Daftar MusikMusik

15 Lagu Yang Mungkin Kita Gak Tahu Adalah Lagu Cover

Inilah 15 lagu yang mungkin kita gak tahu adalah lagu cover (daur ulang). Faktanya hingga detik ini. Masih banyak rilisan lagu baru yang pada dasarnya merupakan versi cover atau daur ulang dari versi aslinya.

Nah karena masih saking banyaknya itu. Alhasil, gak jarang banget jika kita suka gak sadar atau bahkan gak tahu kalau lagu yang sedang kita dengar bukanlah 100% lagu baru (fresh).

Selain itu juga ketidak tahuan  ini kerap difaktori oleh 2 hal: Pertama, kita memang belum lahir ketika versi orisinilnya rilis. Atau kedua, band atau penyanyi yang men-cover, benar-benar keren. Sehingga, membuat versi aslinya menjadi tenggelam.

Nah berdasarkan pernyataan tersebut. Berikut adalah 15 lagu yang mungki saja kita gak tahu adalah lagu cover. Siap-siap untuk kaget gak karuan ya guys!

1. Babyface & Des’ree – Fire (1998)

Lagu yang mungkin kita gak tahu adalah lagu cover yang pertama adalah adalah salah satu hit menjelang akhir dekade 90an ini.

Ya siapa sangka lagu R&B yang super booming ketika rilis ini. Ternyata bukanlah lagu orisinil dari keduanya? ‘Fire’ faktanya adalah lagu yang dibuat oleh solois 70an dan 80an top, Bruce Springsteen aka “The Boss” menjelang akhir dekade 70an.

Akan tetapi terlepas Springsteen yang membuat lagunya. Ia justru tidak langsung membawakannya pada saat itu juga. Justru ia memberikannya dulu ke sahabat musisinya, Robert Gordon. Gordon merilis versinya pada tahun 1978.

Nah pada tahun yang sama, trio R&B legendaris, The Pointer Sisters men-cover lagunya. Barulah pada tahun 1987, Springsteen merilis versinya itu.

2. Atomic Kitten – The Tide is High (2002)

Apabila pada tahun 2002 kamu setidaknya kelas 6 SD atau awal SMP. Pastinya, kamu pernah mendengar atau bahkan sering menyaksikan video klipnya yang neonik gemerlap itu.

Dan memang lagunya ini asyik banget. Tapi tahu gak sih kamu kalau ‘The Tide is High’ ini sebenarnya adalah versi cover? Ya lagu ini aslinya adalah milik grup Paragons yang rilis pada tahun 1967.

3. Toni Basil – Mickey (1981)

Mau kamu baru lahir pada dekade 2000an pun. Gue yakin, kalian tahu banget dengan lagu ini. Pasalnya, ‘Mickey’ milik Toni Basil, merupakan salah satu lagu 80an yang super duper ngetop.

Akan tetapi. Mungkin masih banyak dari kamu yang gak tahu kalau lagu ini merupakan sebuah cover. Ya, lagu ini pada esensinya adalah versi cover dari hit grup yang bernama Racy. Versi orisinil milik Racy berjudul ‘Kitty’  dan rilis pada tahun 1979. Ketika Basil men-cover lagunya. Ia mengganti judulnya dari ‘Kitty’ menjadi ‘Mickey.’

4. Maneskin – Beggin’ (2017)

Gak mungkin banget kalau kamu belum pernah dengar atau bahkan gak tahu dengan lagu ini. Pasalnya semenjak Maneskin merilis lagu ini pada tahun 2017. ‘Beggin’ langsung menjadi lagu yang ngetop banget.

Bahkan kalau kamu masih ingat. Sekitar 1-2 tahun yang lalu. Lagu ini menjadi salah satu lagu yang paling viral di TikTok. Nah karena saking ngetop dan menikmatinya versi Maneskin yang memang brilian ini. Alhasil, banyak yang gak sadar kalau hit Maneskin ini merupakan sebuah cover.

