15 Lagu Dengan Intro Gitar Akustik Yang Sangat Ikonik

in ,
intro lagu gitar akustik
Extreme-More Than Words | The Hive Asia

Ini dia 15 lagu dengan intro gitar akustik yang sangat ikonik sepanjang masa.

Siapa bilang intro gitar lagu yang enak, selalu yang gitar elektrik? Buktinya banyak juga kok lagu-lagu enak yang justru dimulai dengan intro gitar yang bersifat akustik atau kalau kita bilang, gitar “genjreng”.

Namun dari semua lagu intro gitar akustik yang enak-enak itu, hanya 15 ini yang menurut gue gak hanya enak namun juga sangat ikonik hingga detik ini.

15. John Mayer – Comfortable (2004)

Ya mari kita mulai pembahasan lagu dengan intro gitar akustik yang sangat ikonik dengan nomor love song yang sangat underrated dari si maestro gitar di era millennium ini.

Dirilis dari kompilasi double CD nya yang bertajuk As / Is (2004). Ketika dirilis, “Comfortable” sukses menangkap telinga kita (terlebih jika kala itu baru putus dari pacar kesayangan).

Tentunya hal ini tidak hanya dikarenakan olah vokal keren Mayer. Namun juga, dikarenakan intro gitar akustik nya ya yang struktur chord-nya langsung bikin baper ketika mendengarkannya.

14. Red Hot Chili Peppers – Road Trippin’ (2000)

Penutup album hit, Californication (1999) ini gak dipungkiri merupakan salah satu lagu penutup album terbaik yang pernah dirilis.

Hanya bermodalkan tarikan vokal kalem Anthony Kiddies, betotan bass intens Flea, dan juga permainan gitar akustik indah John Frusciante, sukses membuat kita langsung terasa adem, nyiur, dan menginginkan untuk liburan ke pantai sesegera mungkin.

JANGAN LEWATKAN •
Rami Malek Guncang Panggung Musik Lewat Trailer Bohemian Rhapsody

13. Hootie & the Blowfish – Only Wanna Be With You (1995)

Menampilkan influens country, folk, dan sedikit alternatif. Ketika dirilis, “Only Wanna Be with You” langsung sukses menjadi salah satu lagu hit dekade 90an.

Bukan hanya karena vokal Darius Rucker yang terdengar berat ala 90’s, namun tentunya juga dikarenakan rentetan genjreng chord intro gitar akustik nya yang super ear-catchy.

12. Led Zeppelin – Stairway to Heaven (1971)

Ya kayaknya gak perlu panjang lebar untuk poin ini. Kamu semua pastinya tahu banget bukan alasan kenapa lagu ini masuk ke dalam daftar ini?

Exactly. Lagu ini ikonik bin ngetop banget. Tentunya salah satu hal yang membuat “Stairway to Heaven” sebegitu ngetop nya, adalah intro gitar akustik Jimmy Page yang super ikonik itu.

11. White Lion – When the Children Cry (1988)

White Lion gak dipungkiri adalah salah satu band Rock yang sangat familiar bagi warga +62. Hampir semua hit mereka yang dirilis menjelang akhir 80an, super nge-hit.

Namun tentunya dari semua, adalah nomor balada ini yang maha ngetop. Hal ini tentunya dikarenakan genjrengan intro gitar akustik nya yang sangat ear-catchy dan, membaut kita ingin segera mencari kuncinya.

JANGAN LEWATKAN •
5 Album Queen Terkeren Sepanjang Masa

10. Firehouse – Love of a Lifetime (1991)

Sama hal-nya seperti White Lion, Firehouse juga sukses menjadi band idola warga +62. Seluruh lagu-lagunya terdengar sangat renyah dan ear catchy.

Walau “I Live My Life For You” (1995) maha ngetop. Namun lagu yang dirilis 4 tahun sebelumnya ini juga ngetop banget. Malah personally, gue lebih suka ini daripada “I Live My Life”.

Karena lagu ini terdengar jauh lebih romantis nan “meleleh”. Salah satu faktornya, adalah intro gitar akustiknya yang benar-benar terdengar indah di kedua telinga.

9. Green Day – Good Riddance (Time of Your Life) (1997)

Mau kamu masih ingin menganggap lagu balada Green Day ini tentang rasa senang setelah lulus sekolah atau memiliki interpretasi lain.

Yang jelas, “Good Riddance” menjadi salah satu lagu Green Day yang hingga kini masih kita kenang banget. Dan faktor utamanya tentu genjrengan intro gitar akustik Billy Joe Armstrong yang sangat catchy itu.

