Asal usul Richard Grayson Yang Menjadi Robin Pertama Batman

in
Asal Usul Robin Dick Grayson

Siapa yang tidak mengenal Robin pertama Batman ini. Richard Grayson atau yang lebih dikenal sebagai Robin the Boy Wonder adalah seorang anak dari keluarga yang ahli akrobat yang dikenal dengan nama The Flying Grayson.

Kali ini Dafunda Komik akan membahas tentang asal usul Richard Grayson yang menjadi Robin pertama Batman. Simak penjelasannya di bawah ini.

Tragedi The Flying Grayson

Richard Grayson atau sering dipanggil dengan Dick Grayson adalah seorang anak akrobat sirkus yang masih berusia dua belas tahun. Dia adalah yang termuda di keluarga yang disebut The Flying Graysons dari The Haley sirkus.

Dick bergabung dengan sirkus diusianya yang sangat muda karena telah dilatih akrobat sejak lahir. Saat dalam tur di Kota Gotham, ia mendengar “Bos” Tony Zucco, seorang penguasa kejahatan yang terkenal dan ditakuti mengancam para pemain kecuali pemilik sirkus memberinya uang.

Namun pemilik sirkus menolak memberikan uang tersebut. Malam itu adalah penampilan dari The Flying Graysons. Sangat banyak orang kaya Gotham yang menyaksikan pertunjukan itu, salah satunya adalah Bruce Wayne.

Ibu ada Ayah Graysons tampil dengan memukau namun tali yang mereka gunakan untuk atraksi sudah disabotase. Dick menyaksikan kedua orang tuanya ketika tali tersebut putus dan mereka meninggal.

Asal Usul Richard Grayson
Tragedi The Flying Graysons

Dick merasa bertanggung jawab dan ingin membalas siapapun yang telah melakukan ini pada kedua orang tuanya.

Asal usul Dick Grayson Menjadi Robin

Tak lama setelah tragedi itu, Dick ditempatkan dalam panti asuhan remaja. Bruce Wayne yang menyaksikan tragedi itu ingin mengadopsi Grayson kecil dan tinggal dirumahnya.

Namun Dick Grayson tidak ingin posisi ayahnya digantikan oleh seorang milyader kaya raya. Dia frustrasi karena kurangnya perhatian dari ayah barunya dan misteri seputar kematian orang tuanya.

Pada suatu malam, Dick pun menyelinap keluar dari Wayne Manor untuk menyeledikinya sendiri. Dia kembali ke sirkus dan bertemu dengan rekan bisnis Zucco, Eddie Skeevers yang hampir membunuhnya.

Namun beruntung ia diselamatkan oleh Batman yang juga sedang menyelidiki kematian dari orang tua Dick Grayson. Dick pun dibawah oleh Batman ke Batcave. Setelah Dick Grayson bangun dari pingsannya, dia terkejut mengetahui bahwa Bruce Wayne adalah The Batman.

Mereka berhasil mengungkap keterlibatan Zucco, tetapi dia diduga meninggal karena serangan jantung sebelum penangkapannya. Melihat refleksi dirinya di Dick Grayson, Batman memberikan anak yatim piatu itu tawaran seumur hidup dan kesempatan untuk menjadi patnernya dalam memerangi kejahatannya.

Singkat cerita Dick memilih nama Robin sebagai alteregonya dan latihanpun dimulai. Misi pertama Dick bersama the Dark Knight adalah pertempuran dengan The Hangman di selokan Gotham, kemudian Two-Face dan hampir semua list penjahat Batman yang berada di Batcave.

Mereka berdua bersumpah pada malam itu bahwa mereka akan bertarung bersama melawan kejahatan dan korupsi dan tidak akan pernah berbelok dari jalan kebenaran. Batman akhirnya menyadari untuk pertama kalinya bahwa dia tidak perlu sendirian dalam perang memberantas kejahatannya.

Asal Usul Dick Grayson
Sumpah Batman dan Dick Grayson

Asal usul Dick Grayson menjadi Robin memiliki hubungan yang hampir mirip dengan Batman. Mereka berdua menyaksikan kematian kedua prang tua mereka, menciptakan dorongan untuk memerangi dunia kriminal yang jahat. Hal inilah yang memberikan ikatan dan pemahaman di antara keduanya.

