10 Lagu Red Hot Chili Peppers Yang Pasti Kamu Ketahui

in ,
Lagu Red Hot Chili Peppers
Red Hot Chili Peppers | Mata Mata Musik

Berikut adalah 10 lagu grup Rock-Funk, Red Hot Chili Peppers yang pasti kamu ketahui.

Berkarir semenjak tahun 1983, grup Red Hot Chili Peppers (RHCP), hingga detik ini masih terus eksis dan, masih terus menelurkan banyak hit. Dan gak dipungkiri, banyak banget lagu hit dari band asal Los Angeles, California, AS ini.

Namun dari semua hit-nya, rasanya adalah 10 lagu Red Hot Chili Peppers ini yang pasti kamu ketahui terlepas, kamu bukan fans berat band ini.

10. Fortune Faded (Greatest Hits, 2003)

Lagu Red Hot Chili Peppers yang pasti kamu ketahui yang pertama, adalah lagu yang dirilis di album Greatest Hits mereka ini.

Lagu ini airplay nya gila-gilaan banget baik di MTV, Channel V, bahkan di stasiun Global TV kala itu yang baru seumur jagung. Dan gak heran jika lagu ini kencang dan disukai.

Hook guitar John Frusciante benar-benar langsung menggoda telinga dengan komosisi chord nya yang benar-benar seperti soundtrack dari level game SEGA zaman dulu. Belum lagi, ya secara keseluruhan lagunya memang gokil banget.

9. Dani California (Stadium Arcadium, 2006)

Setelah 4 tahun tidak merilis album, akhirnya di tahun 2006, Red Hot Chili Peppers merilis album ke-9 mereka, Stadium Arcadium. Dan sebagai single, adalah lagu high-energy ini.

Lagu ini dari awal, sudah langsung enerjik. Tidak ada momen kosong sama sekali. Pokoknya, menghentak banget dari awal hingga akhir. Oh ya, belum lagi tampilan video klip-nya, juga sangat keren nan edukatif banget.

8. Road Trippin’ (Californication, 1999)

Ketika “Road Trippin” keluar, gue masih SMP. Dan kala itu karena masih “polos”, gue mengira drumer mereka, Chad Smith, meninggal dunia ketika menyaksikan video klip nya.

Ya bagaimana tidak? Selain memang di video-nya hanya menampilkan Frusciante, Anthony Kiddies (vokal), dan si gokil, Flea (bass), tone lagu ini terasa sangat kelam dan sedih.

Tapi ya ternyata gue salah. Lagu ini memang konsep-nya akustikan. Jadi ya gak heran banget kalau gak ada drum nya. Anyway, gak heran jika banyak dari kita yang tahu lagu ini. Pasalnya rata-rata dari kita lebih reseptif terhadap lagu-lagu yang berirama kalem.

7. Otherside (Californication, 1999)

Tidak hanya konsep video klip yang unik, yang membuat Californication langsung disukai banyak orang, adalah komposisi musiknya yang terdengar sangat keren dan rapih banget.

Kombinasi betotan bernyawa Flea dengan petikan maut Frusciante, benar-benar membuat kita merasa tensional sendiri ketika mendengarnya. Awalnya kalem-kalem, secara perlahan melesat ke sayatan-sayatan menggila itu.

6. The Zephyr Song (By the Way, 2002)

Lagu ini juga sering banget diputar ketika awal-awal GTV lahir. Dan gak salah sih. Lagu ini selain easy listening, juga lagunya benar-benar sangat menantang untuk dipelajari (vokalnya).

5. Under the Bridge (Blood, Sugar, Sex, Magix, 1991)

Inilah lagu slow RHCP yang pertama kali menjadi sangat mainstream. Kalem, adem, tapi tetap terasa powerful.

Vokal Kiddies yang santai tapi terasa seperti bercerita (storytelling), tak ayal membuat kita merasa simpatik dengan perjuangan Kiddies melawan ketergantungan NARKOBA nya itu.

4. Scar Tissue (Californication, 1999)

Dianggap merupakan single “comeback yang sesungguhnya”. Pasalnya selain baliknya Frusciante, juga tepat perilisan Californication, Kiddies sudah “bersih” lagi.

Kalem, powerful, namun tetap memiliki ciri khas rapping permainan kata keren dari band super gokil ini.

3. Give it Away (Blood, Sugar, Sex, Magix, 1991)

Mau yang generasi awal RHCP atau yang baru banget sekalipun, pastinya gak ada yang gak tahu dengan “Give it Away”.

Selain suguhan komposisi funk dan Rock nya yang padu padan banget, lagu ini memiliki struktur rhyme rapping yang sangat terstruktural, namun tetap asyik dan catchy di kedua telinga.

Siapa sih yang gak ikut menyanyikan lirik atau line “Give it Away”  itu ketika diucapkan? Exactly right?

2. By the Way (By the Way, 2002)

Dari semua lagu RHCP rilisan album By the Way yang diputar di awal kelahiran GTV dan MTV, gak dipungkiri, adalah By the Way ini yang paling sering diputar.

Bahkan sampai bosan rasanya he..he. Tapi WOW bukan? Betapa hit-nya bukan lagu ini kala itu? Pokoknya gak mungkin banget deh kamu gak bakal gak tahu dan gak suka dengan lagu ini.

1. Californication (Californication, 1999)

Yap lagu Red Hot Chili Peppers mana lagi yang gak mungkin kita gak tahu kalau bukan lagu dari album berjudul sama ini?

Mulai dari komposisi musiknya yang sangat kalem, gaya bernyanyi Kiddies yang khas, chord Fruiscante yang gokil, dan tentunya tampilan video klip-nya yang kala itu, terinspirasi habis-habisan dari video game hit, Crazy Taxi (1999).

Pokoknya lagu ini sukses memikat semua kalangan deh. Nah dari 10 lagu ini, lagu Red Hot Chili Peppers hit ini, yang manakah yang kamu sukai?