‘Beggin’ aslinya adalah lagu milik grup vokal 60an top, The Four Seasons. Lagu ini rilis pada tahun 1967. 4 dekade kemudian, popularitas ‘Beggin’ kembali naik melalui versi cover dari duo bernama Madcon.

Nah versi cover milik Madcon inilah yang kemudian menjadi soundtrack film dansa moderen top, Step Up 3D (2010).

5. Amy Winehouse – Valerie (2007)

Lagu yang mungkin kita gak tahu adalah lagu cover selanjutnya adalah salah satu hit besar dari Amy Winehouse ini.

Ketika lagu ini rilis. Gak memungkiri, hal ini membuat nama dan sosok Amy Winehouse langsung ngetop banget. Juga pada saat yang sama, membuat nama dan sosok produser berbakat, Mark Ronson turut melambung.

Dan memang gak salah sih. Pasalnya ‘Valerie’ milik Winehouse memang enak banget. Tapi seenak-enaknya tahu gak sih kalau lagu ini sebenarnya adalah versi cover?

Ya lagu ‘Valerie’ aslinya adalah milik grup Rock-Indie asal Liverpool, Inggris, The Zutons. Versi aslinya yang jauh lebih nge-rock ini rilis pada tahun 2006. Atau hanya satu tahun sebelum cover milik Winehouse.

Dan sejujurnya bagi gue. Gue sih lebih suka versi The Zutons daripada Winehouse. Walau sekali lagi, versi cover Winehouse jugalah sama kerennya.

6. Destiny’s Child – Emotion (2001)

Tak memungkiri menjelang akhir 90an dan memasuki awal 2000an. Grup R&B wanita, Destiny’s Child lagi ngetop-ngetopnya. Alhasil, gak heran jika seluruh rilisan lagunya kala itu langsung booming. Dan salah satu lagu mereka yang booming tersebut adalah ‘Emotion.’

Nomor balada R&B ini ketika rilis tidak hanya sukses membuat kita yang mendengar menjadi super baper. Namun lagunya juga kian meroketkan nama dan karir grup Beyonce ini.

Nah saking baper dan tersihirnya dengan keharmonisan vokal dn musiknya yang sendu banget itu. Alhasil, banyak dari kita yang mungkin gak tahu kalau ‘Emotion’ merupakan lagu cover.

Spesifiknya, versi aslinya merupakan milik solois wanita bernama Samantha Sang. Versi orisinilnya ini rilis pada tahun 1977.

7. Tina Turner – The Best (1989)

Gue yakin banyak dari kita yang menganggap kalau ‘The Best’ memanglah lagu orisinil milik biduanita kulit hitam legendaris ini. Ya wajar sih. Pasalnya baik vokal Tina maupun keseluruhan musiknya keren dan asyik banget.

Plus lagu ini ketika rilis langsung ngetop dalam berbagai chart dunia ini. Akan tetapi faktanya, lagu yang judulnya sering dikira atau disebut ‘Simply the Best’ oleh sebagian besar kita ini, adalah versi cover.

Lagu ini aslinya adalah milik vokalis bersuara raspy top 80an, Bonnie Tyler. Ya benar banget. Tyler yang menyanyikan lagu ‘Total Eclipse of the Heart’ (1983) itu.

Tyler merilis lagu ini melalui album ke-7 miliknya, Hide Your Heart (1988). Sedangkan versi cover Turner baru rilis satu tahun kemudian melalui album yang juga sama-sama ke-7, Foreign Affair.

Keduanya sih sama-sama enak. Karena keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Atau lebih spesifiknya, versi Turner sangat jauh lebih upbeat. Namun kalau gue pribadi sih lebih menyukai versi orisinilnya.

8. All-4-One – I Swear (1994)

Apabila kita-kita tumbuh di dekade 90an. Pastinya gak mungkin gak tahu lagu ini. Bahkan gue yakin kita-kita yang tumbuh di dekade 2010an pun, juga tahu lagu ini.

