah role atau peran striker di dalam game Football Manager tidak banyak perbedaan seperti di dunia nyatanya. Terdapat beberapa istilah dalam role Football Manager yang sering para komentator atau pundit bola sebut. Dalam posisi penyerang atau striker, ada beberapa istilah seperti Pressing Forward, Target Man, Shadow Striker, Advanced Forward, dan Poacher.

Berikut ini penjelasan role atau peran para striker dalam game Football Manager:

  • Shadow Striker: Mereka yang bermain dalam peran ini akan sangat membutuhkan rekan di lini depan. Seperti namanya, pemain yang berperan dalam posisi ini bakal berada di bayang-bayang striker utama. Biasanya, insting mencetak gol mereka sangat besar sehingga mereka butuh kawalan supaya tidak menjadi incaran musuh.
  • Deep Lying Forward: Tidak seperti striker pada umumnya. Para Deep Lying Forward akan berada di persimpangan lini tengah dan lini depan. Tujuannya adalah menghubungkan pola serangan yang sudah terbentuk mulai dari belakang. Tidak jarang mereka yang berperan dalam posisi ini akan sering menjemput bola dan tidak memposisikan dirinya menjadi Target Man.
  • Advanced Forward: Posisi ini bakalan membuat seorang striker akan terus berada di depan dan menjalankan tugas utama mereka yaitu mencetak gol. Meski begitu, Advanced Forward akan bisa diandalkan untuk melakukan pressing kecil-kecilan terhadap bek lawan. Tapi tidak berniat untuk merebut bola.
  • Target Man: Ini adalah role klasik seorang striker. Mereka hanya akan menjalankan tugas mereka sebagai pencetak gol. Di luar hal tersebut, mereka hanya akan melakukan positioning jikalau rekan mereka di belakang bisa melakukan serangan balik.
  • Pressing Forward: Striker yang memiliki peran ini tidak hanya akan berfokus untuk mencari posisi dan mencetak gol. Tapi juga melakukan pressing baik bek maupun kiper. Tujuannya adalah merebut bola dan melakukan serangan balik secara cepat. Di era sepakbola modern, peran ini menjadi peran yang begitu diincar oleh para pelatih manapun.
  • Poacher: Layaknya Target Man, para Poacher jelas mementingkan tujuan mereka untuk mencetak gol. Bedanya, Poacher masih ingin menjemput bola ke belakang namun begitu mereka mendapatkan bola. Mereka akan banyak melakukan skill individu meski di beberapa kesempatan tidak ragu menunjukkan teamwork mereka.

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan singkat mengenai peran dan posisi striker dalam permainan sepakbola khususnya dalam game Football Manager. Gimana nih pendapat kalian dengan penjelasan di atas? Apakah membantu?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment