Mengenal Joker Sang Musuh Bebuyutan Batman dan Kisah Asal usulnya yang Misterius

Asal Usul Joker

Siapa yang tidak mengenali Joker? Hampir semua penggemar film superhero tahu siapa karakter yang satu ini. Joker adalah seorang pembunuh berantai, kriminal, dan orang gila berbahaya yang berpakaian seperti badut dan melakukan kejahatan hanya untuk membuatnya tertawa.

Joker terkenal sebagai musuh terbesar Batman, dia berasal dari Gotham dan melakukan seluruh aksi kejahatannya di kota tersebut meskipun sebagian besar waktunya di habiskan dalam penjara Arkham Asylum.

Selain memiliki keahlian bertarung yang tidak bisa di tebak, Joker adalah dalang kriminal yang cerdas dan kejam. Dia tidak memiliki motivasi apapun dalam melakukan kejahatan. Setiap kejahatan yang dilakukannya semata-mata hanya untuk hiburan yang bisa membuatnya tertawa.

Batman adalah satu-satunya lawannya yang layak dan sebanding dengan Joker. Joker menganggap Batman seperti dirinya, jadi dia tidak membunuh Batman meskipun memiliki kesempatan berkali-kali.

Namun dia tidak segan untuk membunuh Robin kedua Batman yang bernama Jason Todd dan membuat Batgirl lumpuh dengan tembakan ke arah perut. Semua hal itu dilakukan Joker hanya agar Batman membunuhnya dan melanggar kodenya “tidak membunuh”.

Asal usul Joker tidak jelas dan masih diselimuti misteri. Meskipun begitu, sebelum menjadi Joker dia diketahui mengalami kecelakaan dan jatuh dalam zat kimia yang melukai pikiran dan tubuhnya. Cerita ini diangkat dalam film animasi WB yang berjudul Batman: The Killing Joke.

Kali ini Dafunda Komik akan merangkum dari berbagai sumber tentang asal usul Joker, Kekuatan Joker dan fakta lainnya yang mungkin belum kalian ketahui.

Asal usul Joker

Asal Usul Joker
Kisah Asal usulJoker

Joker diciptakan oleh Jerry Robinson, Bill Finger dan Bob Kane, pertama kali muncul di Batman # 1 pada tahun 1940. Namun kisah asal usul Joker baru terungkap dalam Detective Comics #168 pada Febuari 1951.

Dalam komik itu, sebelum menjadi Joker dia adalah seorang penjahat yang dikenal sebagai Red Hood. Dalam ceritanya, Red Hood jatuh ke dalam tong yang berisikan bahan kimia saat melarikan diri dari kejaran Batman. Dia kemudian muncul dengan warna kulit putih pucat, rambut hijau, dan senyum merah yang aneh.

Meskipun banyak cerita yang berhubungan, sejarah asal usul Joker yang sebenarnya tidak pernah ada dalam komik, dan nama aslinya tidak pernah dikonfirmasi dan idak ada yang tahu siapa Joker sebenarnya.

Asal usul Joker dalam Batman: The Killing Joke

Asal Usul Joker Batman Killing Joke

Dalam animasi Batman: The Killing Joke yang berdasarkan karya Alan Moore, Joker awalnya adalah seorang insinyur di sebuah pabrik kimia yang berhenti dari pekerjaannya untuk mengejar mimpinya menjadi seorang komedian. Namun pekerjaannya sebagai komedian tidak seperti yang diharapkan dan mengalami kegagalan total.

Akibat putus asa karena tidak bisa memenuhi kebutuhan istrinya yang sedang hamil, Jeannie, pria itu setuju untuk membantu dua penjahat masuk ke pabrik tempat dia pernah bekerja.

Dalam versi cerita ini, Joker dijebak dan harus mengenakan identitas Red Hood yang berperan sebagai pemimpin tim kejahatan ini.

Sebelum rencanya berhasil, polisi menghubungi dia dan memberi tahu bahwa istri dan anaknya yang belum lahir meninggal dalam kecelakaan rumah tangga.

Karena diliputi kesedihan, ia berusaha untuk mundur dari rencana itu, tetapi dua penjahat dibelakangnya memaksa dia untuk memenuhi pekerjaannya untuk mereka.

Mereka bertiga masuk ke pabrik tersebut dan bertemu dengan petugas keamanan dan terjadi baku tembak dimana kedua penjahat itu terbunuh.

