15 Lagu Dengan Intro Gitar Elektrik Yang Sangat Ikonik

in ,
Intro lagu gitar elektrik
Guns N Roses | Society of Rock

Berikut adalah 15 lagu dengan intro gitar elektrik yang sangat ikonik.

Seperti kita tahu, terdapat lumayan banyak lagu yang dimulai dengan intro gitar elektrik. Hal ini tentunya dilakukan untuk bisa langsung memanaskan atau menangkap atensi kedua telinga kita.

Dan tak sedikit juga lagu-lagu dengan intro gitar elektrik tersebut. Menjadi begitu ikonik dan terus terngiang di benak dan telinga kita hingga detik ini. Namun dari semua, berikut adalah 15 intro gitar elektrik yang gue anggap paling ikonik.

15. Suede – Beautiful Ones (1996)

Sebagai sososk yang besar di dekade 90an. Tentunya gak afdhal apabila gue tidak memulai daftar lagu dengan intro gitar elektrik yang sangat ikonik ini dengan lagu milik Suede ini.

Ya gak salah bukan? Aspek utama yang membuat “Beautiful Ones” begitu ngetop (selain tentunya tarikan vokal Brett Anderson yang kas banget cempreng-nya itu), adalah intro gitar elektrik yang dimainkan oleh Richard Oakes.

Pokoknya begitu mendengar intro-nya, langsung deh kita bakal “rusuh” sendiri.

14. Heart – Barracuda (1977)

Gue rasa walau kamu bukan generasi 70an atau jarang denger lagu Rock klasik, pasti pernah deh denger intro gitar elektrik dari “Barracuda” ini.

Ya bagaimana gak? “Brracuda” juga menjadi salah satu lagu yang bisa kita pilih dan mainkan di game Guitar Hero III: Legends of Rock (2007).

Belum lagi, lagunya juga kerap ditampilkan / menjadi soundtrack beberapa film seperti: Birds of Prey (2020) dan Charlie’s Angels (2000).

13. Nirvana – Smells Like Teen Spirit (1991)

Selain karena judulnya yang unik dan, tarikan vokal Kurt Cobain yang khas itu. Hal lain yang membuuat lagu Nirvana ini begitu hit, adalah intro gitar Krist Novoselic yang sangat ritmik nan antemik itu.

JANGAN LEWATKAN •
10 Lagu Super Hit Dari Guns N’ Roses

Pokoknya begitu dengar intronya, kita pasti langsung tahu kalau kita sedang mendengar “Smells Like Teen Spirit”.

12. Lynyrd Skynyrd – Sweet Home Alabama (1974)

Dekade 70an seperti yang pernah gue bilang sebelumnya, adalah dekade eksplorasi genre dan juga, rentetan lagu-lagu Rock klasik dengan intro gitar elektrik ikonik banyak bermunculan. Atau, super kompetitif.

Namun di tengah kompetisi yang super memanas tersebut, terbukti band southern rock (campuran Rock, Blues, dan Country) ini, mampu ikut bersaing. Bahkan sukses menjadi salah satu lagu dengan intro gitar elektrik yang super ikonik.

Intro-nya yang menapilkan intro riff yang ber-sound country kental. Sukses membuat kita langsung jatuh cinta dengan hit terbesar Lynyrd Skynyrd ini.

11. The Kinks – You Really Got Me (1964)

Seperti yang kita tahu. Di dekade 1960an, band-band kala itu sangat sulit untuk bersaing dengan si pelopor, si ikon, The Beatles. Mungkin hanya The Rolling Stones dan The Beach Boys yang mampu mengimbangi.

Akan tetapi secara mengejutkan, The Kinks sukses menyanggah pernyataan tersebut melalui satu-satunya super hit mereka ini.

JANGAN LEWATKAN •
10 Lagu Super Hit Dari Guns N’ Roses

Catchy itulah satu kata yang tepat untuk menggambarkan “You Really Got Me”. Dan faktor catchy-nya tersebut, tentunya dikarenakan riff intro gitar nya yang langsung terdengar catchy, hooky, dan tentunya super ikonik itu.

10. Chuck Berry – Johnny B. Goode (1958)

Yap ada alasannya mengapa karakter Marty McFly (Michael J. Fox) memilih lagu ini menjelang adegan klimaks Back to the Future (1985) itu.

Selain secara naskah lagu hit Berry ini memang akan ngetop kala itu, juga lagu ini dipilih karena intro gitar elektrik nya yang super duper ikonik. Banyak band / gitaris yang mencoba untuk bisa se-sempurna Berry. Tapi yeah, mustahil.

9. Van Halen – Panama (1984)

OMG! Gila sih kalau sampai lagu ini gak masuk daftar ini. Soalnya selain “Jump”, adalah lagu ini yang super hit dari grup Rock top 80an ini.

