Daftar MusikK-PopMusik

Bakal Comeback Full Team, Simak Perjalanan Karir Girls Generation Dari Debut Hingga Sekarang

Tahun ini, girlgroup Kpop Girls Generation akan segera merayakan ulang tahun mereka yang kelima belas tahun. Demi merayakan momen ulang tahunnya itu, SM Entertainment sudah fix akan membawa kedelapan member grup tersebut untuk melangsungkan comeback mereka.

Selama 15 tahun berkiprah di industri musik Kpop, nama Girls Generation sendiri sudah menjadi sebuah icon dan beberapa pengamat menyebut jika grup ini adalah legenda dari industri tersebut. Wah, kok bisa ya? Jadi begini nih perjalanan kari Girls Generation hingga mendapat pujian seperti itu.

1. Debut di Tahun 2007 Dengan Lagu Fenomenal

Girls' Generation 소녀시대 '다시 만난 세계 (Into The New World)' MV

5 Agustus 2007 adalah hari resmi yang menandai grup ini debut di industri musik Kpop. Saat itu, Girls Generation masih terdiri dari 9 orang. Yakni Taeyeon, Yuri, Hyoyeon, Tiffany, Jessica, Sooyoung, Yoona, Sunny, dan Seohyun.

Mereka debut dengan lagu berjudul Into the New World yang media Korea Selatan sebut adalah lagu girlgroup paling fenomenal di era 2000’an. Belum lagi, lagu ini pernah digunakan dalam demo para siswa di sebuah sekolah dan menjadi saksi tindakan police brutality dalam demo tersebut.

2. Sempat Punya Pengalaman Tidak Enak Pada Tahun Pertamanya

080608 - SNSD - Girls' Generation @ Dream Concert (Real HD 720p)

Kesuksesan Into the New World sendiri enggak serta merta bikin mereka jadi superstar yang banyak orang sukai. Nyatanya ketika Girls Generation baru berusia satu tahun, mereka ini sempet punya pengalaman gak mengenakan ketika sedang manggung di acara Dream Concert tahun 2008 silam.

Saat itu, mereka mendapatkan kejadian black ocean yakni momen saat penggemar mematikan lightstick sebagai bentuk protes hingga blacklist pada sebuah group. Dalam konser itu, mereka menampilkan lagu debutnya yaitu Into the New World.

Namun para penonton kecuali fans mereka sendiri mematikan lightstick dan membuat venue terlihat gelap hingga disebut dengan black ocean. Bahkan tampil dalam kegelapan juga tanpa riuh tepuk tangan penonton.

3. Kesuksesan Gee Hingga Konser Perdana

Sm Entertainment Girls Generation Gee
Gee era | SM Entertainment

Nasib Girls Generation membaik di tahun 2009. Comeback dengan lagu berjudul Gee, grup asuhan SM Entertainment ini akhirnya benar-benar mencapai titik puncak mereka sebagai grup Kpop. Lagu ini bahkan menjadi hits dan menjadi jawara di berbagai tangga lagu digital Korea Selatan.

Berkat kesuksesan Gee, SM Entertainment akhirnya mengumumkan konser perdana grup tersebut. Bertajuk Into the New World, tiket untuk konser tersebut mulai dijual pada 19 November dan berhasil terjual habis hanya dalam waktu 3 menit.

Olympic Park Fencing Stadium menjadi tempat pertama grup tersebut mengadakan konser perdananya pada 19 dan 20 Desember dan berlanjut ke kota-kota lainnya di Asia, termasuk Shanghai.

4. Debut Di Amerika Hingga Kehilangan Member

Sm Entertainment Girls Generation The Boys
Era The Boys | SM Entertainment

Selama rentang waktu 2009 hingga 2013, SM memang memulai rencana ekspansi pasar musik mereka ke luar Korea Selatan. Girls Generation mendapat kesempatan tersebut ketika SM mengumumkan kesepakatan kerjasama dengan Universal Music Group. Kala itu, The Boys menandai lagu pertama Girls Generation hadir di pasar musik dan tangga lagu Amerika.

Sayangnya, debut Amerika mereka kurang mendapat sambutan positif dari warga Amerika. Sehingga mereka kembali berfokus di Korea Selatan pada tahun 2012. Dua tahun setelahnya, grup ini mengalami masa-masa sulit karena SM mendepak Jessica dengan alasan yang tidak bisa mereka jelaskan.

5. Comeback Terakhir Dan Kontrak Sebagian Member Yang Habis

Girls' Generation 소녀시대 'Holiday' MV

Setelah kepergian Jessica, Girls Generation dengan formasi delapan member juga enggak bikin popularitas mereka langsung drop. Berbagai kesuksesan di setiap comeback nya bisa kita lihat seperti era Mr. Mr, Lion Heart, dan Holiday Night.

Namun Holiday Night menjadi comeback paling terakhir mereka dengan formasi lengkap. Karena di tahun 2018, 3 dari 5 member grup itu memutuskan untuk enggak memperpanjang kontrak mereka dengan SM Entertainment.

Meski begitu, SM enggak mengumumkan kalo Girls Generation bubar. Sehingga dari beberapa spekulasi, reuni mereka akhirnya terlaksana di perayaan ulang tahunnya yang kelima belas ini.


Itulah tadi cerita singkat perjalanan karir Girls Generation dari debut hingga mencapai titik kesuksesan sekarang. Kalian sendiri suka enggak nih sama grup Kpop yang satu ini?

Baca juga:  Benarkah SM Entertainment Alami Kemunduran Karena BTS?

Related Posts

Leave Comment