MusikBerita Musik

Lirik Lagu Gereja Tua, Lagu Hit Milik Panbers

Lirik lagu ‘Gereja Tua’ (1970). Lagu hit super legendaris milik grup Pop asal Surabaya, Indonesia, Panbers. Memang enak banget sih lagunya.

Lirik lagu ‘Gereja Tua’ (1970). Lagu hit super legendaris milik grup Pop asal Surabaya, Indonesia, Panbers. Memang enak banget sih lagunya.

Bagi kalian yang suka dengan lagu-lagu lama Indonesia, terutama dekade 70an, pastinya lagu ‘Gereja Tua’ tidaklah asing lagi di kedua telinga. Pasalnya lagu ini memang salah satu lagu Indonesia yang ngetop banget di dekadenya.

Bahkan saking ngetopnya, generasi muda nan kekinian ketika ditanya mengenai Panbers, mereka pastinya langsung teringat atau mengasosiasikannya dengan lagu ini.

Makna dan Inspirasi Gereja Tua

Tak heran jika ‘Gereja Tua’ menjadi lagu yang ngetop banget dari grup ini. Selain musiknya yang easy listening, lirik lagu ‘Gereja Tua’ sendiri juga mudah dihafal.

Akan tetapi selain kedua faktor tersebut, faktor lainnya juga dikarenakan rasa penasaran kita terhadap makna serta inspirasi judul lagunya. Apakah judul/cerita ‘Gereja Tua’ tersebut memang terinspirasi dari kisah nyata atau memang hanya fiktif belaka?

Gereja Tua di Palembang

Melansir wawancara drumer band-nya, Asido Panjaitan dengan Medcom.id awal Desember 2021 lalu, terungkap kalau inspirasinya dari real-life.

Spesifiknya lagi, inspirasi kisah dan lirik lagu ‘Gereja Tua’ berasal dari gereja di Palembang, Sumatera Selatan, Fransiskus Xaverius. Dan kala itu menurut Asido, bangunan tempat ibadah umat Nasrani tersebut, memang sudah tua banget usianya.

Nah melalui lagunya, pencipta lagu yang juga vokalis band-nya, (alm) Benny Panjaitan, mengisahkan kisah romantisnya dengan pasangannya kala itu. Yang mana kisah kasihnya ini terjadi di luar gereja tersebut.

Kalau melihat dan menelaah lagi penjelasan background-nya, semuanya terlihat sangat simpel dan normal banget. Tapi ketika akhirnya diimplementasikan ke lagunya, hasil akhirnya benar-benar sangat luar biasa. Nah sekarang tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah lirik lagu ‘Gereja Tua’ Panbers..

Lirik Lagu Gereja Tua

Verse 1

Masihkah kau ingat waktu di desa
Bercanda bersama disamping gereja

Kala itu kita masih remaja
Yang polos hatinya bercerita

Verse 2

Waktu kini tlah lama berlalu
Sudah sepuluh tahun tak bertemu

Entah dimana kini kau berada
Tak tahu dimana rimbanya

Chorus

Hanya satu yang tak terlupakan
Kala senja di gereja tua

Waktu itu hujan rintik-rintik
Kita berteduh di bawah atapnya

Post-Chorus

Kita berdiri begitu rapat
Hingga suasana begitu hangat

Tanganmu kupegang erat-erat
Kenangan itu slalu kuingat

*balik ke verse 2*
*balik ke chorus*

Outro

Biarpun saat ini kau telah berdua
Itu bukanlah kesalahanmu

Ku hanya ingin dapat bertemu
Bila bertemu puaslah hatiku

Bila bertemu puaslah hatiku

Related Posts

Leave Comment
Enable Notifications OK No thanks