PewDiePie Menjelaskan Mengapa Peraturan FTC YouTube Terbaru “Tidak Masuk Akal”

in ,
PewDiePie Menjelaskan Mengapa Peraturan FTC YouTube Baru Tidak Masuk Akal

Bintang YouTube Felix ‘PewDiePie’ Kjellbergd telah memberikan pandangannya pada peraturan COPPA kontroversial baru YouTube dalam video terbarunya.

PewDiePie tidak diragukan lagi adalah YouTuber paling populer di dunia. Dia berhasil mengumpulkan 102 juta subscriber dan menjadi YouTuber nomor 1 didunia.

Meskipun ia terkenal karena video permainannya yang menghibur, Youtuber asal Swedia itu sekarang juga menghadirkan berbagai konten termasuk permasalahan dan isu-isu kontroversial.

Peraturan Perlindungan Anak Terbaru dari YouTube Dinilai Membingungkan

Pewdiepie Youtuber Tersukses

Salah satu masalah utama yang saat ini dihadapi oleh YouTuber adalah peraturan COPPA (Undang-Undang Perlindungan Privasi Anak) yang baru. Kebanyakan menurut content creator peraturan baru tersebut sangat sulit untuk dipahami.

Peraturan baru ini berasal dari denda yang diterima platform pada September 2019 karena mengumpulkan data pribadi anak-anak. Ini akan mempengaruhi setiap pembuat konten, mereka akan dipaksa untuk menginformasikan platform jika konten mereka dibuat untuk anak-anak.

PewDiePie meninjau peraturan ini dan menemukan bahwa pembuat konten tidak hanya perlu memberi tahu YouTube tentang konten mereka. Tetapi platform juga akan menggunakan machine learning untuk memutuskan apakah video tersebut untuk anak-anak.

Pembuat Konten di YouTube Dapat Dituntut Jika Melanggar Peraturan COPPA

Ini adalah sesuatu yang mengejutkan bagi felix, dia menyatakan dengan sarkas “machine learning telah bekerja sangat baik sebelumnya di Youtube”, menggali klaim hak cipta otomatis dan sistem otomatis yang kontroversial lainnya.

Felix kemudian menemukan sesuatu yang lebih aneh, sebuah video yang menyatakan bahwa menurut aturan baru ini, pembuat konten dapat dituntut jika melanggar peraturan COPPA. “Apa? Mengapa? Itu tidak masuk akal, kendalikan anak-anak Anda, ”katanya,

Jelas kecewa dengan fakta bahwa ia dapat dihukum karena anak-anak melihat kontennya. Kontennya dinilai secara otomatis sebagai konten yang tidak pantas untuk anak-anak.

Masalah ini bukan hanya hukumannya saja yang sangat berat, tetapi YouTube telah mendorong agar konten lebih ramah keluarga. Bahkan PewDiePie sendiri menyatakan bahwa banyak kontennya pantas dilihat oleh anak-anak. Selain itu, ia juga telah mengikuti pedoman platform, dan sekarang ia khawatir akan mendapatkan hukuman.

Banyak pembuat konten lain membicarakan masalah ini, dengan banyak yang memiliki pandangan yang sama seperti Felix. YouTube belum mengeluarkan tanggapan, tetapi tampaknya akan ada lebih banyak kontroversi lagi yang hadir di platform ini.

Ayo mulai berdiksusi