Bruce mengajar seluruh teknik bertarung kepada Dick dan keterampilan detektif selama 6 bulan penuh. Akhirnyapun Dick siap turun ke jalan sebagai patner Batman dalam memerangi kejahatan dan diapun dijuluki dengan sebutan Robin the Boy Wonder.

Kekuatn Dick Grayson (Robin)

Asal Usul Robin Dick Grayson

Tak seperti kebanyakan superhero lainnya, Robin seperti halnya Batman yang hanya mengandalkan kekuatan, kecerdasan, teknologi,fisik serta kehendak yang kuat untuk melawan kejahatan.

Dalam  komik, Dick Gyason dianggap sebagai Robin yang luar biasa dan tidak tergantikan.

Meski tak punya kekuatan super, Robin berada di puncak kekuatan fisik manusia yang ia capai lewat pelatihan intensif. Secara garis besar, Robin punya 7 kekuatan yang ia andalkan yakni sebagai berikut.

1. Kecerdasan 

Kekuatan Robin yang pertama ialah IQ yang dimilikinya diperkirakan adalah 180, ada pula yang menyebutnya 192. Robin adalah pribadi yang brilian, nyaris tak tertandingi, dan menguasai puluhan bidang sains.

Robin adalah detektif, ahli taktik dan strategi, serta patner setia Batman. Karena tak punya kemampuan super, Robin sering menggunakan trik dan perencanaan untuk mengalahkan musuhnya, alih-alih berduel secara fisik.

2. Ahli beladiri

Robin adalah salah satu petarung terbaik di dunia. Dia belajar berbagai seni bela diri selama dari Batman yang telah menguasai setidaknya 127 aliran bela diri. Adapun teknik bertarung utamanya adalah campuran istimewa dari tinju, karate, Muay Thai, judo, Taekwondo, kickboxing, Jujitsu, serta Ninjutsu.

3. Ahli akrobat

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Robin pertama Batman ini sangat ahli dalam akrobat. Sebelum menjadi Robin pun Dick Grayson adalah salah satu ahli akrobat dari keluarga the FLying Graysons. Kemampuannya ini tentu jauh di atas manusia biasa.

4. Ahli senjata

Melalui latihan bela diri, Robin menguasai hampir semua jenis persenjataan. Dari senjata tradisional, Robin juga mempelajari senjata-senjata modern yang diciptakan Lucius Fox.

5. Kekuatan fisik

Seperti diungkapkan di atas, Robin punya kekuatan fisik yang lebih kuat dari manusia normal, bahkan para atlet Olimpiade. Kekuatan ini mencakup, kecepatan, stamina, kelincahan, refleks, daya tahan, dan kordinasi yang menduduki puncak potensi fisik manusia. Latihan keras dan pola hidup sehat selama bertahun-tahun adalah kuncinya.

6. Detektif

Ilmu yang dia pelajari dari sang Detektif terbaik dunia, Batman tentu tidak sia-sia. Robin mahir dalam mengeksploitasi teknik interogasi, menggunakan segala metode penegakan hukum hingga penyiksaan langsung, seperti yang ia lakukan pada musuh-musuhnya.

7. Kehendak kuat

Robin memang tak punya kekuatan super, tapi ia punya kekuatan kehendak yang ekstrim dan nyaris bersifat ‘superhuman’.

Profil Dick Grayson (Robin)

NamaRichard John “Dick” Grayson
AliasRobin the Boy Wonder
Kemunculan PertamaBatman #408 Juni, 1987
Markas OperasiGotham City
PenciptaBob Kane dan Bill Finger
Keahlian Kecerdasan
ahli senjata
ahli ninja
ahli menyamar
fisik dan stamina diatas rata-rata
ahli beladiri
detektif.
Dunia FiksiDC Universe

Begitulah asal usul Dick Grayson dan kisahnya dalam menjadi Robin pertama Batman.

Ayo mulai berdiksusi