CelebrityIdolK-PopMusik

Inilah Alasan Mengapa Sangat Sulit Menemukan Idol Kpop Yang Menulis Lagu Mereka Sendiri

Inilah beberapa penyebab sangat jarang kita tahu tentang mengapa idol Kpop tidak tulis lagu sendiri. Langsung aja berikut penjelasannya

Hampir satu dekade ini, iklim industri musik tengah menguntungkan para penyanyi yang juga menulis lagunya sendiri. Kita sendiri telah membahasnya secara detail dalam beberapa tulisan sebelumnya. Namun berbeda dengan industri musik Kpop, dimana para idol atau member dari suatu grup. Serta solois Kpop sangat jarang sekali menulis lagu-lagu yang mereka nyanyikan.

Mengenai fenomena ini, sebetulnya ada beberapa penjelasan yang bisa jadi alasan kuat mengapa jarang sekali di temukan lagu hasil ciptaan idol Kpop. Berikut ini, kami bakalan kasih tau kalian hal-hal apa saja yang bikin fenomena ini terjadi. Langsung aja kita mulai pembahasannya sekarang juga.

Banyak Idol Kpop Yang Kemampuan Songwriting nya Masih Kurang Bagus

Allkpop Woozi Seventeen
Woozi Seventeen, member grup Seventeen kerap menulis lagu ciptaannya sendiri | Allkpop

Sejak awal, para idol Kpop memang di didik untuk bernyanyi, menari, serta melakukan rap. Tapi bukan berarti selama masih menjadi trainee, mereka enggak ada pelajaran khusus menciptakan lagu sendiri. Karena agensi juga enggak selamanya bergantung dengan para Songwriter terus-terusan.

Nah, dari penjelasan di atas. Para idol Kpop setidaknya sudah punya basic atau dasar bagaimana cara membuat sebuah lagu, atau minimal bikin liriknya. Namun karena agensi meragukan lagu ciptaan idol mereka sendiri. Ini yang ngebuat beberapa lagu hasil tulisan idol Kpop jarang di rilis.

Meski begitu, ada agensi yang memang memperbolehkan sang idol menciptakan lagu-lagunya sendiri bahkan di jadikan lagu andalan. Seperti para member dari grup Seventeen terutama sang leader (Woozi).

Jika agensi memperbolehkan sang idol merilis lagu ciptaannya sendiri. Berarti mereka sudah merasa yakin jika sang Idol memang punya kemampuan Songwriting yang bagus.

Tidak Sesuai Dengan Konsep Comeback Yang Diberikan Agensi

The Mary Sue Red Velvet
Red Velvet di kenal dengan grup yang punya lebih dari satu konsep comeback | The Mary Sue

Yang menarik dari Kpop itu bukan cuma rilisan-rilisan lagunya saja kala mereka melakukan comeback. Namun dalam comeback nya tersebut. Konsep apa yang mereka bawa dan jadi image mereka selama melakukan promosi comeback.

Itu sebabnya, di ranah Kpop kita banyak mengenal konsep-konsep seperti Girl Crush atau High Teen di mana para idol bakalan memiliki kostum-kostum kece. Tentunya kalo udah bawa ke konsep seperti ini. Jelas lagu-lagu yang masuk akan di filter oleh agensi.

Karena sebab masalah konsep ini, akhirnya ngebuat para idol Kpop yang udah nyoba bikin lagu ini jadi tidak punya kesempatan untuk merilis lagu ciptaannya sendiri. Karena bisa jadi, lagu ciptaan mereka enggak sesuai dengan konsep comeback yang agensi berikan.

Tetap Lolos Filter Agensi, Namun Hanya Jadi B-Side Track

Harrison The Artist
B-Side Tracks | Harrison The Artist

Satu lagi penyebab mengapa jarang kita melihat idol Kpop menulis lagunya sendiri adalah. Karena lagu-lagu ciptaannya ini gagal jadi lagu andalan di album barunya tersebut. Karena berbagai alasan yang tentunya juga berkaitan dengan reputasi sang idol.

Jika kami mencontoh Seventeen, Pledis sepertinya memang sudah memercayai mereka untuk masalah Songwriting. Namun ada beberapa agensi yang justru merasa agak khawatir jika lagu bikinan idol mereka ini enggak bakal dapet sambutan bagus. Sehingga mereka enggak mau mempertaruhkan reputasi sang idol demi sebuah lagu yang estimasi peluangnya masih abu-abu.

Hal ini tentunya bikin kita harus mengulik album atau EP idol Kpop lebih dalam. Karena ya bisa jadi, ada lagu-lagu bikinan idolnya sendiri namun hanya di masukkan di trek sampingan. Atau yang sering di katakan sebagai B-Side Track.

Ada Metode/Platform Alternatif Untuk Merilis Lagu Ciptaan Mereka Sendiri

idol kpop tulis lagu sendiri
Tidak jarang member grup Kpop sekarang rilis lagu bikinannya sendiri di Soundcloud | Soundcloud real___pcy

Kamu sering mendengar idol dari salah satu grup Kpop melakukan solo project atau debut menjadi solois? Well. Bisa jadi mereka yang melakukan solo debut ini selain mendapat lampu hijau dari agensi, juga menjadi kesempatan untuk merilis lagu-lagu ciptaannya sendiri.

Bisa kita lihat contoh nyata dari kasus ini. Misalkan dari yang terbaru ada J-Hope dan Suga BTS. Lalu juga Tiffany Young dari Girls Generation, bahkan Hwasa MAMAMOO juga menjadi Co-Composer di lagu solonya sendiri.

Selain itu, tidak jarang juga ada Idol-idol Kpop yang punya akun Soundcloud mereka sendiri. Melalui Soundcloud ini, para idol Kpop mengeluarkan hasrat mereka dalam menulis lagu mereka sendiri.


Itulah tadi beberapa penjelasan singkat mengapa sangat jarang kita menemukan idol Kpop menulis lagu mereka sendiri. Menurut kalian, bagaimana dengan penjelasan di atas?

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.