Setelah PUBG Mobile, Pemerintah India Kini Blokir Game MOBA Milik Moonton!

in ,
India Blokir Game Mobile Legends
India Blokir Game Mobile Legends

Seperti yang kita ketahui, saat ini India termasuk salah satu negara dengan jumlah penduduk yang cukup banyak. Hal tersebut pun membuat industri video game di negara India cukup besar terutama dari platform mobile. Selain itu, ekosistem Esports di India juga bisa dibilang menjadi salah satu yang berkembang dengan pesat.

Hal tersebut, dibuktikan berdasarkan catatan data yang mengatakan bahwa total hadiah turnamen Esports di tahun 2019 meningkat 118 persen dari tahun sebelumnya. Bahkan, India sampai bisa menarik perhatian organisasi Esports Fnatic, yang membuat divisi Esports PUBG Mobile di negara tersebut.

Hampir sama seperti Indonesia, India juga mengalami kendala blokir memblokir dari pemerintah yang berpengaruh pada perkembangan ekosistem Esports. Pada Januari 2020 lalu, India sempat akan blokir PUBG Mobile, karena dianggap menyebabkan kecanduan dan membuat pemainnya menjadi lebih agresif.

Bakal Memblokir 57 Aplikasi Lain Asal Tiongkok

Melihat kasus mengenai PUBG Mobile, baru-baru ini pemerintah India kembali dikabarkan telah resmi memblokir salah satu game MOBA yang cukup populer milik Moonton yaitu Mobile Legends. Ya, saat ini game mobile tersebut sudah tidak dapat dimainkan lagi di negara tersebut.

Yang menambah gemparnya lagi, game MOBA milik Moonton tersebut tidak sendirian. Berdasarkan pantauan melalui The Times Of India, dikatakan bahwa setidaknya ada 58 aplikasi Tiongkok lain yang juga turut diblokir.

Selain Mobile Legends, game lain yang juga kena blokir dalam daftar tersebut Clash of Kings. Selain itu, 57 aplikasi sisanya yang diblokir adalah aplikasi Tiongkok yang populer seperti TikTok, UC Browser, DU recorder, dan lain sebagainya.

Alasan Kenapa Mobile Legends Di Blokir

Beredarnya kabar ini tentu membuat banyak kalangan bertanya-tanya kenapa pemerintah India melakukan pemblokiran terhadap game Mobile Legends tersebut. Adapun alasan pemerintah India memblokir aplikasi Mobile Legends yaitu karena game tersebut merupakan salah satu game yang dikembangkan oleh developer asal Tiongkok.

Press Release
Press Release | Twitter.com
Press Release 2
Press Release | Twitter.com

Sekedar informasi, saat ini India diketahui tengah memiliki konflik dengan negara asal game tersebut yaitu Tiongkok. Konflik tersebut membuat pemerintah India merasa curiga dengan aplikasi-aplikasi asal Tiongkok yang disebut telah mengumpulkan data pribadi para pemainnya. Oleh sebab itulah pihaknya memutuskan untuk memblokir aplikasi tersebut.

Hingga saat ini, India memang belum memiliki ekosistem Esports Mobile Legends. Namun pemblokiran ini tentu akan membuat game tersebut memiliki kesempatan yang kecil sekali untuk berkembang menjadi lebih besar lagi.

Apa pendapat kalian tentang hal tersebut? Bagaimana jadinya jika peraturan serupa suatu saat juga diterapkan oleh Indonesia? Jangan sungkan untuk berbagi opini bersama Dafunda Game melalui kolom komentar dibawah ini yaa!!

Bagikan jika kamu suka

JANGAN LEWATKAN •
Moonton Bakal Menindak Tegas Pemain yang Melakukan Kecurangan Matchmaking!