Ketika Joker mencoba melarikan diri, ia dihalangi oleh Batman yang sedang menyelidiki perampokan dan identitas Red Hood. Karena ketakutan, Joker pun tergelincir dan masuk kedalam tong yang penuh dengan bahan kimia. Ketika muncul warna kulitnya sudah putih pucat, rambut hijau, dan hanya tertawa dengan senyum merah yang aneh.

Peristiwa ini dan ditambah dengan kematian istri dan anaknya di hari yang sama sudah cukup mendorong sang komedian ini untuk menjadi gila dan menyebabkan kelahiran Joker.

Asal usul Joker dalam Batman: Gotham Knights

Asal Usul Joker Batman Gotham Knights

Kisah kedua yang menceritakan tentang asal usul Joker ada dalam komik Batman: Gotham Knights # 50-55. Karakter pendukung sekaligus saksi dalam cerita ini adalah Edward Nigma yang akhirnya menjadi Riddler.

Nigma menceritakan bahwa istri Joker diculik dan dibunuh oleh para penjahat untuk memaksa sang insinyur itu melakukan kejahatan. Dalam versi ini, Joker dipanggil Jack.

Asal usul Joker dalam Batman: Confidential

Asal Usul Joker Batman Confidental

Dalam komik Batman Confidential (# 7-12) menceritakan Joker yang bernama asli Jack sebagai seorang penjahat yang meninggalkan identitas Red Hood. Jack hampir bunuh diri karena kebosanan dengan pekerjaannya sebagai penjahat.

Dia berbicara dengan pelayan bar bernama Harleen Quinzel yang meyakinkan dia untuk kembali melanjutkan kehidupannya. Jack menjadi terobsesi dengan Batman setelah dia menggagalkan salah satu aksi kejahatannya. Hal ini membuat Jack merencanakan sesuatu untuk menarik perhatian Batman dalam acara pesta dansa.

Jack melukai Lorna Shore yang saat itu berpacaran dengan Bruce Wayne, dan Batman melemparkan Batarang yang melukai wajah Jack. Jack berhasil melarikan diri dan Batman memberikan informasi tentang Jack kepada mafia, yang menyiksa Jack di pabrik kimia.

Jack membunuh beberapa mafia tersebut setelah melarikan diri, tetapi jatuh ke dalam sebuah tong kosong yang akhirnya dibanjiri dengan bahan kimia antidepresan yang mengubah penampilannya menjadi badut dan menyelesaikan transformasinya sebagai Joker.

Asal usul Joker dalam Batman: Streets of Gotham

Asal Usul Joker Batman Streets Of Gotham

Dalam kilas balik Batman: Streets of Gotham, ada seorang anak lelaki yang dikenal sebagai Sonny yang pergi ke sebuah panti asuhan Martha Kane. Sonny dirawat dengan baik oleh petugas yang berada dsitu.

Namun dia menyaksikan kejahatan mengerikan oleh beberapa mafia dan membuat rahangnya patah dan terinfeksi virus tertawa. Namun dia berhasil disembuhkan berkat bantuan panti asuhan Martha Kane tersebut.

Para mafia tetap melanjutkan aksinya dan kali ini mereka mengebom panti tersebut dan menculik Sonny ketika dia berusaha menyelamatkan Kane. Sonny berulang kali menerima kekerasan fisik yang menyebabkan rahangnya yang sudah rusak tidak sejajar.

Mafia tersebut mengatakan bahwa mereka ingin membuatnya “selalu” tersenyum” dan berhenti bersedih. Dari peristiwa tersebut sangat tersirat bahwa “Sonny” akan tumbuh menjadi Joker.

Kesimpulan Asal usul Joker

Seperti yang sudah kami bilang sebelumnya, tidak ada cerita yang pasti mengenai kisah asal usul Joker. Joker sering digambarkan berbohong tentang kehidupan yang dia miliki sebelumnya sehingga ia sendiri bingung tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Seperti yang dia katakan dalam Batman: The Killing Joke: “Terkadang saya mengingatnya satu cerita, kadang banyak … jika saya memiliki masa lalu, saya lebih suka itu menjadi pilihan ganda!”