Pasalnya ‘I Swear’ merupakan salah satu lagu Pop R&B love song yang besar banget pada dekadenya. Salah satu faktornya tentu karena penampilan koor vokalnya yang terdengar sangat padu nan harmonis banget.

Nah siapa sangka kalau lagu ini sebenarnya merupakan versi cover? Ya aslinya, ‘I Swear’ adalah lagu beriram full country milik John Michael Montgomery. Lagunya rilis melalui album kedua Montgomery, ‘Kickin’ it Up’ pada tahun 1993.

9. Blue – Too Close (2001)

Salah satu single yang rilis dalam album perdana boyband asal London, Inggris ini yang bertajuk All Rise (2001). ‘Too Close’ mungkin familiar bagi kalian yang generasi kekinian melalui versi parodi internet meme-nya, ‘Why You Always Lying’ yang viral banget pada tahun 2015 silam.

Nah kesuksesan yang didapatkan oleh Blue dan juga ke-viralan 2015 tersebut tentunya gak mungkin terjadi kalau versi asli lagu ini eksis.

Ya, lagu ini aslinya merupakan lagu milik trio R&B asal Minnesota, A.S. yang bernama Next. Mereka merilis lagunya melalui debut album, Rated Next pada tahun 1997.

10. Robbie Williams – She’s the One (1999)

Gue yakin pasti banyak dari kalian yang kini kaget gak nyangka banget. Ya, pasalnya ketika Robbie Williams merilis lagu ini. Terlihat dan terasa banget kalau ‘She’s the One’ memanglah lagu miliknya.

Tapi siapa sangka kalau versi Williams ini merupakan versi cover? Ya, aslinya lagu milik band Rock Alternatif asal London, Inggris yang bernama World Party yang rilis pada tahun 1997.

Dan bagi gue kedua versinya memiliki interpretasi yang berbeda satu sama lain. Walau memang, keduanya masih sama-sama enak didengar.

11. Counting Crows feat. Vanessa Carlton – Big Yellow Taxi (2003)

Kamu-kamu yang setidaknya SMP pada awal 2000an, pastinya tahu sih lagu ini. Pasalnya ketika rilis. Proyek duet Counting Crows dan Vanessa Carlton ini langsung booming banget.

Hal ini karena komposisi dan feel musiknya yang upbeat banget. Saking asyiknya, kitapun gak pernah sadar atau bahkan tahu kalau lagu ini merupakan versi cover.

Ya, ‘Big Yellow Taxi’ aslinya adalah milik vokali genre folk legendaris, Joni Mitchell.  Mitchell merilis versi aslinya pada tahun 1970. Spesifiknya lagi, lagu menjadi single jagoan dari album ketiganya, Ladies of the Canyon.

12. The Pussycat Dolls feat. Busta Rhymes – Don’t Cha (2005)

Ketika lagu ini rilis, gue masi baru awal-awal banget masuk kuliah. Dan gue ingat banget lagu ini langsung booming banget. Mau itu di stasiun televisi, radio, streaming, pokoknya kalau kamu minimal SD kelas 3 atau 4 ketika lagu ini rilis. Pastinya kamu sependapat dengan pernyataan gue tersebut.

Belum lagi vokal dan penampilan vokalis utamanya, Nicole Scherzinger, seksi dan keren banget. Nah ketika rilis, gue yakini kebanyakan dari kita kalau ‘Don’t Cha’ adalah lagu orisinil dari grup wanita asal Los Angeles, California, A.S. ini.

Well, betapa terkejutnya kita ketika mengetahui kalau lagu ini merupakan sebuah cover. Ya kamu gak salah baca sama sekali. Aslinya, lagu ini adalah single yang dirilis oleh vokalis wanita Tori Alamze yang rilis pada bulan November 2004.

Seperti yang terlansir dari halaman Wikipedia Alamaze. Ternyata penyanyi yang kini sudah berusia 45 tahun ini, adalah mantan backing vocal duo hip hop top, Outkast.

13. Ronan Keating – If Tomorrow Never Comes (2002)

Lagu yang mungkin kita gak tahu adalah lagu cover selanjutnya adalah ‘If Tomorrow Never Comes’ milik mantan pentolan Boyzone, Ronan Keating.

Gue ingat banget ketika rilis gue masih baru masuk SMA. Yang mana artinya, sama hal-nya seperti kalian yang kini juga baru masuk SMA atau sedang menjalani jenjang pendidikannya ini. Merupakan masa-masa puber tertinggi dan juga masa-masa ketika sedang mengalami cinta monyet.

https://www.youtube.com/watch?v=TOO55qc0WOQ

Alias pada masa ini kita sedang sering naksir-naksirnya atau memang sudah gonta-ganti pacar. Alhasil, gak heran jika lagu ini kala itu menjadi salah satu soundtrack kisah kasih sekolah kita.

Saking masih mesra-mesranya bersama pacar melalui lagunya ini. Alhasil, banyak dari kita yang gak sadar kalau ‘If Tomorrow Never Comes’ versi Keating ini, merupakan versi cover.

Lagu ini aslinya ber-genre country dan rilis pertama kali pada tahun 1989. Atau sekitar 13 tahun sebelum versi cover Keating ini. Nah yang membawakan versi orisinilnya adalah solois sekaligus salah satu ikon musik country, Garth Brooks.

14. Jennifer Lopez – Waiting for Tonight (1999)

Tahun 1998-1999 bisa kita katakan adalah awal kebangkitan Jennifer Lopez di industri musik. Kita katakan demikian, karen pada tahun-tahun ini (terlebih 1999), Lopez merilis banyak lagu yang langsung nge-hit.

Nah ‘Waiting for Tonight’ adalah salah satunya. Dengan kombinasi gokil alunan musik latin dan euro dance yang kala itu merupakan salah satu genrer top dekade 90an. Dan juga, tampilan video klip-nya yang sangat neonik, kota besar, dan seksi. Sekali lagi gak heran jika lagu ini lantas ngetop banget.

Saking ngetop dan mendominasinya. Tak heran jika banyak penikmat musik kala itu yang gak sadar atau bahkan lupa kalau ‘Waiting for Tonight’ merupakan lagu cover.

Ya, aslinya yang membawakan lagu ini adalah trio bernama 3rd Party. Sayang karena mereka hanya merilis satu album, Alive (1997). Dan juga memang gaung trio ini kala itu gak terlalu besar. Alhasil, gak heran jika gaung ‘Waiting for Tonight’ juga gak begitu terdengar.

Sekali lagi, untunglah gaung lagu ini kembali membesar setelah J-Lo memutuskan untuk men-cover lagunya.

15. Birdy – Skinny Love (2011)

Mungkin ada yang tahu kalau ‘Skinny Love’ milik Birdy sebenarnya adalah sebuah lagu cover. Tapi gak memungkiri juga banyak dari kalian yang gak mengetahui akan fakta ini.

Nah apabila kamu adalah salah satu yang berada di “kubu” yang gak tahu akan hal ini, well, surprise guys!  Ya, lagu ini aslinya adalah milik vokalis indie folk asal Wisconsin, A.S., Bon Iver.

Iver merilis lagu ini sebagai single jagoan dari debut albumnya, For Emma, Forever Ago yang rilis pada tahun 2007. Walau versi cover Birdy merupakan Pop Balada yang mengademkan kedua telinga, namun bagi gue sih adalah versi orisinil Iver yang jauh lebih “nendang.”

Oke deh guys. Itulah tadi 15 lagu yang mungkin kita gak tahu adalah lagu cover. Dari 15 lagu ini, yang mana yang membuatmu kaget atau baru tahu kalau lagunya merupakan sebuah versi cover?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment