10 Lagu Super Hit Dari Guns N’ Roses

in ,
Lagu super hit Guns N Roses
Guns N Roses | Rolling Stone

Inilah 10 lagu super hit dari grup Rock gokil binti kontroversial legendaris, Guns N’ Roses.

Gak heran jika dikatakan kontroversial. Pasalnya seperti kita ketahui, grup Hard Rock ini memiliki si vokalis-nya, Axl Rose yang seperti kita tahu selalu slengean, dan seneng ngeributin fans bahkan rekan band lainnya.

Tapi terlepas demikain, toh sekali lagi, ia bareng personil lainnya, selalu sukses menciptakan lagu-lagu yang berkualitas keren. Saking kerennya, jadi hit banget. Dan berikut adalah 10 lagu Guns N’ Roses yang gue anggep, super hit tersebut.

10. Since I Don’t Have You (1994)

Lagu super hit Guns N’ Roses pertama yang membuka daftar ini adalah lagu yang sebenarnya, adalah lagu cover ini.

Ya “Since I Don’t Have You” aslinya adalah lagu jadul yang dibawakan oleh The Skyliners di tahun 1958. Namun pada tahun 1994, lagu ini dibawakan ulang oleh Axl cs dengan sangat indah.

Dan kerennya gaya vokal teriak-teriak berisik Axl itu, bisa pas banget dengan lagu yang aslinya ber-genre Doo-Wop 50an ini.

9. You Could Be Mine (1991)

Diambil dari album Use Your Illusion II (1991), gak heran jika “You Could Be Mine” ngetop banget bagi seluruh fans musik Rock di Indonesia.

Selain musik Rock kerasnya gampang dicerna, juga lagu ini dulu merupakan soundtrack dari film terpopuler 90an, Teminator 2: Judgment Day (1991).

JANGAN LEWATKAN •
15 Lagu Dengan Intro Gitar Elektrik Yang Sangat Ikonik

8. Sympathy for the Devil (1994)

Juga merupakan lagu cover. Lagu ini aslinya dibawakan oleh grup Rock legendaris, The Rolling Stones di tahun 1968.

Versi Guns N’ Roses ini dirilis juga sebagai soundtrack film top 90an, Interview with The Vampire (1994). Film nya kala itu ngetop banget karena menampilkan adu akting antara Tom Cruise (Top Gun) dan Brad Pitt (12 Years a Slave).

Oh ya filmnya juga menampilkan si Mary Jane di trilogi Spider-Man 2000an, Kristen Dunst. Alhasil dengan keterkenalan filmnya, gak heran banget jika cover ini kala itu juga ngetop banget.

7. Patience (1989)

Merupakan nomor balada paling adem di katalog Guns N’ Roses. “Patience” hanya mengandalkan suara dan siulan merdu Axl dan genjrengan gitar akustik Slash.

Paduan keduanya, sukses menciptakan salah satu dari sekian banyak lagu balada cinta yang sangat unortodoks namun, sangat mudah dan adem di kedua telinga.

JANGAN LEWATKAN •
5 Lagu Hit Oasis Yang Pasti Kamu Sering Nyanyiin Bareng Teman

6. Paradise City (1988)

Kalau boleh mengaku (confessing) disini. Dari semua lagu super hit Guns N’ Roses di daftar ini, adalah lagu ini yang gue favoritin banget.

Kenapa? Karena lagu ini memiliki salah satu build-up tensi yang rapih dan seharusnya. Pokoknya gak seperti lagu Hard Rock / Metal lainnya yang langsung keras dan menghentak di awal.

“Paradise City” justru lebih memilih rute intro gutar Slash yang tarikannya juga hanya taping toe alias olahraga jari-jari saja. Sebelum akhirnya Steven Adler memasukkan nyawa gebukan drum khas-nya itu.

Dan dari situ layaknya seperti pesawat yang akan melakukan take-off dari bandara, lagu ini kian ramai, ramai, melesat di udara dengan sangat berisik dan, ditutup dengan lepas landas yang mulus.

5. Knockin’ On Heaven’s Door (1990)

Soundtrack dari film yang juga dibintangi oleh Tom Cruise, Days of Thunder (1990). Lagu ini merupakan cover. Aslinya, lagu ini dibawakan oleh legenda folk, Bob Dylan.

JANGAN LEWATKAN •
10 Hit Legendaris Asyik Dari Si Raja Pop, Michael Jackson

Walau kini setelah cover ini, kian banayk band atau vokalis lain yang ikutan men-cover (termasuk Avril Lavigne). Tetapi tetap saja kalau mengingat cover atau bahkan lagu “Knockin On’ Heaven’s Door”, rata-rata orang langsung ingat dengan versi GNR ini.

4. Don’t Cry (1991)

Salah satu nomor hard rock emosional yang dijamin masih terus diingat oleh berbagai pecinta musik Rock di Indonesia.

Dan tak heran. Pasalnya sound lagu ini sangat sesuai pada era musik Indonesia di dekade ini. Di Indonesia, nomor lagu yang terdengar serupa seperti Don’t Cry” ini memang sedang ngetop kala itu

Jadi sekali lagi, gak heran jika lagunya langsung sukses menrik perhatian kedua telinga dan juga sukses menjadi salah satu lagu super hit dari Guns N’ Roses.

3. Welcome to the Jungle (1987)

Nah ini dia salah satu lagu yang menurut gue sukses memberikan tambahan warna signifikan di dalam genre rock dan metal.

JANGAN LEWATKAN •
5 Lagu Super Hit Milik Band Rock Sejuta Umat, Bon Jovi Yang Pasti Kamu Tahu Banget

Hal ini karena lagu ini baik dari segi lirik maupun musiknya terdengar sangat intens dan personal. Lagi-lagi kombinasi sayatan gitar Slash dan tarikan vokal Axl sukses menciptakan kemagisan.

2. November Rain (1992)

Yap daripada “Patience” atau “Knockin’ On Heaven’s Door”, gak dipungkiri adalah “November Rain” yang sukses menjadi nomor balada terpopuler dari grup ini.

Bahkan lebih jauh, lagu ini hingga kini, sukses menjadi satu dari dua lagu yang kerap dianggap hit terbesar milik Guns N’ Roses. Dan tentunya, kamu tahu dong lagu super hit nomor wahidnya?

1. Sweet Child O’ Mine (1988)

Yap benar banget. Inilah lagu super hit nomor wahid dari grup Guns N’ Roses yang gak mungkin gak dikenal. Bahkan mungkin penjaga warung atau pengendara ojek saja tahu lagu ini.

Oh ya, bahkan di YouTube ada video edit cover dangdut nya. Presiden Indonesia, Joko Widodo pun suka dengan lagu ini. Jadi ya kalau sampai gak tahu, kelewatan sih.

JANGAN LEWATKAN •
15 Lagu Dengan Intro Gitar Elektrik Yang Sangat Ikonik

Dan tentunya alasan mengapa “Sweet Child O’ Mine” masih begitu ngetop hingga detik ini, adalah intro gitar Slash yang sangat iear-catchy iitu. Dan juga vokal Axl yang sangat gokil banget. Keseluruhan lagu ini memang super catchy banget.

Nah itulah tadi 10 lagu super hit Guns N’ Roses yang pasti kita tahu banget hingga detik ini. Dari 10 lagunya ini, yang manakah yang merupakan favoritmu guys?