Spotify Luncurkan Program Music Relief Bagi Musisi Selama COVID-19

in
Spotify MusiCares COVID-19
MusicTech

Beberapa waktu lalu, gue ngelaporin kalau organisasi pemberi bantuna ke musisi, MusiCares, resmi menggalang dana untuk membantu seluruh musisi yang kini nganggur gara-gara terkena efek wabah COVID-19 yang belum kunjung usai.

Langkah yang dilakukan oleh MusiCares tersebut faktanya sukses mendapatkan banyak sanjungan dan secara perlahan, juga mulai diikuti oleh platform hiburan lainnya seperti Bandintown dan Twitch.

Spotify Akhirnya Turut Ikutan

Dims 3
Engadget

Dan seakan gak mau ketinggalan, baru-baru ini platform dengar musik top sedunia, Spotify, juga turut ikutan dengan merilis proyek yang bertajuk Spotify COVID-19 Music Relief.

Sesuai namanya dan seperti yang telah dijelaskan sedikit di awal, program ususngan Spotify ini memungkinkan seluruh orang (baca: pengguna Spotify) untuk mendonasikan berapapun jumlah yang dikeluarkan ke musisi-musisi bersangkutan.

JANGAN LEWATKAN •
Marvel Akhirnya Tunda Penayangan Black Widow Karena Coronavirus

Selain musisi, sumbangan juga diberikan ke mereka-mereka yang bekerja di industri. Dalam melakukan inisiatif kerennya ini, Spotify bekerjasama dengan MusiCares, PRS Foundation, dan Help Musicians.

Inisiatif Keren Lainnya

Edm Party Heart2
Your EDM

Belum cukup sampai disitu, dikabarkan juga kalau apliaksi ini sedang mengerjakan sebuah aplikasi (tools) yang memungkinkan bagi mereka untuk menggalang dana secara individuual di halaman profil Spotify mereka sendiri.

Tapi di saat yang sama, kalau mereka ingin galang dana untuk rekan artis lain (contoh Bebe Rexha ingin galang dana untuk Selena Gomez), hal tersebut juga bisa dilakukan. WOW GOKIL!

Walau demikian, perlu diingat lagi bahwa fitur tersebut masih dikembangkan alias belum diluncurkan. Tapi di saat yang sama, si musisi diperkenankan untuk mendaftar (sign up) sehingga, kalau emang programnya udah diluncurin, bisa tinggal langsung gunain saja.

Bagaimana Dengan Nasib Musisi di Indonesia?

F4d5803c14433c6ffa639f9f61f0d385 039715900 1424667245 Tulus
Liputan6

Lalu kembali lagi pertanyaan serupa timbul ketika membahas ini. Bagaimana dengan nasib musisi Indonesia? Mengapa mereka tidak mendapatkan hal serupa?

JANGAN LEWATKAN •
Darah Tom Hanks Dijadikan Sebagai Sampel Pengembangan Vaksin Covid-19

Kenapa gak ada institusi yang mau ngebantu musisi-musisi baik yang sudah nama top, pendatang baru, atau bahkan band reguler, layanan tunjangan yang sama?

Perlu diketahui gue punya banyak etmen musisi / band reguler di mall atau tempat umum lainnya, nah dengan adanya perintah untuk gak boleh keluar dulu sampai entah kapan tau ini, beberapa temen gue sekarang kondisisnya lumayan memprihatinkan.

Pasalnya mereka gak memiliki pekerjaan sampingan. Dan ya, sudah saatnya kini bagi pemerintah kita untuk menunjukkan apresiasi yang lebih lagi ke seluruh musisi di Indonesia tak peduli apakah dia sosok ngetop atau reguleran mall saja.

Dan semoga saja ke depannya pemerintah kita atau salah satu institusi swasta, bis alebih terbuka mind-set nya dan menyadari kalau musisi memanglah PEKERJA seni amin. Sekarang, bagaimana nih pendapatmu dengan kabar ini guys?

Bagikan jika kamu suka