Tak Miliki Lisensi, App Store China Bungkus Ribuan Game

in , , ,
App Store Logo
App Store

Saat ini, game sudah sangat berkembang pesat. Banyak sudah permainan digital yang hadir, khususnya untuk perangkat mobile. Soal game mobile sendiri, sudah banyak kasus-kasus yang terjadi terkait dengan penjiplakan atau pembuatan game tanpa lisensi.

Kabar terbaru yang didapat, ada ribuan game yang harus dibungkus dari peredarannya karena tidak memiliki Lisensi. Yuk simak pembahasannya di bawah ini.

App Store Tarik 8.000 Game

Seperti yang dilansir oleh GameIndustry, App Store untuk region Tiongkok telah menarik kurang lebih 8 ribu game tak berlisensi atau ilegal dari aplikasi mereka. China sendiri memang merupakan negara yang cukup ketat untuk masalah lisensi dan perkembangan industri game.

JANGAN LEWATKAN •
Apple Didenda Sebesar Rp 374 Miliar Setelah Sengaja Bikin iPhone Jadi 'Lemot'

Dari game yang dihapus ini, dapat diketahui bahwa game ini merupakan jenis game premium atau dengan pembelian (purchase ingame). Penarikan game-game ini berlangsung selama seminggu, mulai pada 1 Juli kemarin. Sebelum itu, pihak Apple bahkan telah memberikan peringatan untuk mencabut game tersebut dari developer atau akan ditarik paksa.

Apple juga memberikan tenggat waktu hingga akhir Juli buat mereka yang ingin gamenya tetap berada di App Store. Pengembang diharuskan memiliki lisensi, jika tidak game tersebut bakal dihapus secara permanen dari platform Steve Jobs ini.

Aturan yang Ketat

China Batas Jam Malam Bermain Game Untuk Anak
via MyMilk

Buat kamu yang tidak tahu, China merupakan salah satu negara yang cukup ketat dengan perkembangan game. Negara ini memiliki sebuah lembaga yang mengatur soal game yaitu China’s State Administration of Press and Publication (SAPP).

Beberapa tugas dari lembaga ini adalah untuk memfilter atau memberi skor kepada game yang akan masuk ke daerah mereka. Salah satu peraturan yang sempat menghebohkan dunia game adalah saat mereka menetapkan waktu bermain game bagi anak-anak. Bagi yang berusia di bawah 18 tahun akan dilarang bermain game Online antara pukul 22:00 sampai 08:00 dan waktu bermain hanya di batasi 90 menit saja selama sehari.

JANGAN LEWATKAN •
Wanita di China Terima Hukuman Penjara 10 Tahun Jika Menulis Novel Tentang Sesama Jenis!

Selain itu, game populer PUBG Mobile juga tidak diizinkan rilis di China. Alhasil, Tencent harus berpikir keras dan mengubah game ini menjadi lebih family-friendly yang tidak ada unsur darahnya.


Nah, gimana menurutmu tentang penarikan 8.000 game di App Store China ini? Jangan lupa berikan komentarmu di bawah ya.

Bagikan jika kamu suka