Penampilan Joker

Asal Usul The Joker

Penampilan Joker sudah pernah dilakukan dari awal tahun 1960-an. Cesar Romero pernah memerankan karakter ini di serial televisi Batman tahun 1960-an, Jack Nicholson dalam film Batman karya Tim Burton, dan Mark Hamill di Batman: The Animated Series, serial DC Animated Universe lainnya, dan game Batman: Arkham.

Seperti yang diperankan oleh Nicholson, The Joker berada di peringkat # 45 dalam daftar 50 penjahat film terbaik di American Film Institute.

Heath Ledger menandatangani kontrak untuk peran Joker pada Juli 2006 dalam sekuel Batman Begins karya sutradara Christopher Nolan, The Dark Knight.

Ledger bahkan memenangkan Oscar anumerta untuk penampilannya yang luar biasa sebagai Joker. Karna prestasinya ini, Majalah Wizard mencatatkan Joker sebagai penjahat nomor 1 sepanjang masa pada tahun 2008.

Joker juga berada di peringkat ke 8 dalam daftar Karakter Buku Komik Terbesar Sepanjang Masa, yang dirilis oleh Empire dan menjadi karakter penjahat dengan peringkat tertinggi dalam daftar tersebut. Joker juga menjadi Karakter Buku Komik Terbesar kelima yang pernah ada dari 200 karakter yang ada di Majalah Wizard.

Kekuatan Joker/Keahlian Joker

Kekuatan Joker

Setelah mengetahui kisah asal usul Joker yang rumit, kali ini kita akan masuk kedalam bagian kekuatan Joker. Berikuta adalah daftar kekuatan atau keahlian yang dimiliki oleh Joker.

Joker melakukan kejahatan dengan senjata “tertawa” yang tak terhitung jumlahnya. Seperti kartu poker yang setajam pisau, bunga asam, pie sianida, bel listrik dan Joker Venom atau yang disebut juga dengan “Happy Gas”. Racun Happy Gas yang mematikan membuat korbannya tertawa sampai mati.

Joker bahkan menciptakan sabuk utilitas sendiri untuk menampung semua senjatanya. Joker juga sangat terampil di bidang kimia, genetika, dan teknik nuklir.

Joker juga memiliki skill bertarung yang cukup baik. Meskipun Batman lebih baik darinya, namun seluruh serangan Joker yang tidak bisa di prediksi terkadang membuat Batman cukup kerepotan.

Akan tetapi keterampilan bertarung ini juga dapat terkadang berbeda karena penulis/artis yang berbeda memiliki interpretasi yang berbeda pula terhadap Joker.

Dalam beberapa kasus ia sangat lemah sehingga Batman dapat mengalahkannya dengan satu pukulan. Sementara dalam kasus lain, ia telah terbukti dapat menyeimbangi The Dark Knight bahkan dalam beberapa kesempatan mampu mengalahkan Batman.

Joker telah memalsukan kematiannya beberapa kali, bahkan dalam situasi yang membuat kita berpikir dia benar benar tidak bisa kabur. Meskipun ia terlihat terjebak dalam ledakan, ditembak berulang kali, dijatuhkan dari ketinggian, disetrum, dll., Joker selalu berhasil kembali hidup-hidup dan tanpa cedera apapun untuk melanjutkan kembali aksinya.

Pada dasarnya, senjata Joker yang paling kuat adalah pikirannya, kecerdikannya dan mampu memanipulasi lawannya.

Profil Joker

Nama AsliTidak diketahui
Kemunculan PertamaBatman #1 1940
Pencipta Jerry Robinson, Bill Finger dan Bob Kane
AsalGotham City, Arkham City
RambutHijau
MataHijau
Tinggi180cm
Berat70 kg
Diperankan Oleh Cesar Romero
Jack Nicholson
Mark Hamill (pengisi suara)
Kevin M. Richardson (pengisi suara)
Heath Ledger
John Di Maggio (pengisi suara)
Brent Spiner (pengisi suara)
Michael Emerson (pengisi suara)
Troy Baker (pengisi suara)
Jared Leto
Zach Galifiankis (pengisi suara)
Cameron Monaghan
Anthony Ingruber (pengisi suara)
Joaquin Phoenix

Legend

Heru Fernanda

Menyukai segala hal tentang Marvel dan DC. Jika Ditanya Saya Suka DC atau Marvel? Jawaban saya: "Why not Both?"

Years Of Membership
Content Author
Emoji Addict

Ayo mulai berdiksusi