JANGAN LEWATKAN •
5 Lagu The Rolling Stones Yang Pasti Kamu Kenal Dan Suka Banget

8. The Beatles – Here Comes the Sun (1969)

Sebenarnya “Norwegian Wood” (1965) juga termasuk. Tapi dibanding lagu tersebut, gak dipungkiri adalah intro gitar akustik “Here Comes the Sun” lah yang paling ikonik.

Coba saja kalau kamu nonton reguleran tribute The Beatles. Antara kedua lagu tersebut, lagu manakah yang ketika intro-nya baru 1-2 detik dimainkan, langsung mendapatkan respon / riuh? Exactly, this one!

7. Oasis – Wonderwall (1995)

Well, mau kamu generasi 2000an bahkan 2010an pun. Pasti tahu banget dengan lagu ini. Ya selain “Don’t Look Back in Anger” (1996), adalah “Wonderwall” yang merupakan lagu sejuta umatnya Oasis.

Namun dibanding Anger, “Wonderwall” yang jauh lebih banyak fans-nya. Pasalnya, lagu ini memiliki intro sekaligus komposisi akustik yang terdengar sangat simpel, malas, tapi tetap terdengar keren banget.

6. Kansas – Dust in the Wind (1978)

Walau versi cover nya Scorpion di awal 2000an keren. Tapi tetap saja, gak mengalahkan versi orisinil nya ini.

Terdengar jauh lebih genjreng, lebih syahdu, lebih simpel, namun tetap terdengar enak dan antemik banget hingga detik ini.

JANGAN LEWATKAN •
Arena Konser Musik Dan Event Top Inggris O2 Arena Resmi Ditutup Sementara Waktu

5. Queen – Crazy Little Thing Called Love (1979)

Queen memang sangat jarang bahkan bisa dihitung pakai jari, lagu-lagunya yang menerapkan format gitar akustik.

Namun sekalinya menerapkan format / teknik tersebut, lagunya langsung terngiang di kepala. Termasuk nomor yang juga cukup sejuta umat ini.

Siapa sangka, lagu yang ditulis oleh vokalis, Freddie Mercury di dalam bathtub hotelnya dan juga, keterbatasan bermain gitar yang dimilikinya (hanya sekitar 3 kord saja). Sukses menciptakan lagu semi akustik hepi yang melegendaris hingga saat ini.

4. The Rolling Stones – Angie (1973)

Mungkin satu-satunya lagu balada Stones yang dikenal banyak orang di dunia ini. “Angie” terdengar sangat kalem, heartfelt, dan padu banget.

Selain itu, petikan gitar akustik Keith Richards gak hanya di intro saja, namun juga di hampir semua area lagunya. Alhasil, membuat “Angie” begitu dikenang hingga saat ini.

3. Eric Clapton – Tears in Heaven (1992)

Merupakan salah satu intro gitar akustik terkenal dan juga terindah yang pernah diciptakan.

Dijamin ketika pertama kali mendengarnya, kitapun langsung ikut baper bahkan menangis sungguhan. Terang saja. “Tears in Heaven” diciptakan Clapton setelah putranya dulu yang masih berusia 4 tahun, Connor, meninggal dunia secara tragis.

JANGAN LEWATKAN •
20 Lagu The Beatles Bagi Kamu Yang Pendatang Baru

Sang buah hati meninggal setelah jatuh dari lantai 53 di Apartmen yang dihuni oleh sahabat ibu kandung Connor alias pasangan affair Clapton dulu, Lory Del Santo.

2. Eagles – Hotel California (1977)

Yap siapa sih yang gak kenal lagu Rock klasik ini? “Hotel California” bahkan bisa dibilang adalah salah satu lagu terkeren sepanjang masa.

Iringan intro akustiknya sangat ear-catchy. Terdengar sangat ritmik dan sangat latin flamenco. Pokoknya gokil banget deh lagu ini.

1. Extreme – More Than Words (1991)

Well, gak salah bukan jika salah satu one-hit wonder 90an ini yang menempati posisi teratas daftarnya?

Dijamin baru menekan tombol play, kamu langsung tersihir dengan intro akustik yang dimainkan oleh Nuno Bettencourt nya. Pokoknya membuat kita langsung ingin bersama mesra dengan pasangan sembari diiringi lagu ini.

Nah itu dia tadi 15 lagu dengan intro gitar akustik ikonik sepanjang masa. Dari semua lagunya ini, lagu manakah yang kamu sukai?