Twitch Dituduh Rasis Dalam Memberikan Larangan Untuk Streamer

in ,
Twitch Dituduh Rasis
Twitch Dituduh Rasis | Twitch.tv

Siapa yang tidak kenal dengan platform streaming yang sangat terkenal ini. Iya Twitch sudah menjadi platform streaming sebagian besar streamer dalam beberapa tahun kebelakang. Selain terkenal dengan kualitas bagus yang di hasilkan, Twitch juga dikenal dengan kontroversi yang kerap mereka lakukan. Salah satunya dan yang terbaru adalah twitch dituduh rasis dalam memberikan larangan kepada streamer-streamernya.

Baru-baru ini Twitch telah melarang seorang streamer yang melakukan siaran langsung “bak mandi air panas”. Siaran langsung dengan tema ini memang sedang menjadi tren beberapa waktu belakangan. Dalam siaran tersebut memperlihatkan streamer wanita yang menggunakan baju bikini masuk dalam sebuah bak air panas untuk menggoda para penontonnya.

Twitch Hanya Membanned ExoHydraX Terkait Konten Streaming di Bak Mandi Panas

Exohydrax
Exohydrax | Ginx TV

Dalam panduan Twitch di tahun 2019, pihaknya mengubah persyaratan dengan memberikan izin baju bikini dapat di tampilkan dalam siaran langsung pada platformnya. Streamer Twitch yang terkenal seperti Amouranth juga melakukan siaran langsung yang sama, bahkan ia dikatakan sebagai pencetus bak mandi panas (Hot Tub) tersebut. Namun berbeda dengan ExoHydraX, yang mengalami kesialan hingga akunnya dibanned oleh pihak Twitch.

Hal ini tentunya menjadi tanda tanya mengapa ia berbeda? Sedangkan banyak streamer lainnya melakukan siaran langsung yang sama namun tidak berakhir seperti halnya Exohydrax. Banyak netizen yang mengatakan perihal Twitch rasis dalam memberikan kebijakan larangan. Menurut mereka perusahaan tidak melakukan larangan yang sama untuk streamer lain yang melakukan siaran langsung dengan konsep yang sama.

Twitch Dituduh Rasis Karena Dia Berkulit Hitam

Exohydrax 1
Exohydrax | Dailydot

Bak mandi air panas mungkin menjadi kontroversi terbesar Twitch di tahun 2021. Kembali pada tahun 2019, Twitch mengubah Persyaratan Layanannya untuk mengizinkan pakaian renang dalam siaran langsung. Kemudian, beberapa pembuat konten mulai menggunakan perubahan ini sebagai celah, dan menggunakan siaran bak mandi air panas sebagai cara efektif untuk mendapatkan uang.

Dalam kasus ExoHydraX, banyak penggemarnya bertanya-tanya apa yang membuat streamingnya berbeda dari streamer lainnya yang melakukan hal yang sama. Twitch dituduh rasis karena netizen beragumen bahwa Exo berkulit hitam.

Meskipun begitu, belum ada konfirmasi dari pihak Twitch tentang isu tersebut. Selain Exo, Kiaraakitty juga dilarang di tengah siaran langsungnya, tapi hal tersebut murni kesalahannya yang memperlihatkan lemari pakaiannya yang rusak.


Kontroversi sepertinya memang sudah menjadi nama belakang bagi Twitch. Streamer Pokimane ikut memberikan komentar, Twitch perlu mengatasi situasi tersebut dengan menarik garis antara apa yang dianggap konten seksual eksplisit dan apa yang tidak.

Sepertinya ini menjadi jalan tengah untuk menghadapi kasus seperti ini, dan semoga kedepan Twitch akan membuat kebijakan yang lebih jelas agar tidak ada yang dirugikan lagi.

JANGAN LEWATKAN •
Streamer Populer BadBunny Kembali Dibanned Twitch!

Putra Arifah

Penulis di Dafunda #Games, Mahasiswa tua yang suka dengan berita game. Kamu bisa bertegur sapa melalui sosial Media