30 Lagu Terkeren Dekade 1970an: Disko Dan Eksplorasi Gelombang Baru Bermusik

in
Lagu Terkeren Dekade 70an
Black Sabbath | CNN Indonesia

Dekade 70an, bisa dikatakan adalah awal dari eksplorasi genre musik. Musik gak lagi menyuguhkan Rock N’ Roll dan Psychedelic.

Rock semkain keras dengan eksplorasi heavy metal, Pop lebih dinamis lagi dengan eksplorasi pencampuran dengan synthesizer yang alhasil menghasilkan genre yang disebut dengan New Wave, dan tentunya Disko “ajojing” yang menjadi rajanya genre musik di dekade ini.

Dan dari seluruh eksplorasi lagu-lagu yang ada tersebut, berikut adalah 30 eksplorasi terekeren diantaranya.

30. Debbie Boone – You Light Up My Life (1977)

Lagu ini awalnya sebenarnya, dinyanyikan oleh Kasey Cisyk di tahun yang sama sebagai soundtrack dari film berjudul sama pula.

Namun, di dalam waktu yang bersamaan, versi Boone yang terdengar jauh lebih komersil, juga dirilis. Alhasil karena faktor komersialnya itu, versi Boone lah yang hingga kini jauh lebih nge-hit.

Dan emang gak heran juga. Versi Boone memiliki komposisi musik yang terdengar jauh lebih “ear-friendly”, lebih grande (megah), dan tentunya lebih “mewek” sesuai era-nya.

29. ABBA – Chiquitita (1979)

“Dancing Queen” (1976) gak dipungkiri adalah lagu super populer dari grup asal Swedia ini. Tapi faktanya bukan lagu disco abadi itu aja yang enak dari ABBA.

Dan salah satu lagu yang gak kalah enaknya dari lagu sejuta umat tersebut adalah lagu yang diambil dari album Voulez-Vous (1979) ini.

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Maha Keren Dari The Beatles

Memiliki komposisi layaknya lagu pop balada untuk anak bahkan, seperti lagu folk negara mereka sendiri, “Chiquitita” adalah salah satu contoh lagu pop koor yang sangat “sadis” untuk telinga kita. Banyak grup vokal yang ingin men-cover lagu ini, tapi yeah, tetep aja versi orisinilnya yang keren.

28. Bill Withers – Ain’t No Sunshine (1971)

Lagu ini kembali ngetop dalam beberapa bulan belakangan ini pasca kematian Withers di akhir Maret 2020 lalu di usia 81 tahun.

Dan gak heran jika “Ain’t No Sunshine” begitu dikenang hingga detik ini. Lagu ini soalnya emang enak banget komposisinya, Withers memasukkan unsur Jazz, Soul, dan Blues yang terdengar sangat magis.

Belum lagi ketika dirinya menyanyikan lirik “I know, I know”-nya itu secara repetitif nan meracau yang alhasil, kian menambah kenikamatan kiat ketika mendengarkan lagunya ini.

JANGAN LEWATKAN •
Juice WRLD Sukses Menyamai Rekor Yang Dipegang The Beatles

27. Bob Seager – Old Time Rock N’ Roll (1979)

Puncak ngetopnya lagu berirama Rock N’ Roll moderen ini adalah ketika digunakan sebagai soundtrack di adegan ikonik dansa “handuk mandi” Tom Cruise di film cult classic-nya, Risky Business (1983).

Ya untung aja kala itu Cruise dan sutradara Paul Brickman (Men Don’t Leave) kepikiran untuk masukin lagu Seager ini. Kalau gak sayang banget emang. Karena lagu ini emang gokil banget sih. Dijamin setiap dengernya, ingin membuat kita ikutan nyanyi dan joget-joget terus.

26. Elton John – Saturday Night’s Alright for Fighting (1973)

Salah satu trek paling nge-rock yang dimiliki oleh Elton. Komposisinya sangat ter-influens oleh Rock N’ Roll, Hard Rock, dan awal sound Glam Rock.

Sesuai judulnya, lagunya, keseluruhan komposisi (termasuk temponya) sangat upbeat dan fast-pace yang dijamin akan membuat mood kita langsung semangat gak karu-karuan. Gokil dah!

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Terkeren Dekade 1950an: Lahirnya Rock N' Roll

25. Carly Simon – Nobody Does it Better (1977)

Lagu yang menjadi soundtrack dari film James Bond ke-10 franchise 007, James Bond, The Spy Who Loved Me (1977) ini, gak dipungkiri memiliki sound 70’s yang kental banget.

Walau demikian, entah mengapa selain terdengar sangat enak, juga terdengar sangat pas dengan tone film Bond yang dibintangi oleh Roger Moore tersebut.