Tentunya faktor super hit nya, adalah dikarenakan intro gitar elektrik dahsyat yang dimainkan oleh pendiri band seklaigus salah satu gitaris terbaik sepanjang masa (alm) Eddie Van Halen.

8. The Beatles – Day Tripper (1965)

Salah satu alasan mengapa The Beatles dianggap pelopor / perubah wajah musik dunia, adalah kemampuan mereka dalam menampilkan sound yang ikonik.

JANGAN LEWATKAN •
10 Lagu Super Hit Dari Guns N’ Roses

Dan yang membuat “Day Tripper” sangat top sampai sekarang, adalah intro gitar elektrik yang dimainkan oleh George Harrison di lagunya ini. Pokoknya signature banget deh.

7. AC / DC – Back in Black (1980)

Lagu ini kembali ngetop 10 tahun belakangan karena digunakan sebagai soundtrack film MCU top Iron Man (2008). Intinya menjadi soundtrack dari si superhero sekaligus miliyader playboy top, Tony Stark (Robert Downey Jr.).

Dan walau sudah berusia tua. Namun dengan kepopuleran filmnya serta juga intro gitarnya yang ikonik, gak heran jika “Back in Black” masih begitu ngetop dan relevan hingga detik ini.

6. Led Zeppelin – Whole Lotta Love (1969)

Semua lagu milik Led Zeppelin gak ada yang gak enak, gak ada yang gak nempel di kepala hingga sekarang. Apalagi super hit yang satu ini.

Dan gak heran. Dari semua lagunya, adalah “Whole Lotta Love” yang benar-benar sukses menampilkan komposisi musik yang rapih dari awal hingga akhir termasuk tentunya dengan intro gitar elektrik dahsyat si Mr. Jimmy Page itu.

JANGAN LEWATKAN •
10 Lagu Super Hit Dari Guns N’ Roses

5. Metallica – Enter Sandman (1991)

Waduh ini sih kayaknya gak mungkin kalau kamu gak tahu. Intro-nya yang catchy itu, langsung membuat kita mendadak metal dan sangar sendiri ketika mendengarkannya.

Untunglah gitaris Kirk Hammett dan vokalis James Hetfield menemukan komposisi riff intro-nya ini. Kalau misalkan kala itu tidak, dijamin “Enter Sandman” gak akan menjadi lagu top Metallica hingga detik ini.

4. Gary Moore – Still Got the Blues (1990)

Ini dia lagu blues “sejuta umat”. Tentunya salah satu alasannya adalah faktor opening gitar nya yang super catchy itu.

Dan ketika memasuki pertengahan, Moore kian memperluas sekaligus memperkaya riff-nya tersebut sehingga, membuat lagu ini menjadi lebih menyayat dan gokil lagi.

3. The Rolling Stones – (I Can’t Get No) Satisfaction (1965)

Siapa sangka dari mimpi, bisa bebruah menjadi hit besar hingga hampir 6 dekade lamanya?

Ya opening riff gitar lagu ini didapatkan oleh Keith Richards setelah ia ketiduran. Dan di tidurnya ia mimpi atau terbayang susunan kunci (chord) dari lagu top RS ini. Dan yap, inspirasi bunga tidur pun, berubah menjadi bunga kekayaan bagi rival Beatles ini.

2. Deep Purple – Smoke on the Water (1973)

Ya, ya tahu kok kamu pasti sudah tahu banget lagu ini. Apalagi kamu dulu sering bergaya dan mencoba menaklukkan riff-riff gitar pembuka lagu ini di Guitar Hero (2005).

JANGAN LEWATKAN •
10 Lagu Super Hit Dari Guns N’ Roses

Dan ya gak heran. Karena pembukaan elektrik nya in benar-benar sangat legendaris. Bahkan kita-kita yang tadinya “buta” Rock, menjadi “melek” Rock setelah mendengar hit Purple ini.

1. Guns N’ Roses – Sweet Child O’ Mine (1988)

Mungkin kita semua akan tepuk jidad berjamaah apabila sampai ada orang yang bilang, “gue gak tau lagu ini, belum pernah denger”.

Nih bahkan Presiden kita sendiri, Bapak Jokowi saja, tahu dan pecinta berat lagu ini. Jadi ya WOW sih kalau sampai gak tahu. Anyway, gak salah bukan jika hit GNR ini menempati posisi puncak?

Coba lagu mana lagi yang tingkat ke-ikonikan intro gitar elektri nya bisa menyamai atau lebih besar dari “Sweet Child O’ Mine”? Exactly. NIHIL. Apabila kamu masih mengatakan ada, langsung saja kasih komen ya guys!

Nah dari 15 lagunya ini, intro gitar elektrik manakah yang kamu sukai bahkan, kamu anggap ikonik hingga detik ini?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.