Kisah Kali, Sang Dewi Kematian dan Kegelapan dalam Kepercayaan Hindu!

in , ,
Kisah Kali, Sang Dewi Kematian Dan Kegelapan Dalam Kepercayaan Hindu! Dafunda Com

Dafunda Geek –  Apakah kalian pernah mendengar nama Kali? Dalam kepercayaan agama Hindu, Kali adalah demi yang dikait – kaitkan dengan kematian dan kegelapan yang ada di dunia ini. Tetapi, banyak juga yang menyebut Kali adalah sosok dewi yang mewakili pembaruan, pembersihan, serta ibu.

Tahukah kalian, Kali ternyata adalah salah satu dewi kepercayaan Hindu yang sangat menakutkan loh. Dia juga nerupakan tokoh sentral dalam beberapa cerita dan karya seni yang mengerikan. Di antara pemeluk Hindu, Kali mengilhami rasa hormat dan pengabdian serta memiliki peran yang amat kompleks.

Kali dalam bahasa Hindi berarti “yang hitam,” dan makna ini dapat diartikan dalam beberapa cara. Sang dewi jelas memiliki sifat gelap dan menakutkan yang bisa dianggap sebagai hitam. Dia juga mampu menelan dunia dalam kegelapan yang identik dengan warna hitam.

Kisah Kali, Sang Dewi Kematian Dan Kegelapan Dalam Kepercayaan Hindu! Dafunda Geek

Sementara kegelapan memunculkan rasa takut akan kematian pada orang yang tidak siap, hal ini juga melambangkan perdamaian bagi pengikutnya. Dalam kebanyakan karya seni, Kali digambarkan memiliki kulit gelap berwarna hitam atau biru serta memiliki tiga mata.

Salah satu dari empat lengan yang dimilikinya membawa pedang, sementara yang lain memegang kepala setan. Dua lengan lainnya nampak membentuk simbol-simbol berkat. Kali juga sering digambarkan memakai kalung kepala manusia atau bagian tubuh manusia lainnya serta dengan lidah yang menjulur.

Dewi Kali dianggap memiliki banyak kesamaan dengan dewi Hindu lain yaitu Durga. Banyak agama memiliki peran untuk dewa atau tokoh kuat yang memiliki kemampuan menyebabkan kehancuran total, dan Kali adalah salah satu dewi dalam tradisi tersebut.

Menurut Mitologi Hindu, Kali sering dikaitkan dengan Shiwa, dan dalam beberapa mitos, hanya Shiwa yang bisa mengendalikannya. Kali sering digambarkan dalam tindakan membunuh setan dan mengamuk di medan perang, tetapi mitologi Hindu juga melukiskan dirinya sebagai sosok ibu yang penuh kasih.

Ayo mulai berdiksusi