Berita FilmMovie

Tenet Mempengaruhi Judas and the Black Messiah Menjadi Nomine Oscar

Siapa sangka kalau film sci-fi hit milik Christopher Nolan (Inception), Tenet, menjadi penyebab utama film drama Judas the Black Messiah sukses masuk sebagai nomine Oscar tahun ini?

Ya kalau kita pikir cukup unik dan gokil juga memang. Tapi ya begitulah kenyataannya. Lalu kok bisa demikian ya? Padahal secara tema, konsep, maupun genre cerita, kedua filmnya beda banget.

Semua Karena Nolan

Jadi melansir IndieWire, sebenarnya Warner Bros ingin meng-kampanyekan (push) Tenet untuk menjadi nomine Oscar. Pihak WB, bahkan telah mencurahkan seluruh dananya untuk melakukan hal tersebut.

Tapi Nolan justru mencegah WB melakukan itu. Loh kok malah begitu? Hal ini karena Nolan lebih ingin WB menggunakan uang mereka tersebut untuk memperpanjang durasi teatrikal Tenet di seluruh bioskop.

Alhasil karena ini, WB pun mem-push Judas the Black Messiah sebagai calon nomine Oscar-nya. Dan seperti kita tahu melalui pengumuman nomine Oscar tahun 2021 ini, Judas and the Black Messiah pun meraih 2 nominasi: Best Pictures dan Best Suppoting Actor untuk Daniel Kaluuya (Get Out).

Nolan Peduli Fans

Tindakan yang Nolan lakukan ini sukses menampilkan 2 aspek. Pertama, mungkin adalah pembuat film pertama yang menolak untuk masuk nomine Oscar dan kedua, kelihatan banget kalau ia adalah sosok yang peduli banget dengan audiens / fans nya.

Atau mungkin lebih spesifiknya lagi, ia peduli banget dengan integritas karyanya. Dan wajar sih apabila ia seperti ini. Bagi kita-kita yang sudah menyaksikan Tenet atau film-film Nolan sebelumnya, ya bisa kebayang banget kan bagaimana sulit dan ribetnya membuat karya-karyanya tersebut?

Terlebih lagi untuk masalah Tenet ini, seperti kita tahu, alasan terhambatnya film ini, ya karena masalah alamiah alias pandemi COVID-19. Jadi ya Nolan sebagai manusia biasa tentunya gak bisa berbuat banyak untuk mencegahnya bukan?

Jadi ya satu-satunya cara yang bisa ia lakukan adalah dengan memohon distributornya, WB untuk memperpanjang durasi Tenet nya. Dan untunglah seperti kita ketahui, mereka mengabulkannya. Semoga saja pengorbanan ini nantinya worth it.

Sekarang, bagaimana nih pendapatmu dengan kabar unik Tenet dan Judas and the Black Messiah?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment