Mengenal Supergirl, Sepupu Superman dan Ras Terakhir dari Planet Krypton

in ,
Supergirl

Siapa yang tidak mengenal sepupu Superman ini? Meskipun masih muda dan ceroboh, dia hampir sekuat Superman dalam hal kekuatan. Kali ini Dafunda Komik akan membahas tentang asal usul supergirl, kekuatan supergirl dan fakta lainnya yang mungkin belum kalian ketahui.


Asal usul Supergirl

Supergirl adalah nama superhero untuk Kara Zor-El, dia merupakan sepupu dari Superman. Karakter ini diciptakan oleh penulis Otto Binder dan dirancang oleh seniman Al Plastino pada tahun 1959. Supergirl pertama kali muncul di Action Comics di mana edisi pertama Superman diperkenalkan. Karakter ini kemudian muncul di buku-buku komik dan kemudian muncul kartun animasi anak-anak, film, televisi dan video game.

Supergirl lahir dan dibesarkan di Argo City, salah satu kota yang terdapat di planet Krypton. Kara Zor-El dikirim oleh orang tuanya Zor-El dan Alura In-Ze ke Bumi untuk menyelamatkan hidupnya dari kehancuran planet Krypton.

Dia akhirnya bertemu sepupunya Kal-El (Superman). Sebagai seorang remaja, Kara harus belajar untuk menyesuaikan diri dengan budaya yang benar-benar berbeda.

Keluarga Kara antara lain adalah Alura In-Ze (Ibu kandung), Zor-El (Ayah), Jor-El (Paman/ayah superman), Lara Lor-Van(Bibi/Ibu Superman). Saat di bumi, Kara di diperkenalkan dan dirawat oleh ibu dan ayah angkat Superman, Martha dan Jonathan Kent.

Setelah mengetahui asal usul Supergirl, kita akan membahas tentang kekuatan yang dimilikinya.


Kekuatan Supergirl

Kekuatan Supergirl seperti mahkluk Kryptonian layaknya Superman. Dia sangat kuat, cepat, kebal, dan memiliki kemampuan untuk terbang. Matanya dapat memancarkan sinar laser, penglihatan yang dia miliki mampu melihat lebih luas daripada mata manusia, dan bisa melihat sinar-x dan gelombang radio.

Berikut Dafunda komik akan menjabarkan kekuatan yang dimiliki oleh supergirl.

1. Terbang

kekuatan supergirl terbang

Kekuatan Supergirl yang pertama yaitu mampu menghasilkan medan gravitasi yang memungkinkan dirinya  terbang dan melayang. Kara bisa terbang dengan kecepatan supersonik (lebih dari 2000 mil per detik). Sedangkan di luar angkasa, ia mampu bergerak dengan kecepatan super luminal (lebih cepat dari cahaya).

2. Stamina Super 

Dia memiliki stamina yang tak terbatas selama ia terus terpapar sinar matahari kuning.

3. Pendengaran Super

Selain itu, kara juga mampu mendengar berbagai suara dalam berbagai frekuensi. Ia juga mampu mendengar suara dari tempat yang sangat jauh dan memilih suara mana yang ingin dia dengar

4. Kebal

kekuatan supergirl

Tubuhnya kebal terhadap berbagai serangan. Batas ketahanan tubuh Supergirl cenderung berubah – ubah. Ia pernah diperlihatkan mampu menahan serangan rudal nuklir.

5. Penglihatan Super

Supergirl memiliki berbagai kelebihan dalam penglihatannya, seperti penglihatan X – Ray, melihat jarak jauh layaknya teleskop, melihat benda yang sangat kecil, mampu melihat gelombang radio dan elektromagnetis.

6. Menyerap dan Menyimpan Energi Matahari

Tubuhnya juga mampu menyerap energi dari sinar matahari secara terus – menerus dan menyimpannya sebagai sumber energi. Dengan energi ini mampu memberikannya berbagai kekuatan super, seperti kekuatan fisik luar biasa, panca indera super, dan kemampuan untuk menangkal gravitasi.

7. Heat Vision

kekuatan supergirl heat vision

Supergirl mampu menghasilkan sinar panas dari matanya. Ia bisa membuat sinar ini tak terlihat dan menurunkan skalanya menjadi mikroskopis. Heat vision yang dimilikinya ini mampu membakar dan melelehkan apa saja yang diinginkan nya.

8. Kecepatan Super

Kara juga mampu terbang dan bergerak dengan sangat cepat. Meski mampu bergerak melebihi kecepatan cahaya, batas maksimal kecepatannya tidak pernah diukur, yang pasti ia tidak secepat Flash.

9. Kekuatan Fisik Luar Biasa 

Kekuatan kara selanjutnya yaitu mampu mengangkat beban terberat yang tidak bisa dibayangkan manusia. Maksimal beban yang mampu diangkat belum diketahui hingga sekarang, menandakan bahwa sang alien yang berasal Krypton hampir mampu mengangkat benda seberat apapun.

10. Nafas Super / Nafas Es

Supergirl mampu menghisap udara dalam jumlah besar dan menyimpannya dalam paru – paru selama beberapa waktu. Ia bisa menggunakan udara tersebut untuk menciptakan angin ribut atau menurunkan temperaturnya hingga menjadi sangat dingin.

11. Berumur Panjang

asal usul supergirl

Dalam beberapa versi cerita, orang Krypton diperlihatkan bisa hidup lama dengan sangat sedikit mengalami penuaan selama ia terpapar sinar matahari kuning.


Kelemahan Supergirl

Kemampuannya berasal dari sinar matahari kuning yang diserap oleh tubuhnya. Apabila ia berada di lingkungan tanpa sinar matahari kuning, ia akan kehabisan energi yang tersimpan dan akan kehilangan kekuatannya. Selain itu dia juga bisa dilemahkan oleh unsur radioaktif yang dikenal sebagai Kryptonite dan sihir.


Profil  Supergirl

Nama asliKara Zor-El, Kara Danvers
DebutAction Comics #252 (Mei 1959)
SpeiesKryptonian
Tempat Asal
Krypton
PenciptaOtto Binder dan Al Plastino
Dunia fiksi
DC Universe
KerjasamaJustice League

Participant

Heru Fernanda

Menyukai segala hal tentang Marvel dan DC. Jika Ditanya Saya Suka DC atau Marvel? Jawaban saya: "Why not Both?"

Ayo mulai berdiksusi