MusikOpini

Open Mic Live Music Mingguan di Mall Harus Kian Disosialisasikan

Rasanya kalau kita pikir lagi. Sesi open mic acara live music mingguan (reguleran) di mall-mall harus mendapatkan atensi dan sosialisasi yang lebih lagi. Mengapa demikian? Oke, langsung saja kamu simak pembahasannya berikut ini.

Sebelum memulai pembahasan, sekali lagi artikel ini bersifat opini pribadi. Jadi kalau mungkin kamu gak setuju dengan yang terdapat dalam pembahasan ini, silahkan saja.

Apa Itu Open Mic?

open mic live music
Contoh pengunjung yang sedang melakukan open mic di mall | Flickr

Oke sebelum kita membahas lebih dalam topiknya. Mari kita kupas balik lagi dulu makna dari kata atau istilah Open Mic.

Bagi kamu yang mungkin saja nih belum memahami. Open Mic dalam rana live music (pertunjukan musik langsung) bukan memiliki arti yang sebenarnya alias membukan kepala dan isi dalam mikrofonnya.

Melainkan makna open mic adalah dalam sebuah pertunjukan live band /music, audiens yang menyaksikan dibolehkan untuk berpartisipasi. Atau dengan kata lain, mereka boleh menyumbangkan suara mereka dengan irigan band/musisinya.

Tujuan Open Mic

Nah sesi open mic dalam sebuah live music eksis/ada karena band atau pihak penyelenggara pertunjukan musiknya, tahu kalau yang menyaksikan pasti dan selalu ikutan nyanyi-nyanyi.

Dan pastinya kita-kita yang pernah atau sering nonton live music. Juga selalu melakukan ini bukan? Selain itu, secara tidak langsung pihak penyelenggara ingin memberikan kesempatan ke kita-kita.

Spesifiknya, kesempatan untuk bisa lebih BERANI dan PERCAYA DIRI. Entah itu untuk menunjukkan suara emas yang kita miliki atau melatih demam panggung. Dan sebagai yang suka nyanyi dan sering melakukan sesi open mic, gue bisa katakan aspek ini benar adanya.

Meramaikan Mall

Namun tujuan atau alasan yang jauh lebih utama mengapa pihak penyelenggara atau band membolehkan adanya sesi open mic ini. Adalah agar lebih meramaikan mall-nya.

“Loh bukannya kalau ada live-band mingguan pasti ramai banget?” Hmm, kalau menurut yang gue lihat selama beberapa tahun terakhir ini, memang ramai. Tapi jauh lebih ramai lagi ketika mall atau band-nya mengadakan open mic.

Mengapa demikian? Well, gue tanya sekali lagi, siapa sih yang gak senang dan seru sendiri kalau bisa ikutan nyanyi-nyanyi? Apalagi kalau band pengiring live music-nya asyik banget baik kualitas permainannya atau attitude-nya.

Nah karena sudah tahu dan merasa senang bisa ikuta nyanyi setiap minggunya. Otomatis kita pun pastinya akan langganan datang setiap minggunya kesana. Terlebih lagi, apabila kita juga memberitahukan hal ini ke teman atau saudara kita.

Otomatis lagi secara gak langsung, mall penyelenggara live music regulerannya akan kian bertambah pengunjungnya dan juga tentunya bertambah pundi-pundi keuntungannya.

Sudah Banyak Tapi Belum 100%

Nah sekali lagi dengan seluruh poin-poin alasan yang telah gue jelaskan tersebut. Maka gak heran jika kini sudah mulai banyak mall yang membolehkan adanya sesi open mic dalam acara live music mingguan mereka.

Tapi walau sudah banyak namun sayangnya secara keseluruhan belumlah 100%. Alias masih lumayan banyak juga mall yang acara live music reguleran mereka tidak menampilkan sesi open mic.

Dan jujur sampai detik ini, gue masih garuk kepala banget mengapa masih ada mall seperti ini.  Apa alasannya? Kalau alasannya katakanlah alasan kesehatan seperti COVID-19, oke deh alasan tersebut masih bisa kita terima.

Tapi kalau alasannya gak jelas atau bahkan tidak ada alasan sama sekali. Well, jujur hal tersebut menyebalkan banget sih. Dan sekali lagi kenapa? KENAPA?

Mall Senang, Pengunjung Bahagia

Nah melihat fakta tersebut. Maka melalui tulisan ini gue cuma mau memberikan saran. Dan saran tersebut adalah agar sesi open mic live music mingguan di mall-mall lebih disosialisaikan lagi.

Karena ya seperti yang sudah kita baca pada paragraf sebelumnya. Bahwasanya sesi open mic ini pada dasarnya memberikan dua kebahagiaan sekaligus. Yaitu spesifiknya, mall kian ramai dan kian untung. Dan audiens/pengunjung kian betah ke mall-nya.

Dan tentunya apabila setiap minggunya si pengunjung datang ke mall-nya dan ikutan sesi open mic-nya. Tentunya seluruh stres akan berkurang drastis atau bahkan hilang. Dan hal ini tentunya akan membuat diri menjadi lebih bahagia.

Nah siapa sih yang gak ikutan senang kalau melihat diri kita dan orang lain juga senang? Jadi ya sekali lagi gue memohon banget ke mall-mall yang belum menerapkan. Tolong terapkan sesi open mic di acara live music mingguan kalian ya guys!

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment