Berita MusikMusik

Lirik Lagu Manuk Dadali, Lagu Daerah Top Jawa Barat

Inilah lirik lagu Manuk Dadali, Lagu daerah ngetop asal Jawa Barat. Pasti sering dengar kok.

Terlepas kamu berasal dari Jawa Barat atau tidak. Namun gue yakin sih kalian semua pastinya tahu dengan salah satu lagu daerah top dari provinsi ini, ‘Manuk Dadali.’ Apalagi kalau kamu sekali lagi, memang berasal dari Jawa Barat. Wah pastinya sudah sangat familiar dan hafal deh.

Namun terlepas hafal dan kita akan membahas lirik lagunya lagi. Tapi apakah kamu tahu seklumit sejarah atau asal usul lagu ini? Kalau belum, langsung saja simak nih guys.

Asal Usul Lagu Manuk Dadali

lirik lagu manuk dadali
Sambas Mangundikarta | Merdeka.com

Melansir Detik.com. ‘Manuk Dadali’ merupakan lagu daerah Jawa Barat yang diciptakan oleh Sambas Mangundikarta pada tahun 1960an. Judul lagu ini kalau kita artikan memiliki makna, “Burung Garuda.”

Nah sesuai maknanya. Maka lirik lagu ‘Manuk Dadali’ mengisahkan kegagah perkasaan seekor burung garuda. Burung Garuda sendiri juga seperti kita ketahui adalah sosok yang pemberani. Sehingga, gak heran jika ia begitu disegani.

lirik lagu manuk dadali
Burung Garuda Pancasila | Edukasi Kompas

Lalu lagu ini juga menggambarkan burung garuda yang senang untuk hidup rukun dan berdampingan. Sehingga, ya guys. Dengan kata lain ‘Manuk Dadali’ adalah metafora untuk semangat nasionalisme bangsa Indonesia.

Tentunya jelas banget inspirasi metafora lagunya ini. Adalah berasal dari lambang negara Indonesia (Pancasila), Burung Garuda. Dengan fakta ini maka gak heran jika lagu ini juga kerap dinyanyikan di setiap perayaan hari Nasional Indonesia seperti Sumpah Pemuda.

Nah kini setelah mengetahui seluruh asal usul dan maknanya tersebut. Marilah kita sekarang dengar dan nyanyikan lagunya melalui lirik lagu ‘Manuk Dadali’ berikut ini.

Lirik Lagu Manuk Dadali

Verse 1:

Mesat ngapung luhur jauh di awang-awang
Meberkeun jangjangna bangun taya karingrang
Sukuna ranggaos reujeung pamatukna ngeluk
Ngapak mega bari hiberna tarik nyuruwuk

Verse 2:

Saha anu bisa nyusul kana tandangna
Gandang jeung pertentang taya bandingannana
Dipikagimir dipikaserab ku sasama
Taya karempan kasieun

Chorus:

Manuk Dadali manuk panggagahna
Perlambang sakti Indonesia Jaya
Manuk Dadali pangkakon carana
Resep ngahiji rukun sakabehna

Verse 3:

Hirup sauyunan tara pahiri-hiri
Silih pikanyaah teu inggis bela pati
Manuk dadali ngandung siloka sinatria
Keur sakumna Bangsa di Nagara Indonesia

*kembali nyanyikan semua lagunya*

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment